Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencukur Tanpa Air Bisa Bikin Ketiak Gelap

KOMPAS.com - Mencukur rambut-rambut tubuh memang perlu kesabaran, termasuk mencukur rambut atau bulu ketiak.

Waxing atau mencukur bulu dengan terburu-buru bisa menimbulkan rasa sakit. Tak hanya itu, pencukur bulu ketiak tanpa air ternyata harus dihindari karena akan membuat kulit ketiak menghitam.

Hal itu disebut hiperpigmentasi atau perubahan warna pada area kulit ketiak.

Kepada Refinery29, Dermatolog Dr. Sheel Desai Solomon menjelaskan, kulit ketiak yang gelap sangatlah umum terjadi dan bisa disebabkan faktor genetik atau kondisi lainnya seperti diabetes.

Namun, kulit ketiak gelap juga bisa disebabkan kebiasaan sehari-hari. Salah satunya mencukur kulit yang kering dengan pisau cukur yang tumpul bisa membuat warna kulit menjadi gelap.

Solomon mengatakan, kebiasaan bercukur tanpa air membuat kulit menggelap dan menebal dari waktu ke waktu, sama seperti mencukur dengan pisau cukur tumpul yang sudah lama.

Beberapa deodoran juga menyebabkan iritasi pada kulit dan membuat kulit menghitam, terutama jika deodoran tersebut mengandung alumunium. Alumunium berisiko menyebabkan pori-pori kulit ketiak tersumbat.

Mengatasi kulit ketiak menghitam

Untuk menggantinya, buatlah masker ketiak sendiri di rumah menggunakan satu sendok makan jus lemon atau mentimun yang diblender dan lidah buaya.

Solomon menyarankan untuk mencampurkan lemon atau mentimun dengan lidah buaya sebelum mengaplikasikannya pada ketiak. Kemudian, diamkan selama 10 menit sebelum dibilas.

Mentimun mengandung silika yang merupakan komponen penting untuk menstimulasi pertumbuhan jaringan, membantu menyegarkan area yang kelelahan dan mengatasi inflamasi.

Sementara lemon memiliki efek mencerahkan dan lidah buaya bisa merawat kulit yang stres serta meredakan inflamasi.

Hati-hati saat menggunakan bahan bersubstansi asam seperti lemon jika kamu memiliki kulit sensitif atau luka pada kulit.

Dalam kondisi tersebut, jus lemon juga bisa membuat kulit semakin sensitif terhadap matahari. Pastikan kulit terlindungi dari matahari atau gunakan tabir surya.

Jika deodoran yang kamu gunakan menimbulkan masalah, cobalah menggunakan deodoran bebas aluminium dan paraben. Tidak hanya membuat ketiak menghitam, substansi itu juga bisa menyebabkan noda kuning pada pakaian putih.

Perubahan warna tersebut disebabkan oleh reaksi antara alumunium dan keringat. Mengeliminasi alumunium sintesis dari area ketiak akan membuat noda tersebut berkurang.

Namun, jika kamu mengalami masalah ketiak menghitam yang bukan disebabkan oleh deodoran, berkonsultasilah kepada dokter untuk mendapatkan solusinya.

Misalnya, ketiak menghitam karena diabetes dan resistensi insulin.

Jadi, untuk mengetahui apakah ketiak menghitam tersebut disebabkan oleh kebiasaan buruk atau kondisi kesehatan, lakukan pengecekan pada area ketiakmu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/05/160409320/mencukur-tanpa-air-bisa-bikin-ketiak-gelap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke