Salin Artikel

6 Prank April Mop yang Gagal Lucu, Anti-klimaks dan Malah Memicu Emosi

Lelucon, kebohongan atau tingkah jail yang dilakukan di April Fool's Day ini dimaksudkan untuk mengundang tawa.

Sayangnya, ada beberapa prank April Mop yang terkenal karena gagal lucu.

Bukannya tertawa, jokes yang disampaikan malah membuat orang marah dan situasi tidak lagi menyenangkan.

Berikut adalah tujuh prank April Mop paling buruk yang banyak dikenang publik, dikutip dari berbagai sumber.

Hoaks kematian

Pada 1708, penulis Gulliver's Travel, Jonathan Swift membuat lelucon April Mop epik dengan berpura-pura menjadi peramal bernama Isaac Bickerstaff.

Aksinya dilakukan dengan menerbitkan rangkaian prediksi, termasuk kematian John Partridge, salah satu astrolog kenamaan saat itu, yang kemudian disebarkan di tanggal 30 Maret.

Pada tanggal 1 April, seseorang mengetuk pintu Partridge untuk mengatur pemakamannnya dan mendapatinya masih dalam keadaan sehat.

Namun karena kabarnya sudah terlanjur meluas, John Partridge harus meyakinkan banyak orang sepanjang hidupnya jika ia belum mati.

Ia juga tidak pernah mengetahui identitas asli Isaac Bickerstaff sehingga tidak sadar siapa yang menjadi biang kerok isu tersebut.

Agar lebih meyakinkan, disertakan pula peringatan palsu dari Presiden AS saat itu, Jimmy Carter dan rekaman yang aslinya merupakan dokumentasi letusan Gunung St. Helens.

Aksinya tentu membuat warga panik dan merepotkan seluruh petugas kepolisian di kota.

Tak ayal, Homer Cilley langsung dipecat karena melanggar kode etik dan membuat kabar "bohong" dengan sengaja.

Brand ini mengumumkan akan merilis burger andalannya, Whoppers, yang telah dirancang dengan hati-hati untuk orang-orang kidal.

Jokes ini rupanya malah menjadi senjata makan tuan ketika berbagai gerai restorannya dibanjiri pesanan untuk produk ini.

Tentu saja ini membuat karyawannya kerepotan harus menjelaskan hal sesungguhnya pada konsumen.

Tebing yang jatuh ke laut

Tahun 2001, seorang penyiar radio di Inggris menyebarkan prank April Mop jika kita bisa melihat kapal mirip Titanic dari sisi tebing yang berada di Beachy Head, East Sussex.

Ratusan pendengarnya percaya dengan prank itu lalu berbondong-bondong mendatangi lokasi yang dimaksud.

Sayangnya, aktivitas yang mendadak ramai itu menyebabkan retakan besar di permukaan tebing sampai beberapa hari kemudian, itu jatuh ke laut.

Ketika diklik, tombol itu mengirim GIF ke email sent out dan menonaktifkan balasan sehingga benar-benar mematikan percakapan.

Celakanya, tombol “mic drop” berada tepat di sebelah tombol “send" sehingga banyak yang tidak sengaja mengirimnya ke klien, atasan, pasangan, teman maupun kolega penting lainnya. 

Tak pelak, aksi tidak lucu Google ini langsung menuai protes dan dikabarkan membuat sebagian orang berhenti menggunakan layanannya.

Pergantian nama Volkswagen

Salah satu prank April Mop yang gagal dengan epik terjadi tahun lalu, dilakukan oleh brand otomotif kenamaan, Volkswagen.

Beberapa hari sebelum April Fool's Day, perusahaan ini mengumumkan rebranding sebagai Voltswagen of America.

Terdengar sebagai hal yang serius dan futuristik dengan tren mobil listrik yang tengah berkembang.

Belakangan diketahui jika ini hanya sekedar jokes belaka sehingga publik menjadi marah dan harga saham perusahaan ini ambruk.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/01/092358520/6-prank-april-mop-yang-gagal-lucu-anti-klimaks-dan-malah-memicu-emosi

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.