Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Pemicu Gatal di Payudara dan Cara Mencegahnya

Meski beberapa di antaranya merupakan hal biasa yang tidak perlu dikhawatirkan, tetapi rasa gatal di payudara juga dapat menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan.

Apalagi, jika rasa gatal itu disertai dengan gejala aneh lainnya.

Asisten profesor dermatologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai di New York City, Amerika Serikat. Gary Goldenberg mengatakan, tidak ada gejala pasti dari payudara gatal.

Tetapi dia mengungkapkan, sebagian besar pasiennya yang mengalami hal tersebut merasakan beberapa gejala seperti puting gatal, ruam di antara atau di bawah payudara, iritasi kulit, dan sensasi terbakar.

Lantas, apa yang menyebabkan payudara bisa terasa gatal?

Berikut ini terdapat 10 alasan yang perlu kita ketahui mengapa payudara gatal dan bagaimana cara mencegahnya.

Penyebabnya

Ada daftar panjang hal-hal yang dapat menyebabkan payudara dan puting gatal.

Ini dapat berkisar mulai dari masalah umum hingga kondisi kesehatan yang lebih serius, meskipun jarang terjadi.

1. Jarang mencuci bra

Kita mungkin memiliki 1-2 bra yang sering dipakai dan kita mungkin jarang mencucinya.

Sayangnya, ini dapat menyebabkan masalah dengan payudara.

"Pakaian kotor, termasuk pakaian dalam, sering kali mengandung bakteri yang dapat mengiritasi kulit," kata Dr Goldenberg.

Jika situasinya tepat — seperti jika kita memiliki luka di kulit dan bakteri dari bra kotor masuk ke celah di kulit — ini akan dengan cepat menyebabkan infeksi dan rasa gatal pada payudara.

2. Sensitif terhadap bahan-bahan tertentu

Bra dibuat dengan berbagai jenis kain, mulai dari sutra, renda, hingga katun. Tetapi, bahan tertentu bisa sangat mengiritasi payudara.

"Kain sintetis adalah masalah terbesar," ungkap dia.

Goldenberg juga menyebut bahwa poliester dan lateks sebagai beberapa iritasi potensial teratas, terutama jika kita memiliki kulit sensitif yang dikenal rewel.

3. Payudara terkena gesekan

Setiap kali ada sesuatu di atas payudara telanjang kita, itu berpotensi memicu gesekan yang tidak nyaman.

"Pakaian atau bra dapat bergesekan dengan kulit dan menyebabkan luka kecil yang menyebabkan gatal dan bahkan nyeri," ungkap dermatolog, Ife J. Rodney.

Selain bahan bra atau pakaian kita, jenis gerakan yang kita lakukan juga dapat menyebabkan masalah ini, terutama saat kita melakukan olahraga seperti berlari.

Jika kita mengenakan bra dan kemeja yang sama seperti biasanya, ini mungkin bukan alasan di balik payudara atau puting yang gatal.

Tetapi, jika kita baru-baru ini mulai mengenakan atasan baru, mulai benar-benar tidak mengenakan bra, atau mengganti rutinitas olahraga dengan lebih banyak pantulan, dan lantas diikuti rasa gatal, gesekan jelas merupakan alasan untuk dipertimbangkan.

4. Mengalami ruam panas

"Sejalan dengan itu, ruam panas di dada juga dapat menyebabkan payudara gatal," ungkap pakar kesehatan wanita, Sherry A. Ross.

"Saat payudara menjadi terlalu panas dan mulai berkeringat, kulit payudara bisa menjadi iritasi, merah, dan gatal," kata dia.

Menurut Mayo Clinic, memang ruam panas biasanya terjadi ketika keringat terperangkap di bawah kulit dan menghalangi pori-pori kulit.

5. Memiliki reaksi alergi

Dermatitis kontak adalah reaksi alergi atau iritasi yang dapat terjadi ketika kulit terpapar sesuatu yang tidak disukai.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), gatal adalah salah satu penyebab utamanya.

Apabila kita mencuci bra dengan deterjen biasa atau mengeringkannya dengan seprai pengering, ada kemungkinan payudara akan pecah-pecah dan menjadi gatal.

