Salin Artikel

Berapa Lama Hasil Olahraga Terlihat?

Namun, jawaban untuk pertanyaan ini sebetulnya bakal berbeda-beda pada setiap orang dan ditentukan oleh sejumlah faktor, seperti frekuensi dan tipe olahraga, intensitasnya, serta pola makan.

Berapa lama hasil olahraga terlihat?

Berapa lama hasil olahraga terlihat ditentukan oleh banyak faktor. Secara umum, kita harus membakar lebih banyak kalori daripada yang kita asup.

Pelatih pribadi tersertifikasi NASM sekaligus co-founder New York City Personal Training, Guychard Codio mengatakan kepada Popsugar bahwa pola makan sehat juga merupakan bagian integral dari usaha olahraga kita.

Menurutnya, daripada memforsir olahraga sejak hari pertama, lebih baik menambah sedikit demi sedikit rutinitas olahraga. Barengi dengan kebiasaan diet yang sehat alih-alih menerapkan diet ketat. Buatlah target jangka panjang daripada penurunan berat badan cepat.

Misalnya, menurunkan berat badan 10 kilogram dalam sebulan cenderung merupakan target yang tidak realistis.

Pelatih pribadi bersertifikat NASM Ashley Kelly biasanya membantu kliennya menjalani program minimal enam minggu jika tujuan mereka adalah menurunkan berat badan melalui olahraga.

Tiga minggu pertama adalah pelatihan pengantar untuk membiasakan diri mereka dengan detak jantung yang meningkat ketika berolahraga, satu minggu dengan pola olahraga lebih ringan, dan dua minggu terakhir latihan kekuatan dengan intensitas yang lebih tinggi.

Sementara itu, pelatih untuk aplikasi Tone & Sculpt, Danyele Wilson, CPT mengatakan kepada Women's Health, meski hasil ditentukan oleh berbagai faktor, namun pada umumnya kliennya melihat perubahan awal dalam empat hingga enam minggu, dan hasil aktual dalam delapan hingga 12 minggu

Namun, target kebugaran setiap orang berbeda.

Jika targetnya adalah kesehatan kardiovaskular, misalnya, pelatih kebugaran tersertifikasi NASM dan ACE sekaligus pemilik Taylored Fitness NY LTD, Brooke Taylor mengatakan, berapa lama hasil olahraga terlihat bisa berkisar delapan hingga 12 minggu.

Ini melibatkan sesi latihan kardiovaskular intensitas sedang tiga kali per minggu dengan durasi 30 menit per sesi.

Jika kita seseorang yang kurang aktif, kita kemungkinan melihat peningkatan kapasitas VO2 max dalam empat hingga enam pekan. Namun, lagi-lagi program latihan dan faktor lainnya memengaruhi.

Dalam hal menurunkan berat badan, setiap orang punya titik awal yang berbeda-beda.

Orang yang pernah kelebihan berat badan, punya gangguan hormon, atau memiliki masalah kesehatan mental, misalnya, mungkin akan lebih sulit menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan secara sehat idealnya berkisar 0,5-1 kilogram per minggu. Untuk mendapatkannya, menerapkan kalori defisit masih menjadi hal penting.

Ulasan lebih dalam mengenai cara menerapkan kalori defisiti dapat dibaca pada tautan ini.

Kombinasi kalori defisit, latihan kekuatan, dan latihan kardiovaskular diyakini dapat memberikan hasil maksimal lebih cepat.

Jika klien disiplin dalam menjalankan program sesuai arahan, berapa lama hasil olahraga terlihat berkisar sekitar tiga hingga enam bulan.

Lagi-lagi, tergantung oleh berbagai faktor, termasuk kepatuhan klien terhadap program dan pola hidup secara keseluruhan.

Tidak seperti target meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan menurunkan berat badan, hasil untuk target membangun otot mungkin akan lebih cepat.

Berapa lama hasil olahraga terlihat mungkin penelitian mengungkapkan, kita bisa mengetahiinya setelah satu kali sesi latihan.

Ini karena fenomena "pompa otot (muscle pump), istilah biasa untuk peningkatan darah, oksigen, dan asam laktat yang dipindahkan ke otot selama sesi latihan kekuatan yang sangat intens.

Pada pemula, peningkatan awal dalam ukuran otot mungkin terjadi dalam enam hingga delapan minggu dan delapan hingga 12 minggu pada individu yang lebih mahir.

Namun, ini tentu akan berbeda pada setiap orang karena ada banyak faktor yang berperan dalam hipertrofi otot.

Jika ingin hasilnya lebih cepat, Wilson menganjurkan untuk meningkatkan asupan protein.

Wilson merekomendasikan, konsumsi 0,5-0,8 gram protein per 0,5 kilogram berat badan per hari jika benar-benar ingin melihat perubahan pada otot.

Sementara untuk sesi latihannya, latihan kekuatan tiga hingga lima kali per minggu dengan 12 repetisi dan tiga hingga lima set dapat menjadi pilihan.

Untuk program latihan yang lebih khusus, berkonsultasilah dengan pelatih kebugaran di tempat latihan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/22/143225420/berapa-lama-hasil-olahraga-terlihat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.