Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aktivitas Terbaik untuk Masa Pensiun Berdasarkan Zodiak

Namun tidak perlu khawatir, karena di masa pensiun kita tetap bisa melakukan berbagai macam aktivitas, baik itu hobi atau mencoba kegiatan baru.

Untuk membuat keputusan yang lebih mudah, seorang astrolog, Erin River Sunday, membagikan sejumlah aktivitas di masa pensiun terbaik bagi kita, berdasarkan zodiak.

1. Aries: Pickleball

Aries yang berapi-api dan energik tidak suka duduk diam,

"Mengorganisir sebuah klub jalan kaki atau liga pickleball akan menjadi ide yang tepat untuk membuat zodiak yang dikuasai Mars ini tetap bisa beraktivitas," kata Sunday.

Selama bisa menggerakkan tubuh (dan mungkin terlibat dalam kompetisi persahabatan), ini dapat mewujudkan energi klasik Aries.

2. Taurus: Kelas memasak

Apa cara yang lebih baik untuk memanjakan hati Taurus selain kelas memasak?

"Mengikuti kursus tentang cara membuat makanan yang sempurna, lalu mengundang keluarga atau teman untuk menyantapnya akan membuat zodiak yang dikuasai oleh Venus ini merasa terpuaskan," ungkap Sunday.

Sebagai pencinta kuliner, zodiak ini senang mengasah kemampuannya di dapur dan memilih menu yang sempurna dijadikan sebuah hidangan.

3. Gemini: Klub buku

Memiliki pikiran yang aktif dan keingintahuan yang tinggi adalah ciri utama Gemini, terlebih ketika usianya mulai bertambah.

"Ini adalah waktu yang ideal bagi mereka untuk mencari klub buku yang selalu ingin mereka ikuti tapi sepertinya tidak pernah punya waktu," terang Sunday.

Membiarkan pikiran Gemini bebas berkeliaran adalah salah satu kekuatan terbesar.

Jadi masuk akal jika mereka ingin mengobrol dan berkumpul dengan kelompok tentang bacaan favorit.

4. Cancer: Scrapbooking

Jika ada satu hal yang disukai Cancer, itu adalah menciptakan rumah yang nyaman untuk dinikmati orang yang mereka cintai.

"Para pensiunan Cancer menyukai proyek perbaikan rumah, dan membuat scrapbook karena itu akan membuat mereka tetap bernostalgia," kata Sunday.

Ditambah lagi, kunjungan rutin ke toko seni terdengar seperti tradisi yang sempurna bagi para pemilik zodiak rumahan.

5. Leo: Bermain dengan anak-anak

Sebagai seorang Leo yang [umumnya] adalah ekstrovert, mereka mungkin menghabiskan sebagian besar hidup dengan menjadi pusat perhatian.

Tapi sekarang setelah lebih tua, Leo lebih suka mengalami kegembiraan itu melalui mata seorang anak.

"Mengajak anak-anak makan es krim atau menonton pertandingan sepak bola akan membuat Leo yang berjiwa muda tetap bahagia," jelas Sunday.

Entah itu mengunjungi keluarga sendiri atau menjadi sukarelawan di organisasi yang membantu anak-anak, memanfaatkan jiwa anak-anak adalah hal yang dibutuhkan oleh zodiak ini di masa pensiun.

6. Virgo: Bermain puzzle

Menjaga pikiran tetap sibuk di masa pensiun adalah hal yang penting bagi Virgo. Sebagai zodiak yang perfeksionis, mereka ingin selalu tetap tajam.

"Bermain puzzle sangat cocok untuk zodiak ini, karena mereka bisa duduk berjam-jam tanpa gangguan untuk meletakkan segala sesuatu tepat pada tempatnya," jelas Sunday.

Dan karena mereka tidak segan memamerkan kemampuannya, bermain puzzle dengan teman-teman sangat ideal.

7. Libra: Berkebun

Sebagai zodiak yang dikuasai oleh Venus, planet kecantikan dan romantisme, selera Libra terhadap hal-hal yang indah terus berkembang selama bertahun-tahun.

"Mengikuti kelas merangkai bunga bersama teman-teman adalah aktivitas pensiun yang sempurna karena mereka dapat bersosialisasi sambil mengasah kepekaan estetika mereka," kata Sunday.

Dan jangan lupakan taman sendiri, di mana mereka dapat benar-benar berkreasi.

8. Scorpio: Berenang

Scorpio yang penuh gairah dan intens menghargai pelepasan yang baik.

Dan tidak ada cara yang lebih baik untuk mencapai katarsis semacam itu selain menjelajahi aktivitas air di masa pensiun.

"Scorpio juga merupakan zodiak air dan tidak keberatan melakukan segala sesuatunya sendiri, jadi berenang di kolam renang setempat dapat menenangkan pikiran, tubuh, dan jiwa mereka," jelas Sunday.

Dan jika ingin bersosialisasi, pertimbangkan untuk mengikuti kelas aerobik air.

9. Sagitarius: Mengamati burung

Jiwa petualang Sagitarius tampaknya tidak akan hilang seiring berjalannya waktu.

"Pensiunan Sagitarius pada dasarnya adalah seorang penjelajah," kata Sunday.

"Bergabung dengan klub pengamat burung akan membuat mereka berada di lingkungan baru yang mereka idamkan," terangnya.

Entah sedang bertamasya atau tersesat dalam budaya baru, ini adalah tentang perluasan dan merangkul jiwa bebas Sagitarius.

10. Capricorn: Perawatan diri

Capricorn telah bekerja sangat keras sepanjang hidup.

Jadi Sunday merekomendasikan perawatan diri sebagai cara terbaik untuk menghabiskan waktu luang.

"Berbelanja dengan cermat untuk hal-hal yang lebih baik dalam hidup akan mengingatkan Capricorn jika kerja keras akan terbayar di masa pensiun seperti halnya memanjakan diri di spa," jelas Sunday.

11. Aquarius: Menulis

Aquarius telah hidup lama sebagai jiwa yang inovatif dan masa pensiun menjadi waktu yang ideal untuk menunjukkan kepada dunia betapa bijaksananya mereka.

"Menulis atau membuat buletin akan menjadi hobi yang mendukung bagi para pensiunan Aquarius karena mereka akan dapat berbagi pemikiran unik mereka secara luas," kata Sunday.

Tapi, jika menulis blog atau menulis buletin tidak menarik, tidak ada kata terlambat untuk menulis novel yang selalu mereka impikan.

12. Pisces: Menjadi sukarelawan

Pisces selalu memanfaatkan sisi emosionalnya. Masa pensiun adalah saat yang tepat untuk mengulurkan tangan kepada organisasi atau lembaga sosial.

"Menjadi sukarelawan di perpustakaan lokal atau penyelamatan hewan akan mengisi hati mereka yang penuh empati dan membantu melewati hari-hari pensiun yang tak ada habisnya," kata Sunday.

Pisces tidak hanya akan melayani masyarakat yang lebih besar, tapi juga akan merasa senang.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/08/31/180239720/aktivitas-terbaik-untuk-masa-pensiun-berdasarkan-zodiak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke