Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2024, 15:06 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Riasan yang tepat —baik alas bedak, concealer, perona pipi, atau balm— dapat membuat kulit tampak bercahaya. 

Namun dokter dan ahli perawatan kulit mengatakan ada cara untuk mendapatkan kulit sehat dan glowing tanpa menggunakan riasan sama sekali. 

Cara ini menyangkut gaya hidup sehat, yang akan membantu kamu mendapatkan kulit impian. Berikut 9 cara termudah untuk mendapatkan kulit cantik dan bercahaya:

Cara mendapatkan kulit glowing

1. Tetap terhidrasi

Alasan mengapa perlu minum air putih terlebih dahulu sebelum minum kopi di pagi hari.Shutterstock/Krakenimages.com Alasan mengapa perlu minum air putih terlebih dahulu sebelum minum kopi di pagi hari.
Rahasia termudah untuk mendapatkan kulit glowing tanpa riasan adalah tetap terhidrasi sepanjang hari. 

Faktanya, Anna Chacon, MD, dokter kulit yang berbasis di Miami, mengatakan kita harus berusaha untuk minum antara delapan hingga 10 gelas air per hari.

“Minum banyak air sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kilau kulit. Air membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menjaga kelembapan kulit,” jelasnya.

Baca juga: 12 Makanan yang Bisa Bikin Wajah Glowing

2. Pertahankan pola makan yang sehat

Ilustrasi makan sayuranshutterstock Ilustrasi makan sayuran
Mempertahankan pola makan yang sehat dan seimbang adalah cara lain untuk meningkatkan kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

“Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan seimbang yang kaya buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan lemak sehat,” kata Chacon. 

“Makanan sehat dapat meningkatkan penampilan kulit. Makanan kaya antioksidan, seperti buah beri, bayam, dan kacang-kacangan, dapat membantu melawan radikal bebas yang merusak kulit.”

3. Hindari alkohol

Efek buruk alkohol tidak hanya terhadap organ hati. Jika mencari daftar makanan penyebab perut buncit, alkohol adalah salah satunya -meski ini tergolong kelompok minuman.SHUTTERSTOCK Efek buruk alkohol tidak hanya terhadap organ hati. Jika mencari daftar makanan penyebab perut buncit, alkohol adalah salah satunya -meski ini tergolong kelompok minuman.
Minum terlalu banyak alkohol juga dapat membuat kulit kusam dan menua sebelum waktunya.

“Mengonsumsi gula dan alkohol berlebih menciptakan senyawa yang disebut produk Advanced End Glycation (AEG) yang merusak kulit,” jelas Bowe. 

“AEG menghancurkan kolagen dan menyebabkan kerutan dini, kulit kendur, dan warna kulit tidak merata. Kedengarannya klise, tapi memang benar: Kulit cantik dimulai dari dalam”

4. Olahraga teratur

Mengetahui manfaat olahraga high intensity interval training untuk menurunkan berat badan sangat penting sebelum melakukannya.Shutterstock/antoniodiaz Mengetahui manfaat olahraga high intensity interval training untuk menurunkan berat badan sangat penting sebelum melakukannya.
Kita tahu bahwa berolahraga secara teratur adalah salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Namun, banyak orang yang tidak menyadari bahwa olahraga juga memberikan manfaat khusus bagi kesehatan dan penampilan kulit.

“Aktivitas fisik meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu menutrisi sel-sel kulit dan menjaganya tetap sehat. Aktivitas fisik juga mendorong pembersihan kulit dari dalam, sehingga menghasilkan kulit yang sehat dan bercahaya,” jelas Chacon.

Randall Higgins, PharmD, apoteker dan spesialis perawatan kulit di Good Glow, sependapat bahwa hubungan antara aktivitas fisik dan kesehatan kulit tidak dapat disangkal. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com