Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Omega 3 Berpotensi Mencegah Penyakit Asma pada Anak

KOMPAS.com - Asma adalah salah satu penyakit yang sering terjadi pada anak tanpa diketahui penyebabnya. Sampai sekarang, gangguan kesehatan ini tidak bisa disembuhkan namun bukan berarti tidak bisa dicegah.

Ada banyak faktor yang menyebabkan asma pada anak-anak. Misalnya saja karena faktor genetik, polusi, alergi, sampai kelahiran prematur.

Gangguan pernafasan ini bisa sangat mengganggu untuk aktivitas dan tumbuh kembang buah hati. Apalagi jika sedang kumat mengalami serangan asma maka dampaknya bisa jauh lebih serius.

Profesor Seif Shaheen dari Queen Mary University of London berpendapat, ada kemungkinan pola makan yang buruk dapat memicu risiko asma.

Sejumlah penelitian berbasis diet telah dilakukan untuk memastikannya namun belum ada yang bisa memaparkan hasilnya dengan jelas.

Meski demikian, ada kemungkinan kebiasaan makan ikan yang kaya akan omega 3 dapat mencegah asma pada anak.

"Meskipun kami tidak dapat mengatakan dengan pasti bahwa makan lebih banyak ikan akan mencegah asma pada anak-anak, berdasarkan temuan kami, ada kaitannya dengan risiko terkena penyakit ini," terangnya.

Hal ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan di jurnal kesehatan,  European Respiratory Journal.

Riset difokuskan pada kaitan asupan EPA dan DHA dari ikan pada anak usia tujuh tahun (diperkirakan dengan kuesioner frekuensi makanan) dan kejadian kasus baru asma yang didiagnosis dokter pada usia 11-14 tahun.

Hasilnya, kebiasaan makan ikan kaya kandungan omega 3 sejak dini dapat menekan risiko penyakit asma. Namun, ini hanya berdampak pada anak dengan genetik tertentu.

Penelitian menyebutkan, lebih dari separuh anak-anak membawa varian umum dalam gen asam lemak desaturase (FADS) yang dikaitkan dengan tingkat asam lemak omega-3  yang lebih rendah dalam darah.

Pada anak-anak ini, asupan makanan tinggi asam lemak omega-3 dikaitkan dengan risiko asma yang lebih rendah.

Risikonya turun sebanyak 51% lebih rendah, dibandingkan mereka yang tidak terbiasa mengonsumsi asam lemak tak jenuh ini.

Audrey Koltun, ahli gizi diet terdaftar di Cohen Children's Medical Center di New York menilai nutrisi yang kerap didapat dari ikan bandeng dan salmon ini memang kaya manfaat. Tak heran jika ternyata ini juga berguna untuk mencegah asma.

Sayangnya, hasil penelitian ini bisa menjadi hal yang membingungkan bagi para orangtua. Apalagi ternyata hal itu hanya berlaku untuk gen tertentu.

"Kebanyakan anak-anak tidak suka ikan jadi akan sulit bagi anak-anak dengan varian gen untuk mendapatkan manfaat dari omega-3," tambahnya.

Ada banyak hal yang masih harus ditelusuri lebih jauh termasuk apakah suplemen minyak ikan bisa menjadi pengganti yang efektif.

Agar anak lebih sehat dan terhindar dari penyakit, Koltun merekomendasikan pola makan sehat berbasis diet seimbang.

Selain itu, dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan olahan yang dapat menyebabkan peradangan pada tubuh.

Orangtua dianjurkan untuk menambah variasi pangan anak termasuk meningkatkan jumlah sayuran, buah, biji-bijian dan lemak sehat termasuk omega 3.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/04/122759820/omega-3-berpotensi-mencegah-penyakit-asma-pada-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke