Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Menjaga Keharmonisan Pernikahan Jarak Jauh, Begini Caranya

Tanpa komunikasi dan komitmen yang baik, bukan tak mungkin hubungan pernikahan jarak jauh bisa berantakan, sama saja seperti hubungan jarak jauh atau long distance relationship saat berpacaran.

Lantas, bagaimana menjaga hubungan pernikahan jarak jauh agar tetap harmonis?

Menurut founder dan CEO dari sekolah pengembangan komunikasi TalkInc, , sebenarnya menjaga hubungan pernikahan jarak jauh hanya memiliki satu kunci yaitu trust atau rasa percaya.Erwin Parengkuan

“Kalau saya sih cuma satu, trust. If you trust your spouse, you'll be free. (Kalau kita percaya pada pasangan, kita pun akan bebas),” ujar Erwin dalam webinar bertajuk TalkInc - Act of Kindness yang digelar pada Kamis (24/11/2022) lalu.

“Setuju. Landasan suatu hubungan itu trust kan ya? Kalau kita saling percaya, saling menghargai, ada kompromi, kemudian kita juga melakukan toleransi," tambahnya.

"Empat hal tersebut, mau dalam long distance relationship, mau dekat, itu akan membantu kita untuk bisa tetap saling menyayangi,” ujar Ajeng.

“Jadi kalau kita memahami empat hal tadi, yang menjadi pilar yang terus menerus harus kita perbaharui,"pesannya.

"Tentunya akan membuat kita menjadi pasangan yang nyaman satu sama lain. Itu akan membuat hubungan kita, mau jauh, mau dekat, akan tetap menjadi satu,” pungkasnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/11/27/100136320/tips-menjaga-keharmonisan-pernikahan-jarak-jauh-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke