Salin Artikel

5 Kebiasaan Kendall Jenner Setiap Pagi untuk Mengatasi Anxiety

KOMPAS.com - Supermodel Kendall Jenner mengidap gangguan kecemasan bahkan sampai ke tingkat yang cukup mengganggu.

Jika anxiety atau kecemasan itu kambuh, perempuan berusia 26 tahun ini merasakan serangan panik di malam hari, "melemahkan" mentalnya hingga mengalami gangguan tidur.

"Kecemasan saya (terutama kecemasan sosial) telah mencapai 100 akhir-akhir ini. Saya telah sampai di titik saya merasa buruk," kata Kendall Jenner, seperti dikutip The Sun.

Mantan bintang reality show itu pun punya sejumlah cara untuk menenangkan dirinya ketika kecemasan itu kambuh. Dia mengatakan, pola pikir yang tenang dan positif cukup membantu.

Kendall pun membuat daftar kegiatan yang dilakukan setiap pagi untuk membantu kesehatan mentalnya di laman Instagram.

Berikut lima tips ala Kendall Jenner untuk mengatasi gangguan kecemasan yang mungkin bisa diterapkan jika memiliki gangguan kecemasan atau anxiety.

1. Bangun tidur, jauhi ponsel

Kebiasaan melihat ponsel saat pagi hari dapat memperburuk kondisi kecemasan yang dialami.

Untuk itu ketika bangun tidur, biasakan untuk tidak membuka ponsel, memeriksa email atau menjelajah media sosial.

Satu hal yang perlu dilakukan saat bangun tidur adalah ambil napas dalam-dalam, kemudian keluarkan secara perlakan. Lakukan itu dalam 10 kali 10 tarikan napas.

2. Menuliskan semuanya melalui jurnal

Siapkan sebuah kertas atau buku jurnal catatan. Kendall Jenner menulis apa pun yang dia rasakan, pikirkan bahkan ide yang muncul di pagi hari.

Menurut Kendall, menulis di buku jurnal dapat membantu menempatkan atau mencurahkan segala macam yang dipikirkan dan dirasakan untuk memvisualisasikannya lebih jelas.

Pasalnya, tidak sedikit orang merasa cemas tapi kesulitan untuk mengungkapkan penyebabnya.

Sebuah studi juga menemukan bahwa orang yang mengalami kecemasan dan menulis jurnal selama 12 minggu, mengalami peningkatan kesejahteraan dan mengurangi gejala depresi.

3. Selalu bersyukur

Dalam Instagramnya, Kendall menyebutkan bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas semua berkah yang diterima dapat membantunya mengatasi kecemasan.

"Mengucapkan terima kasih atas semua berkah dan semua hal yang saya nantikan hari ini atau di bulan ini," tulisnya.

Apa yang diterapkan Kendall dapat disebut dengan gratitude journal yang merupakan praktik sederhana dengan menuliskan hal-hal yang kita syukuri.

Psikolog telah menunjukkan bahwa mereka yang sering menuliskan peristiwa dan pikiran positif, tingkat kesejahteraannya meningkat.

Meski kebiasaan itu tidak mengubah hidup atau mengobati depresi atau kecemasan klinis. Namun bisa melatih pikiran untuk fokus pada hal-hal baik di dalam hidup.

4. Sering berjemur saat pagi

Kendall kerap menyisihkan waktu untuk berjemur di pagi hari di taman atau halaman rumah yang tenang. Dia pun menuliskan "take in the sun".

Bukan lagi rahasia bahwa mendapatkan sinar matahari membuat kita merasa lebih baik, dan itu juga terbukti dalam sains.

Studi menunjukkan bahwa kurangnya paparan sinar matahari dapat menyebabkan penurunan produksi hormon serotonin atau "hormon bahagia".

Sinar matahari juga penting untuk membantu tubuh memproduksi cukup vitamin D, yang penting bagi kesehatan tulang, gigi, dan kekebalan tubuh.

5. Latihan pernapasan dan minum teh

Meminum teh dan menarik napas dalam seolah menjadi terapi Kendall Jenner untuk atasi gangguan kecemasan.

Kedua hal tersebut bermanfaat dalam meredakan stres dan rasa cemas.

Menurut Harvard Health, teknik mengambil napas dalam yang berasal dari perut mendorong pertukaran oksigen penuh di paru-paru, yang dapat memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah

Mereka yang menggunakan latihan pernapasan setiap hari, atau setidaknya secara rutin, dapat merasakan manfaat yang besar.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/04/07/140829520/5-kebiasaan-kendall-jenner-setiap-pagi-untuk-mengatasi-anxiety

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.