Salin Artikel

Waspada, WFH Bikin Perempuan Jadi Sering Keputihan

KOMPAS.com - Setiap perempuan pasti pernah mengalami keputihan ketika dalam masa subur atau secara aktif melakukan berbagai macam kegiatan.

Berdasarkan data dari WHO, sebanyak 60 persen perempuan berusia 15-22 tahun mengalami keputihan dan 40 persen perempuan berusia 23-45 tahun pernah mengalami keputihan.

Nah, ternyata selama masa pandemi Covid-19 ini, banyak perempuan yang juga sering mengalami keputihan saat bekerja dari rumah (WFH).

Menurut Aesthetic Gynecologist, Dr Dinda Derdameisya, SpOG, masalah keputihan selama WFH ini terjadi karena kita cenderung mengabaikan kebersihan daerah kewanitaan.

"Misalnya, selepas olahraga dengan baju yang ketat kita langsung bekerja tanpa berganti atau bersih-bersih terlebih dulu."

Demikian dikatakan dr Dinda saat konferensi pers virtual bersama Andalan Feminine Care melalui aplikasi Zoom, Kamis (5/11/2020).

Selain karena kita tidak membersihkan area kewanitaan, mengenakan celana olahraga yang ketat juga dapat menyebabkan keputihan.

Di samping itu, faktor stres karena WFH bisa menjadi pemicu terjadinya keputihan. Sebab, stres dapat meningkatkan peluang terkena Recurrent Vulvovaginal Candisiasis.

Recurrent Vulvovaginal Candisiasis merupakan jenis jamur yang dapat membuat vagina infeksi. Alhasil, kita akan merasakan gatal-gatal dan keputihan yang banyak.

"Makanya, walaupun kita hanya WFH. Bukan berarti tidak perlu mempedulikan kebersihan vagina. Jadi harus sering membersihkan area kewanitaan dan berganti celana dalam," ujarnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/05/210736720/waspada-wfh-bikin-perempuan-jadi-sering-keputihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.