Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Cuci Muka Pakai Air Beras, Mencerahkan dan Melembutkan

Kompas.com - 23/05/2024, 15:41 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Mulai saat ini, jangan buang air bilasan beras saat hendak memasak nasi. Sebab, ternyata air beras punya segudang manfaat baik untuk kulit dan rambut, termasuk wajah. 

Meskipun masih sedikit penelitian yang menunjukkan manfaat air beras untuk kulit, namun banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan alami tersebut.

Baca juga: Cara Pakai Air Beras untuk Wajah agar Lebih Glowing

Selain itu, sudah banyak orang yang membagikan pengalaman mereka mencuci muka dengan air beras di media sosial. Lantas, apa saja manfaat cuci muka dengan air beras? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Well and Good dan Healthline. 

Manfaat cuci muka dengan air beras 

Ilustrasi air berasShutterstock/New Africa Ilustrasi air beras

1. Menghaluskan wajah

Menurut Mona Gohara, Dokter Kulit di Dermatology Physicians of Connecticut, air beras dapat menghaluskan wajah. Sebab, air beras mengandung  antioksidan dan asam amino, serta menawarkan efek menghaluskan pada kulit, dikutip dari Well and Good. 

Antioksidan dalam beras tersebut, dapat membantu melawan efek radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh, dilansir dari Healthline. Sebuah penelitian kecil pada 2018 dengan 12 peserta menemukan bahwa air beras memiliki antioksidan yang sama dengan asam askorbat atau vitamin C.

Kayla Hui, membagikan pengalamannya mencuci muka dengan air beras selama sepekan dalam Well and Good. Ia mengaku mendapatkan banyak manfaat untuk kulit wajahnya yang kering dan kusam. 

“Setelah mencuci muka dengan air beras untuk pertama kalinya, kulit saya terasa lebih bersih. Namun, tujuh hari kemudian, saya merasakan kulit saya menjadi lebih lembut dan kenyal,” ujarnya dalam Well and Good. 

2. Menghidrasi wajah 

Air beras kaya akan kandungan vitamin B dan E yang dapat membantu  menghidrasi kulit, termasuk kulit wajah. 

“Air beras dapat menambahkan sedikit kelembapan pada kulit,” ujar Mona Gohara dalam Well and Good. 

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Jerawat dengan Air Beras

3. Mencerahkan wajah 

Air beras diketahui mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk mencerahkan pigmen kulit, dilansir dari Healthline. Karenanya, air beras bisa mencerahkan wajah. 

Tak heran jika banyak produk kecantikan yang menggunakan air beras untuk mencerahkan kulit atau mengurangi bercak hitam, seperti sabun, toner, maupun krim. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com