Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Cara Mendapatkan Kulit Glowing Tanpa Makeup

KOMPAS.com - Riasan yang tepat —baik alas bedak, concealer, perona pipi, atau balm— dapat membuat kulit tampak bercahaya. 

Namun dokter dan ahli perawatan kulit mengatakan ada cara untuk mendapatkan kulit sehat dan glowing tanpa menggunakan riasan sama sekali. 

Cara ini menyangkut gaya hidup sehat, yang akan membantu kamu mendapatkan kulit impian. Berikut 9 cara termudah untuk mendapatkan kulit cantik dan bercahaya:

Faktanya, Anna Chacon, MD, dokter kulit yang berbasis di Miami, mengatakan kita harus berusaha untuk minum antara delapan hingga 10 gelas air per hari.

“Minum banyak air sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kilau kulit. Air membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menjaga kelembapan kulit,” jelasnya.

“Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan seimbang yang kaya buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan lemak sehat,” kata Chacon. 

“Makanan sehat dapat meningkatkan penampilan kulit. Makanan kaya antioksidan, seperti buah beri, bayam, dan kacang-kacangan, dapat membantu melawan radikal bebas yang merusak kulit.”

“Mengonsumsi gula dan alkohol berlebih menciptakan senyawa yang disebut produk Advanced End Glycation (AEG) yang merusak kulit,” jelas Bowe. 

“AEG menghancurkan kolagen dan menyebabkan kerutan dini, kulit kendur, dan warna kulit tidak merata. Kedengarannya klise, tapi memang benar: Kulit cantik dimulai dari dalam”

“Aktivitas fisik meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu menutrisi sel-sel kulit dan menjaganya tetap sehat. Aktivitas fisik juga mendorong pembersihan kulit dari dalam, sehingga menghasilkan kulit yang sehat dan bercahaya,” jelas Chacon.

Randall Higgins, PharmD, apoteker dan spesialis perawatan kulit di Good Glow, sependapat bahwa hubungan antara aktivitas fisik dan kesehatan kulit tidak dapat disangkal. 

“Olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, baik itu jalan kaki atau angkat beban, akan meningkatkan aliran darah dan oksigenasi. Ini memberi nutrisi pada sel-sel kulit, mengurangi kantung mata, dan membuat kulit bersinar setelah berolahraga,” katanya.

“Tidur sangat penting untuk kesehatan kulit,” kata Chacon. “Kurang tidur dapat menyebabkan kulit kusam, garis-garis halus, dan lingkaran hitam di bawah mata. Usahakan untuk tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam setiap malam agar kulit dapat memperbaiki dan meremajakan dirinya sendiri.”

“Jenis kulit sangat beragam, tergantung pada masing-masing individu,” kata Higgins. “Mengenali jenis kulitmu adalah kunci penting dalam perawatan kulit. Misalnya, orang yang rentan berjerawat akan mendapat manfaat dari asam salisilat atau benzoil peroksida, sedangkan mereka yang memiliki kulit kering harus mencari pembersih yang menghidrasi.”

Viktoryia Kazlouskaya, MD, PhD, dokter kulit dan pendiri Dermatology Circle, mencatat bahwa kita harus memilih produk dengan mempertimbangkan bahan-bahan yang sehat. 

"Setiap rutinitas perawatan harus mencakup pelembab untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, perlindungan terhadap sinar matahari untuk melindungi dari sinar UV yang berbahaya, dan pembersihan lembut untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat, " ujarnya.

“Jangan biarkan jerawat atau masalah peradangan kulit berlarut-larut,” saran Kazlouskaya. “Intervensi yang tepat waktu dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam mencegah bekas luka dan mengatasi masalah kulit kronis.”

“Retinol, turunan vitamin A, adalah bahan utama dalam perawatan kulit,” katanya. “Ini mendorong pergantian sel kulit sehingga memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan dan warna kulit tidak merata."

Retinol juga merupakan pengobatan lini pertama yang dijual bebas untuk penuaan karena merangsang produksi kolagen dan melawan garis-garis halus dan kerutan.

“Tabir surya melindungi kulit dari efek merusak radiasi UV dan karenanya mencegah penuaan dini, bintik hitam, dan kanker kulit.”

Pakar perawatan kulit menyarankan penggunaan tabir surya berspektrum luas dengan setidaknya SPF 30 untuk menjaga kulit tetap bahagia dan sehat. Secara khusus, dia merekomendasikan tabir surya mineral tidak beracun, yang memiliki bahan kimia lebih sedikit dibandingkan jenis lainnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/02/08/150650520/9-cara-mendapatkan-kulit-glowing-tanpa-makeup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke