Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Menu Masakan Lebaran Selain Opor Ayam

Biasanya, opor ayam disajikan bersama sejumlah menu khas lebaran lain, seperti sambal goreng ati, rendang, sayur lodeh, dan lainnya.

Ada beberapa versi opor ayam di Indonesia, seperti opor ayam kuning dan opor ayam putih.

Tapi, jika Anda ingin bereksplorasi dengan menu lebaran lainnya, berikut pilihan menu masakan lebaran selain opor ayam yang dapat dicoba:

1. Soto

Soto adalah menu masakan yang sangat akrab di lidah kita sehari-hari. Kita juga bisa mendapatkannya dengan mudah, mulai dari dari pedagang kaki lima hingga soto di restoran.

Untuk itu, masakan ini juga cocok menjadi alternatif menu masakan lebaran.

Ada berbagai jenis soto atau coto di setiap daerah dengan racikan yang berbeda-beda, seperti soto Madura, soto Betawi, soto Bandung, coto Makassar, dan lainnya.

Pada dasarnya, menurut buku 100 Resep Sop & Soto Indonesia yang ditulis oleh Dapur Kirana (2009), soto atau coto adalah masakan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran.

Daging yang paling sering digunakan adalah ayam dan sapi, tetapi banyak juga tersedia soto daging kambing.

Setiap soto punya rasa yang berbeda-beda. Misalnya, jika mencari menu masakan yang lebih sehat maka bisa memilih menu soto dengan ayam dan tidak ditambahkan santan.

Hidangkan soto bersama jeruk nipis untuk membuat cita rasanya semakin terasa nikmat.

2. Rawon

Menurut buku Rawon Khas Jawa Timur yang ditulis oleh Sasongko Iswandaru (2019), rawon merupakan resep masakan klasik yang sudah dikenal sejak abad ke-10.

Masakan asal Jawa Timur ini punya kuah berwarna hitam kecokelatan dan rasa yang begitu segar, terutama karena disertakannya taoge, jeruk nipis, dan sambal terasi dalam penyajiannya.

Rawon pada dasarnya adalah sop daging sapi, namun dengan warna kuah yang khas.

Salah satu pembedanya adalah adanya campuran buah keluak atau kluwek yang memiliki rasa khas dan tidak digunakan dalam sop mana pun.

Menu ini dapat menjadi pilihan menu masakan lebaran selain opor ayam jika Anda ingin sesuatu yang beda.

3. Sayur godog

Sayur godog adalah salah satu menu wajib orang Betawi untuk momen Idul Adha dan Idul Fitri.

Jika Anda bukan orang Betawi dan jarang menyajikan menu ini, maka tak ada salahnya untuk menyertakan menu sayur godog di hari lebaran tahun ini.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, 31 Juli 2020, budayawan betawi Yahya Andi Saputra menjelaskan bahwa sayur godog biasa muncul pada ritus atau tata cara dalam upacara keagamaan tertentu, misalnya ritus redekah bumi atau ritus baritan.

Baritan sendiri sudah diselenggarakan sejak sebelum Islam menjadi agama utama masyarakat Betawi.

Karena tak menyertakan daging-dagingan, maka menu ini juga cocok bagi Anda yang tidak makan daging atau sedang ingin makan sayuran.

Sayur godog biasa disajikan bersama ketupat. Rasa gurih, asin, dan sedikit pedas yang khas membuat menu ini begitu menggugah selera.

Jika ingin membelinya, pedagang bakso cenderung mudah ditemukan di lingkungan tempat tinggal kita. Mulai dari bakso panggul, gerobak, hingga bakso kedai.

Menu ini juga cocok untuk segala suasana dan dapat diracik sendiri sesuai selera.

Jika ingin versi yang lebih sehat, kita juga bisa membuat bakso sendiri di rumah.

Menurut buku 50 Jenis Bakso Sehat & Enak yang ditulis oleh Dr Ir Singgih Wibowo, MS (2002), untuk menghasilkan daging bakso yang sehat diperlukan daging sapi yang sehat dan rendah lemak.

Selain menggunakan daging sapi, kita juga bisa membuat bakso dengan daging ayam atau daging ikan.

Untuk bakso ayam, disarankan memilih daging dada serta menghindari daging paha atas dan bawah.

Sementara untuk bakso ikan, beberapa jenis ikan yang bisa dipilih seperti tawes, nila, dan ikan mas. Udang dan teripang juga bisa dijadikan bakso.

4. Sup buntut

Sup buntut juga menjadi salah satu masakan khas Indonesia. Rasa kuah kaldunya yang gurih dan daging di buntut sapi yang lembut membuat menu ini selalu bikin ketagihan.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, 18 Juni 2020, selain dijadikan sup, buntut juga bisa dimasak dengan cara dibakar.

Executive Chef The Dharmawangsa Jakarta Felix Budisetiawan menyarankan untuk memilih buntut dengan kualitas baik agar menu sup buntut sapi ini bisa terasa lebih nikmat.

Cara memilih buntut sapi yang berkualitas baik seperti membeli dari tempat terpercaya, memilih buntut sapi bagian tengah, memilih daging berwarna merah segar dan tak memiliki bau yang tidak menyengat, serta memilih buntut sapi segar daripada beku (frozen).

5. Semur daging

Bosan dengan menu rendang saat lebaran? Semur daging bisa jadi opsi lain, terutama jika menginginkan rasa daging yang cenderung lebih manis-gurih.

Meski semur daging adalah salah satu menu semur paling umum ditemui, menu ini sebetulnya bisa dibuat dari berbagai macam bahan makanan menjadi menu seperti semur jengkol, semur daging ayam, semur tahu, hingga semur daging kambing.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, 8 Mei 2021, beberapa bumbu yang biasanya disertakan untuk membuat semur daging seperti bumbu halus, kecap manis, lengkuas, serai, dan daun salam.

Setelah memasak daging sapi hingga empuk, kita masih menambahkan bumbu lainnya, yakni bumbu jitan dan lada sangrai agar masakan terasa lebih sedap.

Kita juga bisa mengkreasikan rasa daging semur, misalnya membuatnya menjadi sedikit lebih pedas, asam, atau menggunakan saus tiram demi menciptakan rasa yang unik untuk menu lebaran.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/11/041000620/5-menu-masakan-lebaran-selain-opor-ayam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke