Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lukisan Indonesia di Balai Lelang Christie’s

Specialist Southeast Asian Modern and Contemporary Art Christie’s, Vanessa, mengatakan selain karya seniman lukis yang sudah tersohor—Affandi, Hendra Gunawan, S Soedjojono—juga ada pelukis abstrak modern seperti Ahmad Sadali, Mochtar Apin, Umi Dachlan hingga Popo Iskandar.

Lukisan Minum Tuak karya Affandi pernah terjual sekitar Rp 4,26 miliar pada Asian 20th Century & Contemporary Art 2013 silam di Hong Kong. Kini, lukisan tersebut kembali dalam daftar lelang bersama karya Affandi lain seperti Cockfight (Ayam Tarung) dan Duck in the Marsh. Vanessa mengatakan lukisan 'Minum Tuak' merupakan salah satu yang terbaik dan dicari kolektor

“Minum Tuak termasuk karya selama dia di Bali. Karya dia di Bali dibanding karya lain, termasuk jarang. Di Bali itu sendiri Affandi melukis dan balik lagi, jadi semacam cari inspirasi saja,” kata Vanessa.

Untuk saat ini respon pasar terhadap lukisan semacam ini baik, menurut Vanessa. Maka dari itu, Christie’s berani melanjutkan untuk menghadirkan lukisan bergenre astrak modern.

“Karena (kolektor) ingin melihat sesuatu yang baru dan (meskipun) artis (seniman) ini dalam timeline sama, pricenya beda level.”

“Kalau Affandi, Hendra gunawan, sudah miliaran, tapi modern master bisa dibilang lebih murah harganya. Nah, karena harga awal belum terlalu mahal, kami positif market ini bisa dikembangkan,” katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/10/27/191001420/lukisan-indonesia-di-balai-lelang-christies

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke