Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Air Jordan 1 Quai 54, Sepatu Edisi Spesial yang Harganya Jadi Menggila

Acara ini menjadi satu-satunya turnamen yang disokong oleh brand Jordan, hingga melekat dengan ikon unik khas Quai 54.

Ikon tersebut berupa pola geometris segi empat, lingkaran, dan segitiga, dengan dekorasi  warna merah, biru, kuning, dan hijau.

Nah, khusus untuk perhelatan yang telah berlangsung pada akhir bulan Juni lalu, Jordan meluncurkan koleksi sepatu dan sederet produk fesyen tematik Quai 54.

Salah satunya adalah sneaker fenomenal, Air Jordan I versi mid, yang dirancang khusus dengan ornamen yang terkait dengan perhelatan itu.

Menggunakan dominasi warna putih dan hitam, aksen pembeda pada sepatu ini pertama-tama terlihat pada bagian collar, yang menggunakan kombinasi dua warna untuk masing-masing sisi sepatu.

Pada sepatu kiri, bagian tersebut dihias dengan collar berwarna kuning dan hijau pada sisi dalam dan luar.

Lalu, pada sepatu kanan, menggunakan warna merah dan biru, juga dengan pola yang sama, pada sisi dalam dan luar.

Jika varian Air Jordan I biasanya menggunakan logo swoosh dari bahan sejenis, pada siluet ini, logo tersebut dibuat timbul dengan material bantalan udara.

Jika hanya mengamati dari foto, logo tersebut terlihat seperti keras dan kaku. Nyatanya, saat melihat langsung, bagian itu empuk.

Aksen lain yang membuat sepatu ini berbeda adalah adanya desain embos ikon Quai 54 yang dicetak hitam mengkilat pada bidang hitam doff di bagian tumit.

Sepatu ini datang dengan dua pilihan warna tali, yakni hitam dan putih.

Sementara, pada bagian lidah dipasang logo Quai 54 yang menyerupai bola basket, menggantikan logo Jumpman yang selama ini dikenal.

Terakhir, bagian insole pun dicetak berbeda dengan warna dekoratif lagi-lagi memakai pola geometris dan warna-warna khas Quai 54 tadi.

Secara umum, sepatu ini memang menawarkan desain yang segar, -terbebas dari kesan monoton yang mungkin selama ini hinggap pada siluet Air Jordan 1.

Namun, tak sedikit reseller lokalyang mendapatkan barang ini dari luar negeri, dan lalu menjualnya dengan harga selangit. 

Harga resmi sepatu ini adalah 130 dollar AS, atau setara dengan Rp 1,8 juta.

Di pasar reseller sneaker di Indonesia -berdasarkan pantauan Kompas.com, sepatu ini ditawarkan dalam rentang harga antara Rp 3,5 juta-4,5 juta per pasang. 

Kelangkaan dan keunikan dalam tajuk "special edition" memang selalu membuat harga barang melonjak tajam dibanding harga resminya.

Padahal secara kasat mata, kualitas Air Jordan 1 mid Quai 54 ini sebenarnya tak bisa dikatakan istimewa.

Material kulit, kualitas kerapihan jahitan, belum mampu menyamai seri Air Jordan I OG.

Ya, mungkin karena seri mid memang kalah kelas dan juga kalah harga dibanding OG.

Tapi, jika pun dibandingkan dengan varian mid sejenis lain yang sudah masuk ke pasar Indonesia, Air Jordan 1 Quai 54 ini terasa tak "sebersih" biasanya.

Pada beberapa bagian, ada benang jahitan paralel yang terpasang tak terlalu simetris. 

Kemudian, bahan yang dipakai untuk aksen berwarna pada bagian collar, sepertinya bakal rentan lusuh.

Kalau pun ada hal yang istimewa -selain desain yang menarik, material kulit pada bidang putih di sepatu ini memang terasa berkualitas.

Bahannya lebih bagus dibanding varian mid pada umumnya.

Selebihnya, silakan simak video unboxing Kompas.com, yang kebetulan mendapat kesempatan untuk melihat langsung koleksi spesial ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/01/173125020/air-jordan-1-quai-54-sepatu-edisi-spesial-yang-harganya-jadi-menggila

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke