Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2024, 21:16 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Air beras ternyata punya banyak manfaat baik untuk kulit. Mulai dari mencerahkan kulit, mengurangi kerutan, melembutkan, melawan radikal bebas,  dan mencegah penuaan dini. 

Namun demikian, penggunaan air beras secara berlebihan juga memiliki efek samping. Apa saja efek samping air beras untuk kulit? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Women’s Health dan Style Craze. 

Baca juga: 6 Manfaat Cuci Muka Pakai Air Beras, Mencerahkan dan Melembutkan

Efek samping air beras untuk kulit 

Ilustrasi air berasFreepik Ilustrasi air beras

Pada umumnya, penggunaan air beras tidak banyak memiliki efek samping. Melansir dari Women’s Health, hal ini disebabkan tidak banyak orang yang alergi terhadap beras. 

Namun demikian, jika kamu memiliki alergi beras, maka sebaiknya tidak menggunakan perawatan air beras, maupun produk yang memiliki komposisi beras. 

Sama seperti halnya produk kecantikan lainnya, sebaiknya kamu melakukan patch test atau uji reaksi kulit, dengan cara menggunakan air beras (maupun produk yang mengandung beras) pada sebagian kecil kulit terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Pakai Air Beras untuk Wajah agar Lebih Glowing

Melansir dari Style Craze, meskipun cenderung aman, namun penggunaan air beras pada orang yang memiliki alergi beras bisa menimbulkan beberapa efek samping. Mulai dari menyebabkan iritasi kulit, memicu ruam, kulit kemerahan, dan gatal-gatal.

Selain itu, penggunaan air beras secara berlebihan pada kulit sensitif dan kering, justru dapat membuat kulit semakin kering dan menyebabkan kulit mengelupas.

Serupa, disarankan untuk melakukan patch test sebelum menggunakan air beras, racikan air beras, atau produk yang mengandung beras. Hindari menggunakan air beras secara berlebihan dari jumlah yang disarankan. 

Jika menjumpai efek samping dari penggunaan air beras, segera konsultasikan dengan dokter. 

Baca juga: Apakah Air Beras Bisa Mendorong Pertumbuhan Rambut?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com