Hal yang sama berlaku untuk handuk, seprai jika kita tidur telanjang dan pada dasarnya apa pun yang dapat menyentuh dada kita, termasuk sabun mandi.

Wewangian atau parfum, khususnya, juga sering menjadi penyebab di balik dermatitis kontak alergi, apalagi jika kita memiliki kulit yang sangat sensitif.

6. Memiliki kulit yang kering

"Kulit kering di bagian tubuh mana pun dapat menyebabkan rasa gatal," catat Ross.

Ini bisa sangat bermasalah di musim dingin atau hujan karena udara di luar cenderung dingin dan kering, yang bisa mengganggu kelembapan di kulit.

Sayangnya, udara hangat di dalam ruangan mungkin juga tidak membantu.

Jadi, kita harus lebih rajin mengoleskan losion ke payudara, termasuk puting susu, saat suhu turun.

"Sebab, ini adalah area yang cenderung diabaikan oleh banyak orang dengan payudara saat melembabkan secara umum," ujar Rodney.

7. Menderita eksim parah

Menurut AAD, eksim adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan peradangan kering dan gatal, yang dapat muncul sebagai ruam bersisik.

Meskipun biasanya memengaruhi area seperti bagian belakang lutut dan lekukan siku, itu dapat memengaruhi hampir seluruh tubuh, termasuk payudara.

"Jika kita memiliki payudara yang gatal untuk sementara waktu dan tidak tahu mengapa, eksim bisa menjadi penyebabnya, apalagi jika kita memiliki kulit kering, gatal, dan pecah-pecah di sekitar area puting," kata Rodney.

8. Menderita psoriasis

Ada banyak jenis psoriasis, tetapi psoriasis plak adalah yang paling umum terjadi.

Dengan kondisi ini, sistem kekebalan tubuh kita secara keliru menyebabkan sel-sel kulit menumpuk dan membentuk bercak kering, bersisik, gatal yang disebut plak.

Psoriasis ini biasanya terjadi di area seperti siku, lutut, punggung bawah, dan kulit kepala.

Sayangnya, seperti eksim, psoriasis juga dapat muncul di atau di bawah payudara.

9. Memiliki infeksi jamur di bawah payudara

Kita mungkin mengasosiasikan infeksi jamur dengan vagina. Tetapi, infeksi jamur juga cukup umum terjadi di bawah payudara.

Kelembapan dapat terperangkap di bawahnya karena area tersebut dapat menjadi sangat berkeringat, sehingga menciptakan lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan ragi yang dapat menyebabkan payudara gatal.

Menurut Johns Hopkins Medicine, infeksi jamur juga bisa menimbulkan beberapa gejala lain, yakni ruam merah, benjolan seperti jerawat, rasa terbakar, atau bercak kulit yang mengeluarkan cairan bening.

10. Gejala kanker payudara

Rasa gatal pada payudara kemungkinan kecil itu bisa menjadi kanker payudara inflamasi atau suatu bentuk penyakit yang langka namun agresif dan menyerang dermis kulit.

Seorang ahli bedah kanker payudara, Dennis Holmes juga mengatakan bahwa kanker payudara inflamasi biasanya memiliki gejala lain, termasuk ruam dan kulit meradang yang panas saat disentuh.

Cara mencegah payudara gatal

Payudara yang gatal kadang-kadang tidak terlalu bahaya dan dalam banyak kasus masih dapat dicegah.

Secara umum, kita dapat melakukannya dengan mencuci bra secara teratur. Goldenberg juga merekomendasikan kita untuk mencuci bra setidaknya sekali seminggu.

Dan, kita perlu menjauhkan produk beraroma dari payudara untuk bisa membantu menurunkan kemungkinan payudara gatal yang bisa terjadi pada kita.

Pastikan juga untuk selalu melembapkan payudara bersama bagian tubuh lainnya dan melindungi kulit yang terpapar sinar matahari dengan tabir surya yang memiliki setidaknya SPF 30.

Selain itu, jika kita memiliki kondisi kesehatan yang menyebabkan payudara gatal, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui cara meminimalkan rasa gatal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/15/230000320/10-pemicu-gatal-di-payudara-dan-cara-mencegahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke