Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menyembuhkan Sakit Tenggorokan secara Alami

Gangguan ini jadi pertanda awal penyakit pilek dan flu atau akibat efek dari ketegangan pita suara.

Namun, dapat juga menjadi indikasi dari penyakit yang lebih serius seperti radang tenggorokan.

Biasanya sakit tenggorokan terasa dari rasa tidak nyaman di daerah laring, faring, dan kelenjar amandel. Ketidaknyamanan itu menimbulkan rasa sakit, gatal, panas, sampai kesulitan menelan.

Jika bukan indikasi problem serius, sakit tenggorokan akan mereda dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, untuk mempercepat proses pemulihan, tidak ada salahnya lakukan sejumlah hal alami ini.

Berkumur dengan air garam
Sakit tenggorokan bisa memicu rasa nyeri dan panas di tenggorokan. Hal itu jelas membuat tidak nyaman.

Untuk menguranginya, cobalah untuk berkumur dengan air garam.
Keampuhannya bahkan telah dibuktikan lewat riset. Health melansir kegunaan air garam untuk sakit tenggorokan.

Air garam mampu mengurangi bengkak di tenggorokan, mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi. Oleh sebab itu, disarankan untuk berkumur air garam beberapa kali dalam sehari.

Caranya dengan mencampur satu sendok teh garam dengan secangkir air hangat. Aduk dan larutkan garam. Kumurlah dengan menelan air garam beberapa detik sebelum dibuang kembali. Ulangilah beberapa kali dalam sehari.

Setelah itu, hirup uap dari air campuran kayu manis dan madu tersebut. Sesudah menghangat, air tersebut dapat diminum.

Ulangi selama beberapa kali dalam seminggu. Niscaya ketidaknyamanan akibat sakit tenggorokan bakal berkurang atau bahkan hilang.

Hal itu dimungkinkan karena kayu manis memiliki sifat antimikroba. Kayu manis diketahui mampu menekan perkembangan mikroba serta mikroorganisme lain. Akibatnya rasa sakit, pembengkakan, hingga peradangan di tenggorokan bisa berkurang.

Minum air putih yang banyak
Ada cara sederhana untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Cobalah meminum air putih dalam jumlah banyak. Sebab, ketika sakit tenggorokan mendera, tubuh memerlukan cairan yang cukup.

Hidrasi yang baik membuat tubuh mampu memproduksi air liur dan lendir dalam jumlah yang cukup. Dengan itu, kelembapan tenggorokan bisa terjaga sehingga peradangan dan pembengkakan di tenggorokan bisa dikurangi.

Bukan hanya itu, minum air putih yang cukup juga penting untuk membantu selaput lendir tetap lembap supaya bisa bekerja optimal dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi seperti alergen.

Selain itu, hidrasi yang terjaga memungkinkan sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik untuk memerangi gejala pilek dan flu lain yang memperparah sakit tenggorokan.

Minum teh lemon madu
Cobalah meminum air teh lemon hangat ketika sakit tenggorokan melanda. Jangan lupa campurkan madu ke dalamnya. Ambil beberapa sendok teh madu dan aduk bersama dengan teh lemon.

Mengonsumsinya berguna untuk meredakan keluhan sakit tenggorokan. Hal itu dikarenakan lemon memiliki kandungan astringent yang membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

Selain itu, lemon juga membantu memecah lendir di dalam tenggorokan. Sementara itu, madu akan berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dalam melawan serangan bakteri dan virus penyebab radang.

Disarankan untuk segera meminumnya ketika hangat. Pasalnya, air panas berguna untuk melemaskan otot-otot tenggorokan.

Itulah beberapa cara alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Cobalah untuk mempraktikkannya ketika sakit tenggorokan menerpa. Barengi langkah tersebut dengan istirahat yang cukup supaya tubuh mampu melawan penyebab penyakitnya.

Namun, jika dalam beberapa hari tidak sembuh, lebih baik untuk segera ke dokter memeriksakan diri.

 Untuk memperoleh bahan-bahan yang dibutuhkan untuk penyembuhan sakit tenggorokan dengan mudah, manfaatkan layanan honestbee.

Anda tinggal memesan secara online hal yang dibutuhkan seperti bubuk kayu manis, lemon, madu, atau teh.

Artikel ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Honestbee.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/11/18/091900320/menyembuhkan-sakit-tenggorokan-secara-alami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke