Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Alasan yang Membuat Tikus Jadi Hewan Tercerdas di Dunia

KOMPAS.com - Ada fakta mengejutkan yang melibatkan tikus. Hewan pengerat yang satu ini sering disebut-sebut sebagai hewan tercerdas di dunia.

Situs yang mengulas tentang hewan A-Z-animals juga menyebut bahwa tikus termasuk ke dalam 10 hewan cerdas di dunia bersamaan dengan anjing, orangutan, babi, merpati, gajah, gurita, hingga simpanse.

Lantas apa saja yang membuat hewan yang sering dianggap hama oleh masyarakat ini memiliki tingkat kecerdasan melebihi jenis hewan lainnya?

Ada beberapa hal yang membuat tikus disebut-sebut sebagai hewan paling cerdas di dunia.

Bahkan kecerdasan mereka mungkin bisa membuat banyak orang terheran-heran karena selama ini tikus hanya dianggap sebagai hewan merugikan.

Melansir laman Terminix, berikut alasan tikus dianggap hewan yang punya tingkat kecerdasan yang mumpuni daripada jenis hewan lainnya.

1. Otak yang strukturnya mirip dengan manusia

Mungkin otak tikus ukurannya tidak sebesar otak manusia, tetapi fakta penelitian menyebutkan kalau otak tikus memiliki struktur dan fungsi yang mirip dengan otak manusia.

Terutama pada kemampuannya dalam melihat, ada beberapa anggapan bahwa tikus itu tidak mampu melihat dengan jelas.

Padahal peneliti Harvard telah membuktikan bahwa penglihatan dan kemampuan pemrosesan di otak mereka cukup mumpuni untuk mengenali objek 3 dimensi, meskipun ada perubahan ukuran dan orientasi.

Satu hal yang bikin kaget lagi, tikus dapat mengetahui kapan sebuah film menunjukkan atau menampilkan seekor tikus lainnya.

2. Perilaku yang di luar nalar

Ada sejumlah perilaku tikus yang menunjukkan tingkat kecerdasannya di atas rata-rata jenis hewan lain bahkan mungkin di antaranya di luar nalar kita.

Misalnya cara mereka berkomunikasi satu sama lain. Mereka dapat "berbicara" melalui bunyi "cicit" dan suara khas yang lain.

Tikus juga punya teknik vokalisasi yang dikenal sebagai vokalisasi ultrasonik (USV) berfrekuensi tinggi, sehingga mungkin manusia tidak dapat mendengarnya.

Selain itu, peneliti juga menemukan fakta bahwa tikus dapat bernyanyi.

Bentuk lain dari komunikasi tikus juga termasuk melalui urin yang mengandung feromon yang bisa menyebarkan pesan penting, bahasa tubuh seperti kedutan di ekor yang mampu mengindikasikan agresi.

Jenis tikus lain yang cerdas juga dapat dilihat dari perilaku mereka dalam pengasuhan anak-anaknya.

Misalnya pada spesies tikus rusa, mereka adalah hewan monogami yang menunjukkan kesetiaan dan pengasuhan orangtua sampai anak-anaknya tumbuh dewasa.

Tikus rusa juga dikenal membuat sarang untuk melindungi keluarganya dari pemangsa.

3. Tikus adalah makhluk sosial

Kebanyakan hewan pengerat adalah makhluk sosial. Mereka biasa hidup dalam kelompok, saling berkomunikasi, bekerja sama dan menampilkan perilaku sosial yang unik.

Menurut penelitian, tikus bisa menunjukkan perilaku menarik seperti berkomunikasi satu sama lain, membersihkan diri mereka, tidur hingga mencari makanan bersama dan bermain.

Mereka juga dikenal dapat menunjukkan agresi terhadap jenis tikus lain yang tidak masuk ke dalam kelompoknya.

4. Manfaatnya dalam uji laboratorium

Tak cuma diuji untuk penelitian biokimia yang diperuntukkan bagi manusia. Para ilmuwan telah lama menggunakan tikus dalam eksperimen psikologi selama lebih dari seratus tahun.

Tikus dianggap memiliki sebagian struktur otak yang mirip dengan otak manusia dalam kemampuannya mengambil keputusan.

Menurut peneliti, tikus bisa menemukan pola yang baik dan mematuhi aturan, dan mereka cenderung bisa menebak atau mengikuti intuisi ketimbang manusia.

Tikus juga dapat dilatih di laboratorium untuk mempelajari dan memahami perilaku manusia secara umum.

5. Kemampuan beradaptasi yang luar biasa

Hewan pengerat seperti tikus sebagian besar memiliki kemampuan beradaptasi yang luar biasa.

Mereka dapat bertahan hidup dan menyesuaikan diri dengan ketersediaan makanan, sampai kondisi lingkungan ekstrem berkat tingkat kecerdasan di atas rata-rata.

Bahkan kemampuan ini pun membuatnya mampu berkembang biak secara pesat dalam kondisi lingkungan apapun.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/04/120000020/5-alasan-yang-membuat-tikus-jadi-hewan-tercerdas-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke