Salin Artikel

Penyebab Sulit BAB Saat Liburan

Menurut statistik, 48 persen orang menderita sembelit atau konstipasi saat sedang berlibur. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga mengalaminya.

Ada beberapa penyebab utama terjadinya sembelit saat berlibur:

- Rutinitas "ke belakang" berubah
Menurut dokter ahli pencernaan Edwin Levine, penyebab utama sembelit adalah berubahnya jadwal buang air besar.

"Perbedaan waktu saat traveling atau tidak punya waktu ke toilet saat sedang ingin BAB bisa mengubah kebiasaan tubuh," katanya.

- Tidak mendengar isyarat tubuh
Dalam rutinitas sehari-hari kita cenderung lebih perhatian pada sinyal tubuh untuk BAB. Berbeda halnya saat sedang berlibur ke pantai, gunung, atau sedang di pesawat, kita jadi abai pada rasa mulas atau kembung.

- Tidak nyaman
Merasa nyaman sering menjadi kunci untuk lancarnya urusan "ke belakang". Itu sebabnya saat tidak berada di toilet rumah atau menemukan toilet yang bersih, kita lebih memilih untuk menahan keinginan BAB.

- Pola makan berubah
Kegembiraan utama dari berlibur adalah mencoba kuliner lokal. Walau lezat, tapi seringkali kandungan seratnya tidak mencukupi sehingga pencernaan sedikit terganggu. Saat liburan biasanya kita juga jadi jarang minum yang akhirnya menyebabkan dehidrasi dan konstipasi.

- Rasa cemas
Perasaan takut naik pesawat atau kecemasan lain saat berlibur bisa menyebabkan stres ringan yang akhirnya memicu sembelit.


https://lifestyle.kompas.com/read/2018/06/19/074445420/penyebab-sulit-bab-saat-liburan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.