Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Minuman Terburuk untuk Turunkan Berat Badan, Ada Jus Buah

KOMPAS.com - Beberapa jenis minuman dapat menjadi penyebab kenaikan berat badan karena seringkali mengandung gula tambahan dan kurang bernutrisi.

Tidak seperti makanan padat, minuman mungkin tidak memicu rasa kenyang yang sama, sehingga menyebabkan peningkatan asupan kalori secara keseluruhan sepanjang hari.

Selain itu, minuman manis juga bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah, yang mendorong tubuh untuk menyimpan kelebihan gula sebagai lemak.

Oleh sebab itu, memperhatikan kalori tersembunyi dalam minuman sangat penting bagi yang ingin menurunkan berat badan secara berkelanjutan, karena minuman yang tampaknya tidak berbahaya pun dapat menambah kalori ekstra yang menyebabkan kenaikan berat badan.

Daftar minuman terburuk untuk turunkan berat badan

Jika kita ingin menurunkan berat badan atau sekadar menjaga berat badan di angka yang ideal, perhatikan beberapa pilihan minuman sebaiknya dikurangi atau bahkan dihindari berikut ini.

1. Jus buah

Terlepas dari citranya yang sehat, banyak jus buah yang sebenarnya sarat dengan gula tambahan sehingga dapat menghambat upaya penurunan berat badan kita.

Para ahli diet memperingatkan agar tidak mengonsumsi minuman yang tampaknya sehat --apalagi dalam bentuk kemasan-- karena gula pekat yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan peningkatan asupan kalori.

"Banyak orang yang percaya bahwa jus buah adalah minuman yang sehat, meskipun dibuat dengan 100 persen buah," kata ahli diet dan olahraga dari Garage Gym Reviews, Destini Moody, RDN, CSSD, LD.

Jadi, meskipun jus buah mengandung lebih banyak nutrisi daripada minuman seperti soda, jus buah tidak memiliki serat dari buah utuh. Ini berarti jus tidak akan memberikan rasa kenyang seperti halnya makan buah, dan ini membuat kita mengonsumsi kalori lebih cepat.

2. Latte

Kopi hitam mungkin mengandung antioksidan dan memberikan manfaat lainnya, namun tidak sama halnya dengan kopi susu kekinian seperti frappuccino dan latte.

Menurut Moody, minuman seperti latte dapat mengandung susu, krim, gula tambahan, dan whipped cream.

"Meskipun minum secangkir kopi di pagi hari tidak masalah untuk menurunkan berat badan karena kopi hitam mengandung sedikit atau bahkan tanpa kalori, namun minum latte setiap hari dapat membuat penurunan berat badan menjadi lebih sulit," katanya.

Lain kali jika kita menginginkan kopi yang kaya rasa dan lembut, pertimbangkan untuk memilih kopi hitam yang lebih sederhana atau alternatif tanpa pemanis yang jauh lebih rendah kalori.

3. Minuman beralkohol

Meskipun minuman beralkohol mungkin tidak terlalu manis, minuman ini juga berkontribusi signifikan terhadap kenaikan berat badan.

Hal ini karena setiap gram alkohol mengandung tujuh kalori.

"Alkohol memiliki efek merusak pada metabolisme karena menyimpan lemak dan menurunkan gula darah yang menyebabkan kita merasa lebih lapar," jelas Moody.

"Selain efek tersebut, alkohol seperti bir dan koktail juga mengandung gandum, jus buah, soda, dan sirup yang dapat membuat kandungan kalorinya meroket," ujar dia.

4. Susu oat yang ditambah pemanis

Susu oat atau oat milk menawarkan pilihan susu untuk vegan dan mereka yang sensitif terhadap laktosa.

Namun kandungan gula dan kalorinya yang ditambahkan mungkin bisa meningkatkan berat badan.

"Masalah dengan susu nabati ini adalah, dibandingkan dengan pengganti vegan lainnya seperti kedelai, susu ini cenderung kekurangan protein tetapi tinggi karbohidrat," kata Moody.

Ini bisa berbahaya bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Sebab, mengonsumsi minuman tinggi karbohidrat dengan cepat menyebabkan lonjakan gula darah yang berarti susu oat dapat meningkatkan asupan kalori dan nafsu makan.

5. Minuman berenergi

Meskipun menjanjikan peningkatan energi yang cepat, minuman berenergi seringkali mengandung tambahan gula dan kafein, yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi manajemen berat badan.

Sebagai gantinya, pilihlah sumber energi alami seperti diet seimbang yang berpusat pada makanan utuh dan tidur nyenyak.

Sama halnya dengan kopi, orang mungkin minum minuman berenergi setiap hari atau beberapa kali sehari.

