Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Aktivitas di Pagi Hari untuk Meningkatkan Produktivitas

Akibatnya, produktivitas kita menurun yang bisa berdampak pada kinerja di kantor maupun agenda lainnya yang harus diselesaikan.

Maklum saja, sulit rasanya mengatur mood kembali setelah menikmati libur akhir pekan dengan bersantai.

8 aktivitas pagi hari untuk meningkatkan produktivitas

Mengatur rutinitas pagi hari yang positif bisa menjadi kunci untuk meningkatkan produktivitas sepanjang hari.

Suasana hati juga lebih baik sehingga bisa melakukan berbagai kewajiban dengan optimal.

Berikut adalah berbagai aktivitas yang disarankan:

Siapkan sejak malam sebelumnya

"Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan memulai rutinitas pagi Anda pada malam sebelumnya," kata Donna McGeorge, pakar produktivitas AS.

Sebelum tidur, luangkan waktu untuk memutuskan apa yang akan dikenakan keesokan harinya dan mengesampingkannya, merencanakan menu makan, dan meninjau kembali jadwal kita.

Selesaikan tugas-tugas mudah ini di malam hari agar beban di pagi hari lebih ringan.

Olahraga

"Menggerakan tubuh di pagi hari dapat membantu meningkatkan tingkat energi dengan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otot dan otak," kata Mia Syn, MS, RDN, ahli gizi terdaftar.

“Gelombang energi ini dapat membantu Anda merasa lebih terjaga dan waspada, sehingga lebih mudah menyelesaikan tugas sepanjang hari,” tambahnya.

Olahraga atau lebih aktif di pagi hari juga terbukti meningkatkan fungsi kognitif dan memicu pelepasan endorfin, yang merupakan mood booster alami.

“Memulai hari dengan berolahraga dapat membuat pikiran Anda lebih positif dan fokus, mengurangi stres dan kecemasan yang mungkin menghambat produktivitas Anda,” kata Syn.

Menurutnya, sarapan menu seimbang dengan alokasi protein, lemak, dan karbohidrat kompleks yang tepat memberikan nutrisi penting bagi tubuh dan menstabilkan gula darah.

Kita juga bisa meningkatkan fokus, dan mempertahankan tingkat energi, meningkatkan kesehatan dan produktivitas secara keseluruhan.

Selesaikan tugas yang membebani mental lebih dulu

Ada beberapa aktivitas yang mungkin terasa lebih mudah dilakukan di pagi atau sore hari, sesuai kepribadian kita.

"Banyak orang yang paling waspada secara mental di pagi hari hingga sekitar tengah hari," kata McGeorge.

Ia menyarankan, menyelesaikan hal yang paling menguras mental dan pikiran di pagi hari.

"Sore hari lebih baik untuk hal-hal yang memerlukan ketangkasan fisik, atau hal-hal yang tidak perlu dipikirkan dan dapat dilakukan dengan autopilot.”

Buat to-do-list

Awali pagi hari dengan membuat daftar hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari.

“Membuat daftar hal yang harus dilakukan memungkinkan Anda melihat dengan jelas apa yang perlu dilakukan, dan berdasarkan urutan kepentingannya,” kata Krystal Conner, life coach kenamaan AS.

Membuat to-do-list, mengatur jeda istirahat yang rasional dan mampu menyelesaikannya dengan baik akan memberikan perasaan produktif yang baik untuk mental.

“Cara kita menjaga ruangan (ruangan,meja, ruang kerja, dll.) merupakan indikasi bagaimana perasaan kita di dalam,” kata Conner.

"Memastikan tempat tidur Anda dirapikan di pagi hari adalah awal yang baik untuk menjernihkan kamar dan pikiran Anda. Selain itu, saat Anda merapikan tempat tidur, Anda mengurangi godaan untuk kembali ke tempat tidur untuk tidur lebih lama."

Terapkan mindfulness

Praktik mindfulness, seni berpikir dan bertindak dengan penuh kesadaran, di pagi hari baik untuk menjernihkan pikiran dan mengatur mood sebelum memulai hari.

“Saat otak kita dibebani dengan pemikiran tentang daftar tugas yang tak ada habisnya, kita bisa mulai mengalami kelelahan dalam mengambil keputusan,” kata Conner.

"Memulai hari Anda dengan latihan teratur akan memberikan struktur."

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/10/30/070000520/8-aktivitas-di-pagi-hari-untuk-meningkatkan-produktivitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke