Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2024, 16:16 WIB
Devi Pattricia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com -  Gua Sha beberapa waktu lalu sempat viral karena dipakai oleh selebriti Tanah Air maupun Hollywood. Banyak sekali selebriti memamerkan skincare rutinnya dengan menggunakan gua sha

Tak jarang, penggunaan gua sha juga kerap kali identik dengan manfaatnya yang dianggap bisa meniruskan dan mempertegas bentuk wajah.

Lalu, apakah benar gua sha ampuh untuk meniruskan wajah?

Melansir Hello Magazine, Kamis (27/6/2024), gua sha dulunya dipakai untuk praktik penyembuhan Tiongkok kuno. Bahkan awal mulanya, gua sha digunakan untuk seluruh tubuh bukan hanya wajah.

Teknik gua sha dipercaya bisa meredakan ketegangan otot di bagian tubuh tertentu. Biasanya gua sha dipakai bersamaan dengan minyak yang membantu pergerakannya lebih licin dan mudah. 

Baca juga: 6 Cara Memakai Gua Sha agar Manfaatnya Maksimal

Dokter kulit Dr. Jihan Yoo mengungkap bahwa gua sha mampu meningkatkan sirkulasi peredaran darah yang ada di wajah. Sehingga jika dipakai secara rutin bisa memaksimalkan aliran oksigen ke wajah.

Gua sha digunakan sebagai alat pijat wajah untuk meningkatkan sirkulasi, meningkatkan drainase limfatik, dan mengendurkan otot-otot wajah,” kata Dr. Jinah Yoo .

Ia menjelaskan bahwa penggunaan gua sha bisa memperbaiki tekstur dan kualitas kulit, terlebih jika dipasangkan dengan face oil atau serum yang tepat untuk wajah. 

“Teknik ini dapat mengurangi munculnya kerutan, memperbaiki tekstur dan warna kulit, serta mempercantik warna kulit secara keseluruhan. Batu gua sha adalah alat yang hebat untuk memijat kulit,” ujarnya. 

Bagi kamu yang gemar menggunakan gua sha dengan face oil ataupun serum wajah, Dr. Yoo menyebut bahwa penyerapan kandungan dari face oil maupun serum kamu bisa jauh lebih maksimal, loh.

“Gua sha juga dianggap sebagai alat bantu untuk meningkatkan penyerapan produk topikal seperti minyak, serum, dan sejenisnya, dengan menekan produk lebih dalam ke dalam kulit,” tandasnya.

Meskipun demikian, efek dari pemakaian gua sha ini tidak bisa terjadi instan. Oleh karenanya, kamu harus lebih rutin memakainya untuk bisa melihat hasilnya secara signifikan. 

Baca juga: Pijat Wajah dengan Gua Sha, Waspadai Risiko Ini

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com