Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mido Multifort TV Big Date, Arloji Vintage Bergaya TV Jadoel

Mido membuat Multifort TV Big Date, arloji stainless steel 40 mm yang chic dan sporty  dengan ketahan air hingga kedalaman 100 meter.

Produk inilah yang diperkenalkan dalam sebuah gelaran cocktail party di ballroom Park Hyatt hotel, Bangkok, Thailand, Kamis (29/6/2023) malam lalu.

Sebuah pesta yang berlangsung semarak dengan dekorasi tumpukan tivi-tivi tabung jadoel dikombinasikan dengan permainan lighting yang apik, digelar demi memperkenalkan produk ini.

Selain casing-nya yang sangat tahun 70-an, arloji ini memiliki tanggal besar pada pukul 12 dan kaliber otomatis dengan cadangan daya 80 jam. 

Casing berbentuk TV gaya jadul ini memang identik dengan jam tangan klasik yang hits di era 70-an dan 80-an.

Gaya ini juga ditemukan pada kreasi Patek Philippe, dan juga Rolex, Vacheron Constantin, Omega, Jaeger, Lip, dan banyak lainnya.

Casing persegi atau persegi panjang dengan sudut membulat yang bergaya vintage (teleskop sekarang berbentuk datar dan persegi panjang) adalah simbol dari era lampau.

Jadi, tak pelak lagi, para penggunanya ada yang bakal sedikit bernostalgia, atau untuk beberapa lainnya benar-benar menikmati gaya vintage meski mereka dari kalangan generasi muda.

Segmen yang lebih muda itu pula yang sepertinya disasar Mido dengan menggandeng salah satu aktor termahal Korea Kim Soo Hyun sebagai brand ambassador.

Soo Hyun pun dihadirkan dalam pesta yang berlangsung di Bangkok malam itu.

Dia muncul dengan setelan suit biru tua, dengan sebuah arjoli Multifort TB Big Date strap stainless steel ber-dial biru di pergelangan tangan kirinya.

Seperti halnya semua nama besar dalam jajaran pembuatan jam tangan, Mido juga menawarkan jam tangan dengan kotak berbentuk TV dalam katalognya di tahun 70-an dan 80-an.

Koleksi itu pun dipamerkan dalam perhelatan malam itu, berdampingan dengan lima varian terbaru Multifort TV BG.

Desain ini sekarang kembali dalam koleksinya dalam versi kontemporer yang di-retouch dengan mempertahankan gaya vintage-nya.

Salah satunya, berkat dial yang "disikat" dengan beberapa pilihan warna dial yakni biru, hijau, atau abu-abu kehitaman. Biru menjadi pilihan Kim Soo Hyun malam itu.

Sorotan lain dari Multifort TV Big Date (casing tripartit 40 mm, tahan air hingga 100 meter) ini, seperti namanya, adalah fungsi tanggal besarnya.

Bagian ini muncul pada posisi jam pada pukul 12 -sebuah fungsi yang juga ada pada koleksi Mido lainnya.

Seperti layaknya arloji sebesar ini, jarum jamnya - diamond faceted - dan penanda jamnya - berbentuk trapesium ditanam di setiap titik seperempatnya - dilapisi dengan bahan berpendar putih, sehingga dapat dibaca bahkan dalam gelap (pendaran biru).

Pada pukul 12, sebuah titik pada bezel datar berfungsi sebagai penanda, mengingatkan pada penanda jam bundar yang merupakan ciri khas koleksi Multifort.

Keseluruhannya dilindungi oleh kristal safir dengan lapisan anti-reflektif di kedua sisinya.

Jam tangan serbaguna yang apik namun sporty ini dilengkapi dengan Calibre 80 (mesin jam Swatch Group yang dapat ditemukan pada merek lain).

Juga, dilengkapi pegas keseimbangan Nivachron yang memperkuat daya tahannya terhadap guncangan dan magnet.

Bagian terakhir ini dapat dilihat melalui bagian belakang casing transparan, yang dihiasi dengan Côtes de Genève dan diukir dengan logo Mido.

Ada pun cadangan dayanya pun tergolong luar biasa, karena dapat bertahan selama 80 jam - dua kali lebih lama dari kaliber lain yang masih ada di pasaran.

Selain dial biru, yang dikenakan pada gelang stainless steel tiga mata rantai yang dipakai Kim Soo Hyun, peluncuran koleksi ini disertai dengan empat model lainnya: stainless steel dengan dial gradien hijau dan satu lagi dengan dial gradien hitam.

Lalu, ada dua versi lainnya dengan strap rubber biru tua dan jingga, yang sangat khas Mido.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/07/03/060000420/mido-multifort-tv-big-date-arloji-vintage-bergaya-tv-jadoel

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke