Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Produk Lokal Favorit Para Pengguna Shopee Selama 2023

KOMPAS.com - Produk lokal semakin diminati masyarakat Indonesia.

Terbukti, platform belanja online, Shopee mencatat adanya peningkatan transaksi produk dari merek lokal, termasuk UMKM sepanjang 2023.

“Dengan mutu kualitas yang semakin tinggi, produk lokal telah menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam berbagai kebutuhan sehari-hari," terang Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, dalam rilis media yang diterima Kompas.com.

Berikut adalah 10 produk lokal paling laris di Shopee untuk kategori fesyen, aksesori, kecantikan, hingga makanan dan jajanan Nusantara:

Celana kulot

Produk fesyen lokal menjadi salah satu kategori produk lokal favorit para pengguna sepanjang tahun ini, termasuk celana kulot.

Setelan pakaian ini memberikan kombinasi kenyamanan sekaligus gaya yang trendi sehingga jadi favorit banyak orang.

Rok batik lilit

Item fashion lainnya yang juga banyak dibeli di Shopee selama 2023 adalah rok batik lilit yang menggabungkan keanggunan tradisional dan sentuhan modern.

Agaknya, ini dipengaruhi tren outfit berkain tradisional di kalangan generasi muda sehingga batik semakin diminati.

Hijab pashmina

Produk lokal favorit lainnya adalah hijab pasmina yang digemari karena fleksibilitas desainnya.

Banyak perempuan menjadikan outfit ini ntuk mix & match dengan berbagai gaya dalam kesehariannya.

Bahan yang lembut dan ringan juga memberikan kenyamanan sepanjang hari sehingga jadi kesukaan warganet.

Dompet

Dompet dari brand lokal juga masuk dalam daftar favorit khususnya dalam hal aksesori.

Khususnya untuk dompe saku yang fungsional dengan desain stylish, yang memberikan kemudahan sekaligus look yang tetap bergaya.

Sneakers

Minat pada sepatu lokal juga semakin tinggi karena sneakers termasuk dalam daftar produk favorit lainnya di Shopee.

Berbagai desain yang inovatif, ditambah dengan bahan berkualitas tinggi, berhasil membuat sepatu sneakers karya brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat dalam beraktivitas.

Tren ini diamini Adhitya Caesarico, selaku Owner Aerostreet yang menyebut banyak anak muda kini semakin bangga mengenakan sneaker lokal.

"Hal ini tentunya tak lepas dari upaya dan strategi brand lokal dalam membangun budaya pop di masyarakat lewat inovasi sepatu sneakers yang semakin trendy mengikuti perkembangan preferensi skena sneakers global," tambahnya.

Basreng

Basreng alias baso goreng menjadi camilan favorit terbaru.

Cita rasa yang gurih dan familiar di lidah orang Indonesia menjadi alasan utamanya, apalagi banyak produk menambahkan varian yang dibalut selera kekiniah sehingga berhasil menjadi pilihan favorit baru para pejcinta kuliner lokal.

Sambal

Selain itu, beragam varian sambal dengan rasa autentik dari berbagai penjuru nusantara turut menjadi pilihan favorit penikmat kuliner di tahun ini.

Sebagai warisan rasa Indonesia, sambal memiliki citarasa pedas yang kaya akan kenikmatan rempah-rempah.

Kini terdapat banyak sekali UMKM lokal yang mampu mengkreasikan beragam olahan sambal dengan citarasa kuliner khas Nusantara.

Sunscreen

Kesadaran untuk memberikan perlindungan kulit yang optimal dari sinar matahari sepertinya makin meningkat, apalagi di negara tropis seperti Indonesia.

Minat pada produk sunscreen lokal yang sesuai karakteristik kulit lokal juga ikut naik untuk menjaga kulit dari efek buruk paparan matahari.

Toner dengan kandungan alami juga masuk deretan produk lokal favorit di Shopee, khususnya yang bermanfaat menjaga kelembaban dan menyegarkan kulit wajah selama seharian.

Lipstik

Produk favorit lainnya adalah lipstik dari berbagai brand lokal yang pilihan warnanya juga semakin variatif dan sesuai tone kulit orang Indonesia.

Bahan baku alami dan ramah untuk kulit juga menjadi faktor yang memengaruhi.

Monica Vionna menambahkan, berbagai produk lokal ini bisa didapatkan juga selama kampanye 12.12 Birthday Sale hingga 12 Desember mendatang.

Para pengguna bisa memanfaatkan sejumlah penawaran menarik termasuk Pesta Gratis Ongkir Rp0, Gebyar Promo, dan Bonus Akhir Tahun 12M.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/11/29/125431120/10-produk-lokal-favorit-para-pengguna-shopee-selama-2023

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke