Salin Artikel

Penting Jaga Kesehatan Mental Remaja Selama Masa Pandemi, Caranya?

Di usia inilah mereka seharusnya banyak mengembangkan diri dengan menjalani berbagai macam kegiatan di luar rumah. 

Mulai dari kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, mengikuti lomba, atau bergabung dalam beragam komunitas.

Selain itu, remaja juga perlu memperluas pergaulan, terutama dengan teman-teman sebanyanya.

Maka, teknologi internet dan media sosial sangat membantu menjaga kesehatan mental mereka selama di rumah.

"Mereka perlu ngobrol agar tidak merasa sendiri dan tertinggal dari tren film atau mungkin lagu-lagu yang juga didengarkan oleh teman-temannya."

Demikian dikatakan psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani atau yang akrab disapa Nina ketika dihubungi Kompas.com, Senin (30/11/2020) kemarin.

"Kemudian saat dia bergaul dengan teman-temannya, mungkin juga akan ada beberapa perbedaan gaya dengan yang ditetapkan di rumah," lanjut dia.

Demi menjaga kesehatan mental para remaja, orangtua perlu menoleransi beberapa hal dalam batas-batas tertentu.

Namun, apabila ada sesuatu yang salah atau tidak tepat, maka orangtua bisa mengajak anak remajanya berdiskusi tentang apa yang bisa mereka lakukan agar dapat tetap bergaul dengan teman-temannya.

Sebaliknya, orangtua tidak boleh memarahi atau mengatur-ngatur mereka. Apalagi, anak-anak usia remaja itu sangat sensitif dan secara emosional relatif belum stabil, jika mendapat penolakan keras.

"Sebenarnya, masa remaja itu titik pusatnya bukan orangtua. Jadi, menjaga kesehatan mental remaja di masa pandemi seperti ini kuncinya adalah memberikan fasilitas untuk bisa bergaul," jelas dia.

Masa pandemi yang mengharuskan semua orang tetap berada di rumah juga menjadi momentum orangtua untuk mendengarkan keluhan anak remajanya.

"Karena kegiatan belajar dan bekerja dilakukan di rumah, orangtua dan anak-anak punya lebih banyak waktu untuk ngobrol bersama."

"Jadi, orangtua bisa menanyakan apa yang terjadi pada anak-anaknya hari ini dan apa yang perlu diubah supaya besok menjadi lebih baik," imbuh Nina.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/01/070309420/penting-jaga-kesehatan-mental-remaja-selama-masa-pandemi-caranya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.