Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Kunci Sukses Mereka yang Berhasil Mempertahankan Berat Badannya

Guna menjawab pertanyaan itu, sejumlah peneliti menyusun riset untuk mengetahui cara beberapa orang menjaga berat badannya.

“Salah satu temuan yang paling mengesankan adalah bagaimana seseorang tetap fokus saat mengalami kemunduran," ujar Suzanne Phelan, soal fenemena kenaikan berat badan kembali setelah kita berhenti diet. 

Ia merupkan peneliti utama sekaligus profesor di departemen kinesiologi dan kesehatan masyarakat di California Polytechnic State University, Amerika Serikat.

Menurutnya, cukup banyak yang menganggap hal itu bukanlah suatu kegagalan, melainkan gangguan.

Bahkan, banyak yang dapat langsung kembali melanjutkan pola hidup sehatnya setelah mengalami hal itu.

Tips sukses dalam menurunkan berat badan

Dalam penelitian yang menganalisa respons tertulis dari lebih dari 6.000 orang di WW International Success Registry ini para peserta diberi pertanyaan open-ended.

Misalnya seperti apa tips untuk membuat seseorang terus termotivasi dan sukses dalam menurunkan berat badannya.

“Segerakan saja berolahraga, mulai, dan jangan berhenti. Tentu, akan ada tantangan seperti liburan dan suasana buruk, namun jangan berhenti,” ujar salah satu partisipan.

Partisipan yang sama mengatakan bahwa sebaiknya jangan menerima sebuah kesalahan kecil sebagai kegagalan total.

Ada pula yang mengatakan bahwa meski sudah melakukan segala hal dengan baik dan benar, timbangan tak kunjung menunjukkan berat ideal yang diinginkan.

Namun, tubuhnya merasakan perubahan itu, sehingga ia kembali bersemangat.

Kita juga perlu berpikir bahwa usaha untuk menurunkan berat badan ini adalah hal yang akan kita lakukan sepanjang usia.

“Jika kau ingin berat badanmu turun dan mempertahankannya, kau harus terus melakukannya. Ini lebih baik dibanding merasa sakit atau tidak senang sepanjang waktu,” tulis salah satu partisipan.

Lalu jika bicara soal memantau asupan makanan, kita disarankan lebih mempedulikan apa yang ada dalam piring makanan, bukan menghakimi diri sendiri.

“Pertahankan kebiasaan yang membuat kita mencapai tujuan, terutama menyadari apa yang dikonsumsi,” tulis seorang peserta.

"Kau harus bangun setiap hari dan membuat pilihan untuk memantau dan makan dengan benar," saran yang lain.

“Ini akan sulit, dan akan ada hari-hari di mana kau akan jatuh, tetapi kau bisa bangkit kembali dan terus bergerak maju,” tambahnya.

Ada pula yang mengatakan bahwa memantau berat badan sangat membantu saat seseorang menurunkan berat badan.

“Lebih dari dua tahun terlewati, tapi aku masih memantau berat badanku setiap hari,” tambah seorang peserta.

Basis data pengelola penurunan berat badan lainnya, National Weight Control Registry, juga menemukan sentimen serupa.

Sebagian besar anggotanya terus makan makanan rendah kalori, rendah lemak dan 90 persen di antaranya berolahraga selama sekitar satu jam per hari.

Lalu, tiga perempat dari jumlah tersebut terus menimbang diri mereka setidaknya sekali seminggu.

Jadi, kita harus berfokus untuk tetap waspada, menjaga berat badan saat ini dan terus menikmati kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik.

“Aku tidak ingin kembali ke kondisi sebelumnya dan merasa sakit sepanjang waktu,” ujar seorang peserta terkait motivasi.

Sementara itu pasrtisipan lain menuliskan, rasanya lebih sulit kelebihan berat badan dibandingkan menjalani gaya hidup sehat.

"Hadiah"

Ada banyak hal yang menunggu setelah kita melakukan berbagai usaha keras tersebut.

Misalnya, ketika ditanya tentang perubahan dalam hidup mereka setelah melangsingkan tubuh, para partisipan menyebutkan ada peningkatan besar dalam kepercayaan diri, rasa sakit, mobilitas, citra tubuh, dan kesehatan mental dan fisik.

“Saya merasa punggung dan lutut saya sangat sakit, sehingga sulit untuk bangun dari tempat tidur. Namun, sekarang itu bahkan bukan sesuatu yang menjadi pertimbangan," tulis satu orang.

Ada pula yang mengatakan bahwa dirinya tak lagi takut, seperti takut pergi ke restoran dan takut terbang karena harus meminta “sabuk gajah.”

Peserta lain melihat perubahan dalam sikapnya.

“Aku tidak berusaha menjadi lebih baik untuk orang lain selain diriku sendiri,” pungkasnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/20/071945820/ini-kunci-sukses-mereka-yang-berhasil-mempertahankan-berat-badannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke