Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Mengunyah Permen Karet Bisa Membuat Pipi Tirus? 

Kompas.com - 15/05/2024, 16:23 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ada berbagai cara membuat pipi tirus secara alami. Salah satunya, klaim yang menyebutkan bahwa mengunyah permen karet bisa membuat pipi tirus. 

Lantas, apakah benar mengunyah permen karet bisa membuat pipi tirus? Simak penjelasannya dari kaca mata medis berikut ini seperti dilansir dari Healthline dan Healthshots

Baca juga: 6 Penyebab Pipi Tembem, Bukan Cuma Kelebihan Berat Badan

Apakah mengunyah permen karet bisa membuat pipi tirus? 

Disarikan dari Healthline dan Healthshots, ternyata permen karet tidak berkaitan dengan pipi tirus. Sebab, pipi tirus dihasilkan dari pengurangan lemak di wajah

Sementara, mengunyah permen karet tidak dapat mengurangi timbunan lemak di wajah, termasuk area pipi. Jadi, klaim yang menyatakan bahwa permen karet bisa membuat pipi tirus, belum terbukti secara ilmiah. 

Ilustrasi apakah mengunyah permen karet bisa membuat pipi tirus?iStockPhoto/Eva-Katalin Ilustrasi apakah mengunyah permen karet bisa membuat pipi tirus?

Dalam Healthline dan Healthshots disebutkan bahwa belum ada penelitian yang bisa membuktikan kebenaran klaim tersebut. 

“Mengunyah permen karet tidak membantu menghilangkan lemak di wajah,” ujar Ajay Aggarwal, Direktur Penyakit Dalam Rumah Sakit Fortis Noida, India dan Healthshots

Baca juga: Apa Penyebab Pipi Tembem tapi Badan Kurus? 

Selain itu, mengunyah permen karet juga tidak berkaitan dengan mempertegas bentuk rahang. Melansir dari Healthline, mengunyah permen karet tidak akan menyebabkan perubahan pada garis rahang atau tidak akan mempertegas garis rahang. 

Mengunyah permen karet kemungkinan besar tidak akan mempertajam atau mempertegas garis rahang,” dilansir dari Healthline

Alasannya, sebagian besar otot yang digunakan untuk aktivitas mengunyah tidak berada di rahang. Melainkan, di area leher dan pipi. 

Selain itu, penampilan rahang lebih dipengaruhi oleh struktur tulang genetik. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan secara ilmiah hubungan positif antara mengunyah permen karet dengan rahang yang lebih tegas.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com