Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Hal yang Membuat Orang Introvert Bahagia

Di sisi lain, mudah sekali bagi seorang introvert untuk merasa bahwa ada sesuatu yang salah dengan dirimu.

Sebagai contoh, ada beberapa hal --yang menurut kaum ekstrovert- adalah kondisi yang seharusnya menyenangkan, seperti pertemuan sosial yang besar, pesta kejutan, keluar malam, konser yang bising, tapi nyatanya tak demikian.

Sebab, bagaimana jika hal-hal tersebut malah membuat si introvert merasa takut, bukannya senang, dan membuat sengsara, kelelahan, dan merasa pusing berhari-hari?

Sebagai introvert, berada di sekitar orang lain dapat dengan cepat menguras energi.

Meskipun banyak dari introvert yang bisa menjalani gaya hidup ekstrovert untuk sementara waktu - dan bahkan mungkin menikmatinya - pada akhirnya mereka harus menyeimbangkannya untuk mengisi ulang tenaga dalam manisnya kesendirian.

Karena sifat alamiah kaum introvert itulah, hal-hal yang benar-benar membuat introvert merasa bahagia adalah hal-hal yang membuat dia merasaberarti, bukan yang menguras energi.

9 hal yang membuat orang introvert bahagia

1. Hewan peliharaan

Apakah ada yang lebih baik daripada melihat hewan peliharaan. Obrolan ringan bisa jadi melelahkan bagi para introvert, bahkan saat berada di sekitar orang-orang yang dikenal pun.

Adalah hal yang normal untuk tertarik pada hewan peliharaan yang tidak mengharapkan percakapan.

Bagaimana pun, hewan adalah sahabat terbaik bagi seorang introvert.

Sebagai bonus, pengalaman sentuhan saat membelai hewan dapat memberikan kelegaan jika si introvert merasa terlalu terstimulasi.

Introvert dan hewan peliharaan sangat cocok satu sama lain - mereka memberikan semacam persahabatan yang didambakan oleh para introvert.

Mereka sangat senang duduk berdampingan tanpa mengharapkan percakapan.

Hewan peliharaan tidak akan bertanya mengapa kita begitu pendiam atau khawatir bahwa kita tidak menyukai mereka hanya karena tidak ingin berbicara.

Hewan peliharaan menerima kita apa adanya.

2. Minuman hangat, hal pertama di pagi hari

Dunia bisa menjadi tempat yang bising. Siapa yang ingin langsung beraksi di pagi hari? Banyak orang introvert lebih suka memulai hari dengan lambat dan tenang sebelum keluar ke dunia.

Pada saat-saat awal ketika masih sendirian, tidak ada yang bisa menandingi minuman hangat pertama di pagi hari.

Bagaimana pun cara kita memulai hari -tetap mengenakan baju tidur dan menikmati udara segar- tegukan pertama minuman hangat adalah momen yang benar-benar sakral.


3. Satu teman yang dapat diajak berbagi dunia batin

Orang introvert memiliki kehidupan batin yang kaya, penuh dengan pemikiran yang dalam dan bermakna -dan mungkin pula terkadang konyol.

Dunia batin tersebut biasanya merupakan suatu tempat yang kita kunjungi sendirian sehingga hanya ada kita dan pikiran kita.

Ini adalah salah satu cara mengisi ulang tenaga setelah menghabiskan waktu di sekitar orang lain.

Meskipun kebanyakan orang akan lebih tertarik dengan penampilan luar, menemukan satu orang yang ingin berbagi dunia batin akan terasa seperti akhirnya kita terlihat.

Dia hanya "mengerti" kita. Ini adalah orang yang dapat kita ajak menghabiskan waktu bersama sambil tetap mengisi ulang energi.

Kita tidak akan meninggalkan dia dengan perasaan yang benar-benar terkuras.

Orang seperti ini sangat jarang ditemukan, namun begitu kita menemukannya, dia adalah seseorang yang akan kita pertahankan.

4. Memiliki malam sendirian

Pernahkah kamu setuju untuk pergi keluar saat merasa bersemangat dan mudah bergaul, hanya untuk menyesalinya saat waktunya tiba?

