Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bosan Minum Air Putih Biasa? Infused Water Bisa Jadi Solusi

KOMPAS.com - Salah satu anjuran yang selalu digaungkan untuk mempromosikan kesehatan tubuh adalah meminum air putih dalam jumlah mencukupi.

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, air putih bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme, memberikan energi, mengurangi kembung, hingga memperbaiki kondisi kulit.

Beberapa orang kurang menyukai air putih karena rasanya yang tawar. Mereka beralih mengonsumsi minuman kemasan dengan berbagai rasa yang bisa berdampak buruk jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Nah, bagi kamu yang kurang menyukai air putih, ada solusi mudah.

Ahli gizi Lisa Young, PhD, RDN memiliki tips untuk menambahkan buah agar air putih menjadi lebih nikmat diminum.

Minuman yang dikenal sebagai infused water ini menyehatkan tubuh, dan bisa membantu upaya penurunan berat badan. Apa yang bisa ditambahkan? Ini dia.

1. Lemon

Tidak hanya memberikan rasa yang menyegarkan, lemon juga kaya akan vitamin C yang berkaitan dengan penurunan berat badan.

Studi yang dimuat dalam Nutrition & Metabolism Journal menunjukkan, wanita yang kekurangan vitamin C dikaitkan dengan obesitas dan kegemukan.

Young mencatat, lemom juga mengandung senyawa D-limonene yang bersifat anti-kanker, dan membantu meredakan heartburn.

Itulah sebabnya, lemon termasuk buah yang paling populer digunakan dalam infused water.

2. Mentimun

Mentimun termasuk buah yang ringan dan renyah yang baik untuk menurunkan berat badan, sehingga pas digunakan sebagai campuran dalam infused water.

"Mentimun tinggi kadar air dan rendah kalori," kata Young.

"Mentimun juga dapat bertindak sebagai diuretik dan menghilangkan retensi cairan (kondisi ketika tubuh mengalami kelebihan cairan)."

Satu mentimun mengandung sekitar 38,3 gram air. Kandungan airnya yang tinggi membuat kita merasa kenyang.

Karena jumlah kalori dalam mentimun terbilang rendah, buah ini cocok dijadikan camilan bagi mereka yang mau mengelola berat badan.

Pada studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, mengonsumsi makanan dengan kepadatan energi yang lebih rendah --seperti mentimun-- dikaitkan dengan penurunan berat badan.

3. Daun mint

"Daun mint mengandung sifat anti-inflamasi dan juga dapat menenangkan gangguan pencernaan dan menekan nafsu makan," catat Young.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine meneliti peran daun mint dalam pengobatan dan pencegahan obesitas.

Para peneliti menyimpulkan, daun mint memiliki kemampuan antioksidan kuat yang dapat membantu pengobatan dan pencegahan obesitas.

Infused water dengan daun mint pasti memberikan kesegaran disertai banyak manfaat.

4. Apel dan buah beri

Apel dan buah beri memiliki rasa yang lezat. Keunggulan lainnya, buah-buahan tersebut juga menjadi kombinasi yang pas saat ditambahkan ke air putih sebagai infused water.

Young menjelaskan, apel dan buah beri tinggi serat dan rendah kalori --cocok dijadikan buah untuk mengurangi berat badan.

Satu porsi bluberi mengandung 3,6 gram serat atau 14 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Sedangkan, satu porsi apel memiliki kandungan 2,6-3 gram serat atau 10-11 persen dari angka kecukupan gizi harian.

Makanan kaya serat dicerna lebih lambat daripada makanan yang rendah serat. Itu artinya, mengonsumsi buah apel dan buah beri akan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/11/114221920/bosan-minum-air-putih-biasa-infused-water-bisa-jadi-solusi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke