Salin Artikel

Sulit Tidur karena Lelah Bekerja? Perhatikan Cara Ini...

KOMPAS.com - Tidur adalah aktivitas yang pasti muncul dalam benak usai melewati rutinitas kerja yang melelahkan.

Sayangnya, meski kita telah mengalami hari yang luar biasa berat, sangat sulit untuk benar-benar beristirahat atau tidur nyenyak.

Tentu saja, ini hanya membuat kita semakin lelah dan frustasi. Semakin lelah, semakin sulit untuk tidur.

Mencari tahu bagaimana bersantai setelah bekerja adalah hal penting agar kita bisa segera melepas rasa lelah dan siap menghadapi esok hari dengan kondisi prima.

Kini, kita tak perlu lagi khawatir. Laman Elite Daily melaporkan adanya sebuah riset yang berhasil mengungkap cara agar bebas dari masalah ini.

Berdasarkan riset yang diterbitkan dalam Journal of Occupational Health Psychology, hal terbaik yang dapat dilakukan sebelum tidur adalah melupakan semua hal tentang pekerjaan dan mulai beristirahat.

Mengistirahatkan mental -entah dalam bentuk latihan olahraga yang menyenangkan usai kerja atau meditasi selama 20 menit di ruang tamu -dapat membantu menghilangkan stres dan hal negatif.

Inilah yang akhirnya membuat kita merasa lebih rileks secara mental sehingga bisa tidur dengan nyenyak.

Riset yang dipimpin oleh Caitlin Demsky dari Oakland University ini melakukan survei kepada hampir 700 peserta yang bekerja untuk Dinas Kehutanan AS.

Periset juga meminta peserta menilai serangkaian faktor di hari kerja mereka.

Faktor tersebut meliputi perilaku kasar yang mereka alami dari rekan kerja, frekuensi pikiran negatif tentang pekerjaan, kemampuan untuk melepaskan diri dari pekerjaan dan ketenangan mental.

Setelah melalui semua prosedur peneltian, periset menemukan kaitan antara perasaan negatif dengan insomnia.

Peserta yang memiliki banyak perasaan negatif tentang pekerjaan, mengalami tingkat insomnia yang tinggi.

Tapi, bagi orang-orang yang mampu meninggalkan perasaan negatifnya dengan aktivitas seperti yoga, misalnya, dapat tidur lebih mudah dan menikmati istirahat yang lebih baik secara keseluruhan.

Menurut penelitian, mendapatkan perlakuan buruk di tempat kerja juga menyebabkan sejumlah besar masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi, peningkatan kelelahan, dan bahkan risiko tinggi terhadap penyakit jantung.

Dengan kata lain, berurusan dengan rekan kerja yang berlaku buruk, kejam atau tidak ramah adalah hal yang sangat buruk bagi kita.

Efeknya bisa kita bawa sampai kita berada di rumah.

Namun, aktivutas yoga bukanlah satu-satunya cara untuk mengalihkan pikiran kita dari hari-hari melelahkan di kantor.

Meditasi, membaca buku, atau bahkan menonton serial televisi favorit juga bisa dilakukan untuk mengistirahatkan mental, --selama kegiatan ini efektif untuk menenangkan pikrian kita.

Hal terpenting adalah bagaimana pikiran kita bisa merasa santai.

Apa pun cara yang kita gunakan, selama itu bisa membuat kita tenang dan merasa lebih baik akan membuat kita bisa tidur lebih nyenyak.

Namun, jika lingkungan kerja benar-benar tidak kondusif, dan hanya menimbulkan masalah pada kesehatan kita, lebih baik kita mulai mempertimbangkan untuk pergi.

Sebab, ini mungkin tanda bahwa sudah waktunya kita berbicara, atau bahkan bisa menjadi tanda bahwa kita harus mencari pekerjaan baru.

Bagaimana pun juga, hal-hal seperti ini adalah bagian yang tidak terhindarkan dari kehidupan, dan seringkali merupakan bagian yang tak terelakkan dari lingkungan kerja.

Penelitian ini menjadi pengingat bagi kita untuk memprioritaskan hal-hal kecil yang berfokus pada diri kita usai melalui rutinitas kerja -bukan hanya untuk tidur yang lebih baik, tetapi untuk kualitas hidup yang juga lebih baik.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/25/230000120/sulit-tidur-karena-lelah-bekerja-perhatikan-cara-ini-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.