Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Houseplant Penambah Mood yang Bisa Memperindah Ruangan

KOMPAS.com - Tak hanya membuat ruangan terasa lebih cerah, houseplant atau tanaman hias dalam rumah dapat meningkatkan mood.

Selain mood, sebuah penelitian pada 2015 silam pun menunjukkan bahwa hadirnya houseplant dapat mengurangi stres, baik secara psikologi maupun fisik.

Jadi, jika mencari houseplant untuk memberi sentuhan warna terang di rumah sekaligus meningkatkan mood, cobalah untuk merawat satu dari 10 houseplant berikut ini.

Begonia rex

Daunnya berbentuk oval dengan tepian bergerigi dan permukaan berbulu. Tanaman ini menyukai tempat teduh. Walaupun begitu, ia tergolong mudah dirawat.

Pothos

Dengan pilihan daun penuh warna dan tumbuh secara vertikal, pothos menjadi tanaman yang cocok untuk ruangan dengan cahaya terang dan tidak langsung.

"Ini sangat efektif diletakkan di ruang tamu, ruang kerja, atau ruang lain di mana Anda dapat membiarkannya tumbuh secara vertikal, sehingga daunnya menjadi lebih besar dan lebih menonjol seiring waktu," kata Hancock.

Alocasia

Dengan daun berwarna hijau pekat dan layer berwarna peraknya, tentu alocasia sangat sempurna untuk menambah koleksi barumu.

Tanaman ini memiliki berbagai varietas dalam bentuk dan warna mencolok yang bisa dipilih untuk menghias sudut-sudut ruang.

Philodendron black cardinal

Tanaman yang memberi warna tegas di dalam ruangan yang didekorasi dengan cat terang ini pun cocok dikoleksi.

Dragon Tree

Daunnya sendiri memiliki bentuk runcing dengan warna hijau dan merah muda panjang serta sedikit warna pink di tepinya.

Fleksibilitasnya membuat dragon tree sangat bagus suntuk menarik perhatian, namun tetap cocok untuk diletakkan di sudut ruangan.

Anthurium

"Setiap rumah memiliki tempat yang membutuhkan tanaman dengan status diva, dan di sinilah anthurium hadiri," kata Oldham.

Tanaman ini memang sedikit butuh perhatian lebih soal pencahayaan serta air yang dibutuhkannya. Namun, kecantikan bunganya benar-benar luar biasa.

Echeveria 

Kecantikannya membuatnya kerap dijadikan dekorasi bagi dekorator interior, toko bunga, dan perencana pernikahan,

Lebih menariknya, echeveria akan menghadiahi kita dengan bunga cantik jika kita merawatnya dengan baik.

Calathea

Namun ada berbagai jenis calathea lainnya yang bisa dipilih. Hampir semua memiliki daun yang indah sehingga cocok digunakan sebagai tanaman penghias rumah.

Caladium

Seringkali beberapa jenis caladium hadir dalam daun berbentuk seperti hati, tombak atau panah, serta dala kombinasi warna merah, pink, mawar dan putih yang menarik.

Menjadi tanaman peneduh, Caladium tidak keberatan tumbuh di dalam ruangan, meskipun membutuhkan minimal 3-4 jam cahaya matahari tidak langsung setiap hari.

Wandering Jew

Varietas yang paling banyak tersedia dari tanaman merambat ini adalah yang memiliki daun warna ungu dan diliputi warna perak yang khas di bagian atas dan warna merah marun keunguan di bagian bawah.

Beberapa varietas memamerkan warna keunguan di kedua permukaan daun.

Wandering Jew tumbuh subur di tanah dengan pencahayaan rendah sedang hingga terang dan dengan air yang merata.

Kita bisa menanam tanaman ini dari stek batang yang dimasukkan ke air atau tanah pot yang lembab. Disarankan untuk membiarkan tanah mengering di sela-sela waktu penyiraman.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/27/135434220/10-houseplant-penambah-mood-yang-bisa-memperindah-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke