Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Permainan di Rumah Bersama Anak Saat Hujan, Punya Segudang Manfaat

KOMPAS.com - Musim hujan tidak menjadi halangan untuk melakukan aktivitas seru bersama anak-anak. Meskipun tidak bisa bermain di luar rumah atau berwisata, orangtua bisa mengajak anak-anak bermain di rumah. 

Tak sekadar nonton TV atau Youtube, permainan di rumah bersama anak tersebut bisa meningkatkan kreativitas dan bonding antara orangtua dan buah hati, lho. 

  • Anak Alami Post Holiday Blues Setelah Libur Panjang, Lakukan 5 Hal Ini
  •  Apakah Anak-anak Perlu Membuat Resolusi Tahun Baru? Ini Kata Pakar

Permainan di rumah bersama anak bisa dilakukan secara murah meriah. Cukup dengan memanfaatkan barang-barang di rumah, orangtua bisa menciptakan permainan yang seru. 

Ide permainan di rumah bersama anak

Berikut ide permainan di rumah bersama anak saat hujan, seperti dilansir dari Real Simple dan Southern Living.

1. Petak umpet

Permainan klasik ini, selalu seru untuk dimainkan ramai-ramai dengan anak-anak. Tidak peduli dengan hujan di luar, semua orang bisa menikmati permainan seru di dalam rumah tersebut. 

Selain seru, bermain petak umpet di dalam rumah tak butuh biaya sepeser pun. 

Menyusun puzzle bersama anak ternyata banyak manfaat, lho. Selain seru, menyusun puzzle dapat meningkatkan kreativitas anak. 

Jika tidak memiliki puzzle di rumah, kamu bisa menggunakan aplikasi permainan puzzle di smartphone. 

3. Busa sabun 

Anak-anak pastinya tidak akan menolak jika diajak bermain busa sabun. Kamu bisa membuat busa sabun yang melimpah dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah. 

Cukup dengan mencampurkan setengah gelas sabun cair, satu sendok makan gula atau madu, dan satu putih telur. Tuangkan seluruh campuran tersebut di bak mandi, kemudian aliri dengan air. 

Selain untuk permainan, DIY busa sabun itu punya beragam manfaat, lho. Contohnya, madu dapat mempertahankan kelembapan kulit. 

Sementara, putih telur membantu menciptakan gelembung yang tahan lama. Selain anak-anak, DIY busa sabun itu bisa digunakan oleh orang dewasa dengan menambahkan essential oil. 

Ajak anak-anak membuat kerajinan tangan untuk meningkatkan kreativitas mereka sembari menanti hujan reda. Cobalah beberapa kerajinan tangan, seperti merajut, merenda, atau melukis.

Apresiasi setiap karya mereka dengan membingkainya dan memajangnya di kamar anak. 

5. Bermain peran 

Bermain peran adalah permainan sederhana namun kaya manfaat. Ragam manfaat bermain peran bagi anak-anak adalah untuk melatih kreativitas, kemampuan komunikasi, sikap empati, dan mengekspresikan emosi. 

Kamu bisa mengajak anak-anak memilih peran yang dia inginkan seperti menjadi dokter, polisi, pahlawan super, dan lainnya. 

Selain bermain, orangtua juga bisa mengajak anak-anak membaca buku cerita. Kegiatan sederhana ini mempunyai segudang manfaat buat anak dan orangtua. 

Misalnya, meningkatkan kemampuan bahasa anak, mengembangkan daya imajinasi anak, melatih daya ingat, memperkenalkan hal baru, mempererat hubungan orangtua dan anak, dan sebagainya. 

7. Memasak 

Tak hanya bermain, aktivitas lain yang bisa dilakukan di rumah sembari menanti hujan reda adalah memasak. Kamu bisa mengajak anak-anak memasak makanan kegemarannya. 

Jangan khawatir berantakan, ya. Sebab, aktivitas memasak bersama anak ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan kreativitas anak dan memupuk kemandirian mereka. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/05/181128520/7-permainan-di-rumah-bersama-anak-saat-hujan-punya-segudang-manfaat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke