Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2024, 07:07 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjaga kebersihan rambut memang penting. Tetapi apakah kita harus mencuci rambut setiap hari? Apakah keramas setiap hari justru bisa membuat rambut rontok? Pertanyaan ini seringkali mengundang perdebatan di kalangan masyarakat.

Menurut dr. Nur Anindhawati Sp. BP-RE, seorang pakar kesehatan kulit dan rambut, jawabannya tergantung pada kondisi kulit kepala masing-masing individu.

"Setiap orang memiliki kondisi kulit kepala yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk memahami kebutuhan spesifik kulit kepala sebelum memutuskan frekuensi keramas," ujar dr. Nur di Hair Transplantation Gathering oleh The Clinic Beautylosophy, Jakarta Selatan, Kamis (20/06/2024).

Baca juga: 7 Kesalahan Saat Keramas yang Bikin Rambut Rontok

Kondisi kulit kepala berbeda, kebutuhan keramas pun berbeda

Tidak semua orang memiliki kondisi kulit kepala yang sama. Ada yang memiliki kulit kepala berminyak, ada pula yang kering. Kondisi ini sangat menentukan seberapa sering kita harus keramas.

Bagi mereka yang memiliki kulit kepala berminyak atau sering berkeringat, keramas setiap hari bisa jadi tidak kan menimbulkan masalah.

"Kulit kepala yang berminyak cenderung memproduksi lebih banyak minyak, sehingga keramas setiap hari bisa membantu menjaga kebersihan dan kesehatan rambut," jelas dr. Nur.

Namun, lain halnya dengan mereka yang memiliki kulit kepala kering. Keramas setiap hari justru bisa memperburuk kondisi kulit kepala.

"Keramas terlalu sering pada kulit kepala yang kering bisa membuatnya semakin kering dan gatal," tambah dr. Nur.

Untuk jenis kulit kepala ini, disarankan untuk memberikan jeda beberapa hari antara waktu keramas, misalnya tiga kali seminggu.

Baca juga: Agar Rambut Tak Rontok, Berapa Kali Harus Keramas dalam Seminggu?

Menyesuaikan penggunaan sampo dengan kebutuhan

Memilih sampo yang tepat juga merupakan hal yang krusial. Dokter Nur menyarankan agar kita memilih sampo yang sesuai dengan kondisi kulit kepala kita.

"Tidak semua sampo cocok untuk semua jenis kulit kepala. Penting untuk membaca kandungan sampo dan menyesuaikannya dengan kebutuhan spesifik kita," ungkapnya.

Artinya, pemilik kulit dan rambut kering sebaiknya menyesuaikan jenis sampo yang akan dipakainya, begitu juga dengan pemilik kulit atau rambut berminyak.

Baca juga: Keramas Setiap Hari Bisa Bikin Rambut Cepat Rontok dan Rusak?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com