Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Mengunyah Permen Karet Bisa Membuat Pipi Tirus? 

KOMPAS.com - Ada berbagai cara membuat pipi tirus secara alami. Salah satunya, klaim yang menyebutkan bahwa mengunyah permen karet bisa membuat pipi tirus. 

Lantas, apakah benar mengunyah permen karet bisa membuat pipi tirus? Simak penjelasannya dari kaca mata medis berikut ini seperti dilansir dari Healthline dan Healthshots. 

Apakah mengunyah permen karet bisa membuat pipi tirus? 

Disarikan dari Healthline dan Healthshots, ternyata permen karet tidak berkaitan dengan pipi tirus. Sebab, pipi tirus dihasilkan dari pengurangan lemak di wajah

Sementara, mengunyah permen karet tidak dapat mengurangi timbunan lemak di wajah, termasuk area pipi. Jadi, klaim yang menyatakan bahwa permen karet bisa membuat pipi tirus, belum terbukti secara ilmiah. 

Dalam Healthline dan Healthshots disebutkan bahwa belum ada penelitian yang bisa membuktikan kebenaran klaim tersebut. 

“Mengunyah permen karet tidak membantu menghilangkan lemak di wajah,” ujar Ajay Aggarwal, Direktur Penyakit Dalam Rumah Sakit Fortis Noida, India dan Healthshots. 

Selain itu, mengunyah permen karet juga tidak berkaitan dengan mempertegas bentuk rahang. Melansir dari Healthline, mengunyah permen karet tidak akan menyebabkan perubahan pada garis rahang atau tidak akan mempertegas garis rahang. 

“Mengunyah permen karet kemungkinan besar tidak akan mempertajam atau mempertegas garis rahang,” dilansir dari Healthline. 

Alasannya, sebagian besar otot yang digunakan untuk aktivitas mengunyah tidak berada di rahang. Melainkan, di area leher dan pipi. 

Selain itu, penampilan rahang lebih dipengaruhi oleh struktur tulang genetik. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan secara ilmiah hubungan positif antara mengunyah permen karet dengan rahang yang lebih tegas.

Mengunyah permen karet memperkuat otot 

Namun demikian, ada manfaat positif dari aktivitas mengunyah permen karet, yakni memperkuat otot pipi dan lidah. 

Sebuah studi pada 2019 yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, menemukan bahwa mengunyah permen karet akan memperkuat otot di lidah dan pipi, sehingga dapat meningkatkan fungsi menelan saat proses makan. 

Studi lain pada 2018 menunjukkan bahwa, mengunyah permen karet secara rutin dapat memperkuat otot, kekuatan, dan kinerja proses mengunyah pada beberapa orang.

“Mengunyah permen karet melibatkan banyak gerakan, sehingga dapat melatih otot-otot, terutama otot-otot yang terlibat dalam mengunyah dan dapat berkontribusi pada keseluruhan otot di area tersebut,” ujar Aggarwal dalam Healthshots. 

Namun, memperkuat otot pipi bukan berarti membuat pipi menjadi tirus. Sebab, cara membuat pipi menjadi tirus adalah mengurangi tumpukan lemak di area wajah. 

Lantas, bagaimana membuat pipi tirus secara alami? Kunci membuat pipi tirus secara alami adalah mengurangi berat badan sehingga lemak di wajah turut berkurang. 

Oleh sebab itu, orang yang menginginkan pipi tirus harus menjalani diet seimbang dan sehat, seperti mengurangi asupan kalori dan menjaga pola makan sehat. 

Selain itu, harus diimbangi dengan olahraga khususnya kardio untuk mendapatkan pipi tirus. Selain kardio, kamu juga bisa melakukan senam wajah untuk mendapatkan pipi tirus. 

Adapula pilihan prosedur medis atau cara non alami untuk membuat pipi tirus, seperti botox, filler, dan thread lift. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/05/15/162300920/apakah-mengunyah-permen-karet-bisa-membuat-pipi-tirus-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke