Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pakai Air Beras untuk Wajah agar Lebih Glowing

Kompas.com - 22/05/2024, 18:22 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Siapa sangka bahwa air beras punya segudang manfaat untuk kulit, termasuk mencerahkan wajah. Menariknya, kamu bisa mendapatkan manfaat positif air beras buat wajah tersebut, dengan meraciknya sendiri di rumah. 

Lantas, bagaimana cara menggunakan air beras untuk mencerahkan wajah? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Medical News Today dan Healthline

Baca juga: Apakah Air Beras Bisa Mendorong Pertumbuhan Rambut?

Sebuah studi pada 2013 menunjukkan bahwa fermentasi air beras dapat mencegah penuaan dini. Sebab, fermentasi air beras dapat meningkatkan kolagen di kulit, yang membuat kulit kenyal dan membantu mencegah kerutan sebagai tanda penuaan dini. 

Studi pada 2018 juga menemukan bahwa air beras mengurangi aktivitas elastase, yakni enzim yang terlibat dalam penuaan kulit. Hal ini menunjukkan bahwa air beras berpotensi mengurangi pembentukan kerutan pada kulit.

Sementara, penelitian pada 2001 menunjukkan bahwa inositol dalam air beras dapat menghaluskan kerutan di kulit. Para peneliti memperkirakan bahwa inositol dalam air beras dapat mengurangi ukuran kerutan sebesar 12,4 persen dan meningkatkan elastisitas kulit sebesar 17 persen. 

Cara membuat air beras 

Sebelum menggunakan air beras untuk wajah, pertama-tama kita harus menyiapkan racikan air beras lebih dulu. Beriku caranya dilansir dari Medical News Today dan Healthline. 

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Jerawat dengan Air Beras

Ilustrasi air berasFreepik Ilustrasi air beras

Memasak air beras 

Bilas beras sampai bersih, kemudian tiriskan. Tambahkan air sekitar empat kali lebih banyak, dibandingkan saat memasak nasi pada hari biasa. 

Aduk nasi dan air hingga mendidih, lalu angkat. Ambil sendok dan peras nasi untuk melepaskan kandungan yang bermanfaat. 

Kemudian, saring untuk mendapatkan airnya dan dinginkan air dalam wadah kedap udara hingga seminggu. Racikan air beras siap digunakan. Jangan lupa encerkan dengan air biasa sebelum digunakan.

Merendam air beras 

Kamu juga bisa membuat racikan air beras untuk wajah dengan cara merendam beras dalam air. Ikuti proses yang sama seperti langkah pertama. 

Namun, alih-alih merebus beras, biarkan beras terendam setidaknya selama 30 menit. Selanjutnya, peras beras dan saring. Terakhir, dinginkan air beras sebelum dipakai. 

Baca juga: Benarkah Air Beras adalah Kunci untuk Miliki Rambut Sehat?

Fermentasi air beras 

Seperti disampaikan sebelumnya, fermentasi air beras punya banyak manfaat. Cara membuatnya serupa dengan merendam air beras. 

Kemudian, alih-alih mendinginkan air beras (setelah memeras dan menyaring beras), biarkan air beras di dalam toples pada suhu kamar selama satu atau dua hari.

Jika wadah mulai berbau asam, masukkan fermentasi air beras ke dalam lemari es. Encerkan dengan air biasa sebelum digunakan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com