Bahkan jika itu adalah sesuatu yang tampaknya sangat menyenangkan, bisa jadi sulit untuk menikmati diri sendiri, sebab kita tidak merasakannya. Lalu, kita lebih memilih untuk tinggal di rumah, menikmati kesendirian, dan membaca buku.

Ketika kamu menerima telepon atau pesan singkat bahwa rencana tersebut dibatalkan, perasaan lega akan mengalir dalam dirimu.

Malam menjadi milikmu. Pada saat-saat itu, berganti pakaian dengan piyama dan meringkuk di sofa terasa lebih baik daripada biasanya. Sebab, itu adalah "waktu sendiri" yang telah kita berikan untuk diri sendiri.


5. Mematikan ponsel- semakin lama, semakin baik

Terkadang, mengirim pesan singkat pun bisa melelahkan. Hal ini terutama berlaku jika kita adalah seseorang yang kesulitan mengatasi gangguan saat mencoba untuk fokus.

Jika kita berada dalam obrolan grup, atau memiliki teman, anggota keluarga, atau rekan kerja yang sangat cerewet, dengungan atau dering yang tak henti-hentinya semacam itu bisa melelahkan.

Bahkan jika ponsel dalam keadaan hening, melihatnya menyala dengan pesan teks atau email sudah cukup untuk menarik perhatian.

Sesekali, mematikan ponsel dan benar-benar mencabut diri dari dunia dapat membantu introvert mendapatkan kedamaian dan ketenangan yang dibutuhkan.

6. Pergi keluar sendirian

Pernahkah kamu merasa sendirian di tengah keramaian?

Beberapa tempat memberikan kita perasaan sendirian, bahkan ketika kita dikelilingi oleh banyak orang, dan itu bisa sama menyegarkannya dengan bersembunyi di dalam rumah.

Jadi pergilah sendirian untuk menjelajahi toko-toko atau makan siang tanpa perlu berkoordinasi dengan orang lain.

Pergi ke bioskop atau teater sendirian menawarkan kebahagiaan tersendiri; saat lampu dimatikan, kita bisa menikmati cerita di layar atau panggung di depan.

7. Traveling sendirian

Beberapa orang mungkin menganggap bepergian sendirian mengintimidasi, tapi ternyata bisa membebaskan bagi seorang introvert yang suka bertualang.

Sama seperti tamasya sendirian, bepergian sendirian membuat kita sepenuhnya berada di "kursi pengemudi".

Kita tidak perlu mengoordinasikan rencana atau repot-repot mengobrol di sepanjang jalan.

Sebaliknya, kita dapat menikmati pikiran sendiri dan kebersamaan dengan orang lain di lingkungan yang baru.


8. Terbenam dalam buku, film, atau acara TV

Introvert cenderung memiliki imajinasi yang aktif; mereka suka melamun dan ini merupakan bagian dari dunia batin yang kaya yang mereka miliki.

Hal ini membuat mereka menjadi audiens yang sempurna untuk sebuah cerita yang bagus.

Menemukan sebuah buku, atau film atau acara TV untuk ditonton sendirian, menawarkan jalan keluar untuk imajinasi itu.

Karakter fiksi bahkan dapat memberikan perasaan persahabatan jika dikembangkan dengan cukup baik.

Dengan cerita yang tepat, para introvert dapat tersesat di dalamnya selama berjam-jam dan muncul dengan perasaan segar.

9. Memesan makanan, pakaian, atau barang-barang hobi secara online

Memesan makanan memang bagus, tapi melakukannya tanpa harus berbicara dengan siapa pun bahkan lebih baik.

Aplikasi pesan antar makanan memudahkan para introvert untuk mendapatkan makanan yang diantarkan ke rumah tanpa harus berinteraksi dengan orang lain.

Ini sangat cocok untuk akhir pekan, ketika kita tidak memiliki rencana besar untuk pergi ke mana-mana, tidak bertemu siapa pun, dan hanya tinggal di rumah.

Tapi ini bukan hanya makanan. Kita juga dapat memesan kebutuhan rumah tangga, atau pakaian secara online.

Tentu saja, kita tidak ingin selalu berada di rumah, tetapi pada hari-hari ketika kita merasakan mabuk introvert yang kuat setelah banyak bertemu orang, pengiriman bisa menjadi anugerah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/09/11/110000120/9-hal-yang-membuat-orang-introvert-bahagia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke