Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengurangi Keinginan Ngemil Malam Hari

Narasumber: dr.Diana F Suganda M.Kes, Sp.GK 

TANYA:

Saya laki-laki berusia 39 tahun, sehari-hari bekerja sebagai tim marketing. Setiap hari jadwal kerja saya rutin, dari pagi sampai jam 6 sore. Makan malam jam 7.30. Yang jadi masalah, setiap malam sekitar jam 10 saya sering merasa lapar lagi. Biasanya saya ngemil makanan atau makan pisang.

Sebenarnya saya takut gemuk, tapi kalau tidak makan saya tidak bisa tidur karena perut keroncongan. Saya minta saran dari dokter apa yang harus saya lakukan supaya tidak gampang lapar malam-malam. Terima kasih.

Firman, Surabaya

JAWAB:

Jika ingin mengatur BB, karena takut gemuk, maka total kalori harian harus diatur, tidak boleh berlebihan. Bahkan harus dengan kalori defisit atau intake makanan lebih sedikit daripada output.

Pastikan jumlah protein/lauknya cukup. Konsumsi lauk hewani diimbangi dengan nabati. Kalau lauknya cukup seharusnya tidak lapar lagi ya, karena protein itu bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

Namun jika protein cukup, sayuran cukup, tapi masih lapar di jam 10, bisa tambah dengan buah. Pilih buah yang kalorinya kecil seperti pir, apel, pisang. Atau bisa ambil protein sebelum tidur, misalnya minum segelas susu low fat sekitar 200 ml di malam hari.

Narasumber: dr.Diana F Suganda M.Kes Sp.GK dari RS Pondok Indah Jakarta

Kirimkan pertanyaan Anda seputar nutrisi dan gaya hidup sehat di sini. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/23/110247420/cara-mengurangi-keinginan-ngemil-malam-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke