Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Makanan yang Makin Lezat Memakai Butter

KOMPAS.com – Kehadiran butter dalam beberapa resep makanan atau kue terkadang bisa digantikan oleh margarin atau mentega putih (shortening), tetapi tak ada pengganti untuk rasa dan tekstur dari butter.

Tanpa butter, cake tidak akan bisa menjadi lembut dan rasanya lebih kaya. Beberapa jenis makanan juga wajib menggunakan butter agar lebih sempurna.

Butter atau mentega merupakan produk lemak yang berasal dari susu. Memiliki aroma harum gurih khas susu, makanan yang diberi butter akan lebih menggugah selera.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang direkomendasikan menggunakan butter:

1. Baking
Dalam hal membuat aneka kue, butter adalah bahan yang wajib ada. Butter memiliki rasa yang kaya dan menghasilkan cakes dan cookies yang lezat.

2. Lapisan garing pada pastry
Rahasia membuat lapisan yang garing pada kulit croissant adalah butter. Walau kandungan utamanya adalah lemak tetapi butter juga mengandung air.

Jika butter dalam kondisi dingin saat masuk ke oven, air dengan cepat akan menguap, menghasilkan uap yang terperangkap dalam adonan. Hasilnya, kulit yang garing pada hidangan pastry.

3. Buttercream
Secara teknis, semua yang disebut frosting (lapisan bagian luar kue untuk tampilan yang halus) berbahan dasar krim atau mentega putih. Namun, buttercream terbuat dari butter.

4. Topping steak
Tips untuk memasak steak rumahan yang enak ala restoran adalah dengan memakai butter. Untuk memberikan potongan daging steak lebih lembut dan kaya rasa, berikan sedikit butter di atasnya saat dipanggang. Jangan lupa melumuri daging dengan lelehan minyaknya sambil menunggu matang.

5. Saus dan sup
Dalam kuliner Perancis klasik, memasukkan sedikit butter dingin dalam resep saus atau sup disebut monter au beurre. Hal ini akan memberikan setiap jenis saus hasil akhir yang glossy dan menggunggah selera.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/22/104400420/5-makanan-yang-makin-lezat-memakai-butter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke