Salin Artikel

5 Jenis Buah untuk Menurunkan Kolesterol

Pola makan memainkan peran penting terhadap tingkat kolesterol seseorang. Menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam kisaran sehat dan mencegah masalah kesehatan, termasuk serangan jantung atau stroke.

Menurut Medical News Today, kolesterol adalah substansi yang melalui aliran darah dan terbagi menjadi dua lipoprotein berbeda, yakni low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).

Kolesterol LDL juga dikenal sebagai kolesterol "jahat" karena menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah.

Kondisi tersebut dapat memblokir aliran darah, kemudian menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Sementara HDL atau kolesterol "baik" membantu menghilangkan kolesterol tubuh melalui hati. Kadar kolesterol HDL yang tinggi dapat mengurangi risiko masalah jantung dan stroke.

Menerapkan pola makan sehat menjadi salah satu cara untuk menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan atau mempertahankan kolesterol HDL, termasuk di antaranya mengonsumsi buah untuk menurunkan kolesterol.

Buah untuk menurunkan kolesterol

Berikut beberapa buah untuk kolesterol yang baik untuk dikonsumsi dan membantu menjaga kadar kolesterol dalam kisaran sehat:

Sebuah studi di 2019 meminta 40 peserta studi dengan kolesterol agak tinggi mengonsumsi dua buah apel per hari. Hasil penelitian menunjukkan penurunan tingkat trigliserida, tipe lemak dalam darah.

Satu buah apel mengandung sekitar 3-7 gram serat makanan, tergantung dari ukurannya.

Selain itu, apel juga mengandung polifenol yang dapat memberi efek positif terhadap kadar kolesterol.

Sebuah studi di 2015 menyimpulkan bahwa makan satu buah alpukat setiap hari dan memadukannya dengan pola makan rendah kolesterol dan lemak moderat dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Efek ini didapatkan dengan menurunkan kolesterol LDL, tanpa menurunkan kolesterol HDL.

Porsi 150 gram alpukat mengandung sekitar 14,7 gram lemak tak jenuh tunggal, yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL serta risiko penyakit jantung dan stroke.

Buah-buahan ini mendukung tubuh untuk menyingirkan kolesterol dan mengentikan produksi kolesterol di hati.

Menurut Healthline, salah satu serat larut, pektin, dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen. Selain dalam buah berry, pektin juga dapat ditemukan dalam buah-buahan seperti apel, buah-buahan sitrus, dan stroberi.

Buah beri dan anggur mengandung komponen bioaktif yang membantu menjaga penyakit jantung dan penyakit kronis lain karena sifat antioksidan dan antiinflamasinya.

Buah untuk menurunkan kolesterol seperti berry dan anggur dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL.

Tomat juga merupakan salah satu buah untuk menurunkan kolesterol.

Menurut Doctor NDTV, buah ini mengandung berbagai macam vitamin, termasuk vitamin A, B, K, dan C, yang baik untuk kesehatan, seperti menyehatkan mata, kulit, dan jantung.

Tomat juga kaya akan kalium sehingga dinilai ramah bagi jantung. Tomat tak hanya menjadi buah untuk menurunkan kolesterol, tetapi juga membantu menurunkan tekanan darah dan risiko stroke.

Menurut buku Healing Foods, buah-buahan sitrus mengandung hesperidin, yang disebut dapat menurunkan gejala hipertensi, sedangkan komponen pektin dan limonoid di dalamnya dinilai dapat memperlambat atheroklerosis atau pengerasan arteri dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Karena tinggi akan antioksidan flavon, buah-buahan sitrus juga dapat menurunkan risiko stroke pada wanita.

Buah untuk menurunkan kolesterol ini bisa disajikan dalam berbagai cara. Misalnya, memadukan apel dengan roti gandum panggang dan selai kacang untuk sarapan.

Cara lainnya adalah menjadikannya topping pada menu salad atau dikonsumsi secara praktis sebagai buah potong.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/04/190126520/5-jenis-buah-untuk-menurunkan-kolesterol

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.