Salin Artikel

5 Cara Hadapi Pasangan yang Tidak Beri Dukungan

KOMPAS.com - Saling memberikan dukungan adalah salah satu cara untuk mempertahankan rumah tangga. Hal ini dikarenakan dukungan memiliki arti penting.

Mendapatkan dukungan membuat seseorang merasa diperhatikan dan tidak disia-siakan oleh pasangannya.

Sebaliknya, tidak ada dukungan dapat membuat seseorang merasa kecewa dan memicu konflik di rumah tangga.

Oleh karenanya, apabila seseorang merasa tidak mendapat dukungan dari pasangan, penting baginya untuk sesegera mungkin membicarakan hal ini.

Berikut lima cara yang bisa dilakukan bila merasa tidak mendapat dukungan dari pasangan :

1. Beri tahu

Tidak semua orang dapat menyadari ada masalah dalam hubungannya jika tidak diberi tahu. Termasuk menyangkut soal dukungan, entah dari segi finansial, emosional, atau yang lainnya.

Bila merasa pasangan seperti tidak memberi dukungan terhadap suatu hal, ungkapkan. Beri tahu jika hal itu telah mengganggu dan carilah solusinya.

2. Akui kekurangan

Tidak adanya dukungan mungkin akan menjadi pemicu konflik yang membuat pasangan bertengkar. Tapi sebelum mempermasalahkannya, coba periksa diri sendiri.

Mungkin ada tindakan kita yang juga pernah menyakiti pasangan. Akui hal itu terlebih dahulu sebelum membicarakan inti permasalahan.

Cara ini dapat membantu pasangan mendapatkan perspektif yang sama tentang permasalahan dan mengakui kesalahannya sendiri.

Ini juga membantu membangun kepercayaan dalam hubungan.

3. Berkomunikasi dengan baik

Jangan berharap pasangan menangkap petunjuk tentang sesuatu yang tidak menyenangkan.

Bertindak frustasi, kasar, atau memberikan komentar tajam tidak akan membantu menyelesaikan masalah.

Bila memiliki konflik, selesaikan dengan membicarakannya kepada pasangan. Ceritakan secara rinci dan komunikasikan tentang hal yang mengganggu.

4. Berikan argumen dengan baik

Tidak apa-apa untuk berdebat ketika dua individu tidak setuju tentang sesuatu. Meski demikian, ingatlah hubungan dibangun atas dasar saling menghormati.

Jadi, walaupun harus berargumen, jangan sampai seolah merendahkan atau menyepelekan pasangan. Ini malah bisa memperumit masalah.

5. Cari bantuan profesional

Mencari bantuan profesional dalam pernikahan bukanlah hal yang salah. Malah tindakan ini menunjukkan pasangan bersedia untuk memperbaiki kesalahan.

Terkadang, intervensi profesional dari konselor pernikahan membuat pasangan melihat kesalahan dengan caranya masing-masing.

Malah bisa jadi pasangan lebih berempati terhadap satu sama lain. Ini akan membantu membangun hubungan menjadi lebih baik.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/05/152957320/5-cara-hadapi-pasangan-yang-tidak-beri-dukungan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.