Namun minuman ini biasanya mengandung gula tambahan atau jenis kalori lainnya untuk meningkatkan rasa.

"Jadi jika kita sedang berusaha menurunkan berat badan, membiasakan diri untuk minum minuman berenergi bukanlah ide yang baik," terang Moody.

6. Soda manis

Sarat dengan gula dan tanpa nilai gizi, minuman bersoda memberikan nutrisi kosong yang tidak sehat.

Para ahli diet menyarankan memilih air putih, teh herbal, atau infused water untuk pilihan yang menyegarkan dan menghidrasi tubuh tanpa gula yang tidak perlu.

"Dari sudut pandang keseimbangan energi, diet soda sebenarnya lebih baik untuk menurunkan berat badan daripada versi penuh kalori dan penuh gula," kata Gianna Masi, CPT, RDN, seorang pelatih pribadi dan ahli diet terdaftar di Barbend.

Namun sebaiknya kita tetap menghindari minuman soda apa pun untuk membuat perjalanan menurunkan berat badan menjadi lebih efektif.

7. Lemonade

Lemonade atau air lemon mungkin tampak tidak berbahaya, namun ada jenis yang kandungan gulanya dapat meningkatkan kalori.

Maka, memilih perasan lemon segar murni atau versi yang sedikit dimaniskan bisa menjadi alternatif yang lebih ramah bagi berat badan.

"Kalori dari gula tambahan yang dikonsumsi melalui minuman bukanlah pilihan yang tepat saat kita ingin mengatur berat badan," kata Masi.

"Mengonsumsi kalori minimal melalui sumber minuman adalah strategi yang bisa diterapkan oleh banyak orang," saran dia.

8. Smoothie buah tanpa protein

Smoothie, yang sering dianggap sehat, dapat berubah menjadi bom gula ketika kekurangan protein.

Protein adalah makronutrien paling mengenyangkan yang dapat membantu manajemen berat badan.

Berikan tambahan protein pada smoothie buah dengan menambahkan greek yogurt atau bubuk protein untuk membuatnya lebih ramah terhadap penurunan berat badan.

"Meskipun smoothie buah bisa menyehatkan, minuman ini juga bisa membuat orang merasa tidak kenyang," ujar Masi.

Bila tujuannya adalah menurunkan berat badan, yang terbaik adalah mengonsumsi smoothie buah dengan tambahan protein atau satu porsi lemak untuk memastikan kita merasa lebih kenyang.

Selain itu, protein juga dapat membantu kita merasa kenyang dan membentuk massa otot tanpa lemak, yang merupakan dua hal yang saling menguntungkan untuk tujuan penurunan berat badan.

9. Minuman olahraga

Diklaim dapat meningkatkan hidrasi selama aktivitas fisik yang intens, minuman olahraga tidak seperti yang dibayangkan.

Minuman ini seringkali mengandung gula yang tinggi dan tidak memiliki nutrisi, sehingga menyebabkan kita mengonsumsi kalori ekstra tanpa nutrisi.

Jika ingin tetap terhidrasi selama berolahraga, pilihan yang paling aman adalah air putih.

"Kita tidak membutuhkan minuman olahraga untuk menghidrasi tubuh secara memadai," kata Masi.

Minuman olahraga akan memberikan tambahan kalori dan gula, yang baik untuk atlet atau orang yang perlu mengisi kembali cadangan glikogen saat berolahraga.

"Jadi mereka yang memiliki tujuan penurunan berat badan hanya perlu minum air putih atau memilih versi tanpa pemanis atau bebas gula saat olahraga," saran dia.

10. Minuman viral dengan minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki tempat dalam diet sehat. Tetapi penggabungannya ke dalam minuman yang sedang viral saat ini mungkin tidak sesuai dengan tujuan penurunan berat badan karena kepadatan kalorinya yang tinggi.

Menurut USDA, satu sendok makan minyak zaitun menyediakan 124 kalori dengan nilai gizi yang kecil.

"Setiap kali kita menambahkan energi tambahan dan meningkatkan kepadatan energi pada sesuatu yang mudah dikonsumsi, terutama minuman, ini akan meningkatkan total kalori yang kita konsumsi," jelas Masi.

Ia menjelaskan, lemak mengandung sembilan kalori per gram, dan ketika kita menambahkan minyak zaitun atau makanan berlemak tinggi ke dalam produk yang dapat diminum, maka kita akan mengonsumsi kalori dalam jumlah besar secara singkat, yang tidak akan membantu manajemen berat badan.

"Sebaiknya, sebarkan asupan lemak sepanjang hari dan hindari minum lemak ekstra yang tidak perlu, seperti menambahkan minyak zaitun ke dalam minuman," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/18/121200920/10-minuman-terburuk-untuk-turunkan-berat-badan-ada-jus-buah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke