Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ilmu Parenting Pangeran William dan Kate Middleton di Penobatan Raja Charles

Kehadiran Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis sukses mencuri perhatian publik dengan daya tariknya masing-masing.

Selain itu, para penggemar juga dibuat kagum dengan perilaku tanpa cela tiga bocah tersebut dalam seremonial yang tergolong panjang dan bisa membosankan bagi sebagian besar anak.

Cara Pangeran William dan Kate Middleton mengatur perilaku anak-anaknya

Gaya parenting Prince dan Princess of Wales memang sering membuat publik penasaran.

Dalam sorotan publik yang begitu intens, pasangan ini dinilai sanggup menjadi orangtua yang baik.

Dibuktikan dengan perilaku anak-anaknya yang santun tanpa kehilangan daya tariknya sebagai bocah.

Pakar bahasa tubuh asal London, Judi James mengatakan ada trik cerdas yang diterapkan pasangan ini agar perilaku anak-anaknya tetap terkendali berdasarkan bahasa tubuhnya.

Hal tersebut bisa dilihat dari sejumlah interaksi keluarga tersebut saat tampil di publik.

"Pada acara formal seperti upacara itu sendiri, kita bisa melihat penggunaan isyarat non-verbal dan tanda pengikat untuk berkomunikasi dengan anak-anak mereka," katanya, dikutip dari The Sun.

Peran Pangeran George dan Putri Charlotte

Perilaku kedua bocah ini menggambarkan pemujaan dan keinginan bawah sadar untuk menjadi seperti orangtua.

Putri Charlotte bersikap anggun sekaligus santai selama penobatan, mirip dengan perilaku ibunya.

Sedangkan Pangeran George yang berusia sembilan tahun tampil gagah dengan seragam lengkap dan tanggung jawab yang diembanya, seperti ayahnya.

Terlihat jika ia telah diberikan kepercayaan oleh orangtuanya untuk memegang kendali dan menjaga adik-adiknya dalam acara besar.

"Kedua anak tersebut kini juga mengambil tanggung jawab untuk menjaga satu sama lain, menunjukkan rasa saling menjaga satu sama lain serta adik laki-laki mereka," terang James.

Ia juga memastikan perilaku adiknya tetap terjaga selama kebaktian dengan bahasa tubuh dan sikapnya.

Di sisi lain, anak perempuan ini tak ragu menegur kakaknya ketika luput ikut mengibarkan bendera Inggris saat konser.

"Satu kata kunci untuk menggambarkan pesan yang tumbuh dari sinyal pengasuhan Kate dan William saat penobatan adalah kepercayaan," ujar James.

Dibuktikan ketika mereka dengan tenang dan bangga menyaksikan anak sulungnya menjadi pengiring Raja Charles menuju ke biara.

Sentuhan kecil

Pangeran William dan Kate Middleton masih memertahankan metode sentuhan untuk terhubung dengan anak-anaknya di momen yang dibutuhkan.

Kate Middleton terlihat mengawasi Louis dengan sangat halus selama acara dan menawarkan sentuhan kasih sayang lembut yang memotivasi ketika dia melakukan sesuatu dengan benar.

Sedangkan Pangeran William tak ragu menunjukan sikap hangatnya dengan membiarkan anak-anaknya duduk di pangguannya saat acara pramuka.

Menikmati acara

Kate Middleton dan Pangera William menunjukkan tanda-tanda kepercayaan pada anak-anak mereka lewat bahasa tubuhnya.

Pasangan ini tampil tenang, bahagia, dan terikat erat sebagai pasangan bahkan ketika mengawasi anak-anaknya sehalus sehingga mampu menekan tanda-tanda kecemasan atau ketegangan yang mungkin dirasakan buah hati mereka.

Bahasa tubuh positif ini lalu direspon oleh Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis dengan perilaku mereka sendiri.

Pasangan suami istri ini sukses menciptakan perpaduan sinyal martabat, kehormatan, kerja sama tim dan kesenangan dalam diri ketiga anaknya, yang kemudian bermanfaat dalam interaksi mereka.

Dibuktikan sikap menyenangkan dan kompetitif Pangera Louis dan Putri Charlotte dalam acara memanah, yang mirip dengan perilaku orangtuanya.

"William dan Kate menunjukkan bahwa mereka dengan jelas memahami kebutuhan semua anak mereka untuk belajar menikmati acara-acara kerajaan daripada menakut-nakuti mereka dengan melihat mereka sebagai tugas, membosankan, atau tantangan untuk dilalui," tandas James.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/11/091451820/ilmu-parenting-pangeran-william-dan-kate-middleton-di-penobatan-raja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke