Salin Artikel

Saat Mulai Menurunkan Berat Badan, Bagian Tubuh Mana yang "Kurus" Duluan?

KOMPAS.com - Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk menurunkan berat badan mereka. Entah karena ingin lebih sehat atau ingin memperbaiki penampilan.

Untuk mereka yang lemaknya menyebar di seluruh tubuh, mungkin akan muncul pertanyaan, lemak tubuh bagian manakah yang terlebih dahulu akan hilang saat memulai penurunan berat badan?

Ada beberapa bagian tubuh yang biasanya menjadi target saat penurunan berat badan dilakukan, misalnya perut atau paha.

Namun sayangnya, kita tidak bisa serta merta mendapatkan hasil tersebut walau sudah beolahraga dan mengatur pola makan. Ada beberapa faktor lain yang memengaruhinya, diantaranya:

1. Peran genetika

Faktor genetik sangat menentukan di mana lemak didistribusikan di dalam tubuh kita.

Analisis genetik menunjukkan bahwa hubungan antara gen dan distribusi lemak tubuh lebih kuat pada wanita daripada pria.

Misalnya, jika anggota keluargamu cenderung menumpuk lemak di pinggul dan paha, maka kamu juga bisa mengalami hal yang saama.

Penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik juga mempengaruhi penurunan berat badan. Jika diet tinggi protein dan serat berhasil untuk orang tuamu, ada kemungkinan diet tersebut juga berhasil untukmu.

2. Peran jenis kelamin

Lemak di bagian tubuh mana yang terlebih dahulu akan hilang juga ada hubungannya dengan jenis kelaminmu.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 2.500 orang, ditemukan bahwa kebanyakan laki-laki, walau cenderung kurang patuh dengan diet rendah kalori, tetapi lebih banyak kehilangan berat badan dibanding peserta perempuan.

Penelitian juga menemukan bahwa pria cenderung kehilangan lemak dari area bokong, sementara wanita menurunkan lebih banyak berat badan dari area pinggul mereka.

3. Peran usia

Jika kamu sudah pernah menurunkan berat badan sebelumnya, kamu mungkin sudah tahu bagian tubuh mana yang cenderung menunjukkan penurunan berat badan terlebih dahulu.

Bagi sebagian orang, perubahan pertama yang terlihat mungkin ada di bagian pinggang, yang lain mungkin ada di paha, atau bahkan wajah yang terlihat tirus terlebih dahulu.

Namun, hal ini kemungkinan besar akan berubah seiring bertambahnya usia.

Baik pria paruh baya maupun wanita pascamenopause cenderung menimbun berat badan di sekitar bagian tengah tubuh mereka.

Studi menunjukkan bahwa untuk wanita pascamenopause, menambahkan olahraga bersamaan dengan diet sehat adalah kunci untuk menghilangkan lemak perut.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/01/205558420/saat-mulai-menurunkan-berat-badan-bagian-tubuh-mana-yang-kurus-duluan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.