Salin Artikel

Kunci Awet Muda, Sehat, dan Mandiri ala Nenek Berusia 93 Tahun

KOMPAS.com - Gemar berolahraga dan tetap aktif bergerak membuat seorang nenek berusia 93 tahun, bernama Ki Hong, hidup dengan tubuh yang bugar dan sehat.

Dia mengakui bahwa sejak masih muda dirinya sudah senang melakukan berbagai macam aktivitas fisik seperti ice skating, bersepeda, dan mendaki.

"Saya dengan yakin mengatakan bahwa kita dapat melalui apa pun jika tubuh sehat, tetapi kita dapat kehilangan segalanya jika kita kehilangan kesehatan," ungkapnya.

Hong menjaga kesehatannya dengan konsisten mengikuti jadwal harian. Dimulai dari bangun pada waktu yang sama, makan pada waktu yang sama, olahraga pada waktu yang sama, hingga tidur pada waktu yang sama.

"Saya juga sering duduk di luar, membaca koran, merawat tanaman, berjalan mondar-mandir di jalan, dan memeriksa surat," terangnya.

"Jika saya tidak mengikuti rutinitas saya, maka saya merasa hari berikutnya jauh lebih sulit," sambung dia.

Berolahraga setiap hari

Sebelum pandemi, Hong biasanya pergi ke fasilitas rehabilitasi jantung selama satu jam tiga kali seminggu. Dia menggunakan banyak mesin latihan yang berbeda, tetapi anak tangga adalah favoritnya.

Saat tempat itu tutup, dia tidak bisa menggunakan peralatan latihan, sehingga keluarganya membantu membuatkan gym sendiri di rumah.

Sekarang, alih-alih berolahraga tiga kali seminggu selama satu jam, dia justru berolahraga setiap hari, hanya saja tidak dengan waktu yang sama.

"Setiap hari, saya bersepeda selama 20 menit. Kemudian saya berjalan ke atas dan ke bawah di jalan yang memiliki sebuah bukit kecil," kata dia.

Tujuan dari semua olahraga yang dilakukannya itu adalah untuk menjadi lebih kuat dan sehat. Jadi, di usianya yang sudah lanjut usia (lansia) itu dia tetap bisa mandiri.

"Saya ingin memiliki kaki yang kuat yang akan menopang saya dan mencegah saya jatuh. Saya ingin lengan yang kuat sehingga saya dapat memasak makan malam favorit anak-anak saya dan menyirami tanaman," jelasnya.

Meningkatkan langkah kaki

Setiap hari, Hong berjalan ke atas bukit dan merasa tubuhnya lebih baik karena dia dapat dengan mudah mencapai puncak bukit tanpa kehabisan napas.

Bisa berjalan-jalan juga membuatnya merasa mandiri dan percaya diri bahwa dia bisa menjaga dirinya sendiri.

Dia rata-rata berjalan 1.500 langkah setiap harinya dan memiliki tujuan untuk meningkatkan langkah lebih banyak dari hari sebelumnya dengan berjalan kaki.

"Saya berusaha sangat keras untuk menjadi kuat dan sehat sehingga keluarga saya tidak akan mengkhawatirkan saya," tuturnya.

"Keluarga saya sangat dekat, tetapi sejak Covid-19, saya tidak dapat melihat mereka sesering dulu," lanjut dia.

Oleh sebab itu, Hong sekarang lebih sering bertukar pesan dan saling berbagi momen bersama keluarganya melalui virtual.

Dia juga berpesan, bagi siapa pun yang membutuhkan kekuatan fisik selama masa-masa sulit ini, berolahraga dan aktif bergerak adalah cara yang bagus untuk mengangkat semangat.

"Kita juga harus makan dan tidur nyenyak. Yang terpenting, berpikir positif, serta mencoba untuk tidak mengkhawatirkan hal-hal kecil," imbuhnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/15/193230420/kunci-awet-muda-sehat-dan-mandiri-ala-nenek-berusia-93-tahun

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.