Salin Artikel

14 Kebiasaan yang Bikin Cepat Kurus

Menurunkan berat badan juga tidak terjadi dalam semalam. Kita perlu menjalani pola hidup sehat secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tapi tak perlu khawatir, melakukan banyak kebiasaan sehat sederhana secara rutin bisa membantu kita untuk lebih cepat mencapai target penurunan berat badan.

Melansir Eat This Not That, berikut sejumlah kebiasaan yang bikin cepat kurus dan bisa kita praktikkan di rumah:

Padahal, melewatkan makan terutama saat sarapan malah meningkatkan risiko obesitas.

Sebuah studi dari American Journal of Epidemiology menemukan bahwa orang yang tidak makan pagi 4,5 kali lebih mungkin mengalami obesitas.

Alasannya, melewatkan makan akan memperlambat metabolisme tubuh kita dan meningkatkan rasa lapar.

Pada akhirnya, tubuh kita akan berada dalam mode penyimpanan lemak utama dan meningkatkan peluang makan berlebihan pada waktu makan berikutnya.

Padahal, cheat day malah bisa merusak pola penurunan berat badan yang kita jalani dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Obesity menemukan, subjek penelitian yang menjalani diet ketat atau program olahraga cenderung mengalami penurunan berat badan yang lebih lambat ketika mereka makan lebih banyak di akhir pekan daripada hari kerja.

Sebuah studi 2016 yang dilakukan di University of South Florida menemukan bahwa orang-orang yang makan makanan penutup dengan sendok cenderung makan lebih banyak dan mengabaikan kalori yang mereka asup, ketimbang jika mereka makan makanan penutup menggunakan garpu.

Secara psikologis, makan makanan penutup dengan garpu akan membuat kita makan lebih sedikit dan lebih mengontrol apa yang kita asup.

Menurut para peneliti Wake Forest, para pelaku diet yang tidur lima jam atau kurang cenderung memiliki lemak perut 2,5 kali lebih banyak, daripada pelaku diet yang tidur lebih dari delapan jam setiap malamnya.

Jadi, jika sedang mempertimbangkan kebiasaan yang bikin cepat kurus, pastikan tidur setidaknya enam hingga tujuh jam setiap malamnya.

Menurut studi Health Informatics Journal, banyak membaca hal-hal positif akan cukup efektif membantu kita disiplin dan lebih sadar dalam menjalani pola diet sehat yang sedang dijalankan.

Studi tersebut menemukan bahwa orang-orang yang menerima pesan positif yang mendesak mereka untuk makan sehat, berolahraga, dan minum air putih cenderung lebih mampu mencapai tujuan penurunan berat badan mereka.

Sebaliknya, ketika kita ngemil di sore hari, kita cenderung memilih makanan yang lebih sehat. Sederhana, tapi ini bisa menjadi salah satu kebiasaan yang bikin cepat kurus.

Salah satu camilan sehat yang bisa kita pilih adalah kacang almond.

Almond tinggi akan vitamin E yang membantu kita untuk lebih cepat kurus.

Sayangnya, menurut penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, banyak orang yang kelebihan berat badan justru jarang mengasup makanan tinggi kandungan vitamin E.

Padahal, satu mentega selai almond memberi kita vitamin E tiga kali lebih banyak daripada selai kacang dengan jumlah yang sama.

Ngemil ketika diet bisa mencegah kita makan berlebih di waktu makan besar.

Namun, pastikan camilan yang kita asup adalah jenis camilan sehat dan rendah kalori.

Studi yang dilakukan oleh American Council of Exercise menemukan bahwa pakaian kasual bisa meningkatkan level aktivitas fisik seseorang, daripada ketika mereka menggunakan pakaian kerja resmi.

Peserta penelitian ternyata melangkah 491 lebih banyak dan membakar 25 kalori lebih banyak di hari-hari ketika mereka mengenakan denim daripada saat mengenakan pakaian kerja biasa.

Meski sepele, namun jika dikerjakan secara rutin tentu ini akan memengaruhi kesuksesan diet kita.

Namun, peneliti Cornell University menemukan bahwa rutin menimbang berat badan setiap hari membantu para pelaku diet yang menjadi partisipan penelitian menurunkan berat badan lima kali lebih banyak daripada mereka yang lebih jarang menimbang.

Tapi, berat badan kita bisa fluktuatif setiap harinya. Untuk menghindari itu, pastikan menimbang di jam yang sama setiap harinya.

Salah satu alasannya adalah ketika kita tidak cukup minum, tubuh mungkin akan menyimpan karbohidrat sebagai lemak. Sebab, tubuh tidak dapat secara efisien mengubah karbohidrat menjadi energi tanpa air yang cukup.

Selain itu, kadang tubuh kita salah mengenali rasa haus sebagai rasa lapar. Sehingga ketika kita tidak minum sebelum makan, tubuh akan mengira kita kelaparan dan akan cenderung makan lebih banyak.

Jadi, jika kita sedang stres dan menjadi ingin makan banyak sebagai respons stres tersebut, cobalah makan permen karet, minum, atau jalan kaki sejenak.

Usahakan merespons stres tidak dengan makanan karena bakal membuat kita mengasup lebih banyak kalori.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan melalui jurnal International Journal of Obesity, orang-orang yang waktu makan siangnya bergeser lebih lama cenderung kehilangan berat badan lebih sedikit dan menunjukkan tingkat penurunan berat badan yang lebih lambat selama 20 minggu diet, daripada orang-orang yang makan tepat waktu atau lebih awal.

Faktanya, banyak orang mungkin duduk dan berbaring lebih lama dari itu.

Pola hidup kurang gerak (sedentary lifestyle) membuat kita membakar 100 kalori lebih sedikit, yang tentunya akan membuat kita lebih sulit meraih target penurunan berat badan.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Clinical Journal of the American Society of Nephrology, jalan kaki dua menit setiap jamnya sudah cukup membantu mengurangi efek terlalu banyak duduk.

Meski kecil, namun ini bisa menjadi salah satu kebiasaan yang bikin cepat kurus.

Selain karena tubuh kita bergerak, manfaat penurunan berat badan juga bisa berkaitan dengan sinar matahari.

Peneliti dari University of Alberta di Edmonton menemukan, sinar matahari menembus kulit kita dan mencapai sel-sel lemak putih yang berada tepat di bawah kulit, sehingga mengurangi sel-sel lemak dan memungkinkan lipid dilepaskan dari sel.

Dengan kata lain, sel-sel kita tidak menyimpan banyak lemak.

Sebuah studi University of Rochester menemukan hasil serupa.

Mereka menemukan bahwa stres di tempat kerja menyebabkan perilaku tidak sehat, seperti lebih banyak duduk dan menonton televisi dan kurang berolahraga.

Jadi, jika rutinitas kerja menyebabkan stres, cobalah atur agar situasi tersebut tak membuat kita lebih banyak menjalankan perilaku tidak aktif. Misalnya, kita bisa meluangkan 10 menit setiap jamnya untuk melakukan peregangan dan olahraga ringan.

Ingatlah bahwa kebiasaan sederhana yang kita anggap sepele sekalipun bisa menjadi kebiasaan yang bikin cepat kurus.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/09/180359520/14-kebiasaan-yang-bikin-cepat-kurus

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.