Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi Jerawatan? Simak Dulu Apa Boleh Pakai Gua Sha

Kompas.com - 10/05/2024, 13:27 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Gua Sha merupakan alat perawatan kulit tradisional dari China yang menjadi tren di kalangan pencinta kecantikan.

Teknik penggosokan lembut menggunakan alat berbentuk batu atau bahan lainnya ini diklaim dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi bengkak, dan meredakan stres.

Namun, apa boleh menggunakan Gua Sha ketika sedang berjerawat?

Baca juga: Berapa Kali Sehari Menggunakan Gua Sha?

Bolehkah menggunakan Gua Sha saat berjerawat?

Menurut Askarina Daniswari, Founder merek perawatan kulit dan tubuh Kiloalta sekaligus Terapis Bach Flower, penggunaan Gua Sha perlu diperhatikan terutama saat kulit sedang jerawatan.

"Kalau kondisi lagi punya jerawat yang aktif enggak disarankan untuk menggunakan Gua Sha," ujar Askarina di acara Alo; Guasha Massage Workshop di Jakarta Selatan, Rabu (08/05/2024).

Baca juga: Pijat Wajah dengan Gua Sha, Waspadai Risiko Ini

Hal ini disebabkan oleh kemungkinan iritasi yang dapat terjadi akibat gesekan alat Gua Sha pada area yang sedang berjerawat.

Kulit yang sedang meradang dapat menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan, sehingga penggunaan Gua Sha bisa memperburuk kondisi tersebut.

Namun, jangan khawatir jika yang ada hanya bekas jerawat.

Askarina menegaskan bahwa penggunaan Gua Sha masih diperbolehkan asalkan menghindari gesekan pada area yang sedang berjerawat atau meradang.

"Kalau cuma bekasnya saja ya boleh saja, yang penting hindari gosokan pada muka saat memiliki jerawat yang sedang aktif atau meradang yang masih merah-merah. Takutnya malah muka tambah iritasi," tambahnya.

Baca juga: 6 Cara Memakai Gua Sha agar Manfaatnya Maksimal

 
 
 
Sieh dir diesen Beitrag auf Instagram an
 
 
 

Ein Beitrag geteilt von KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com