Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Disiapkan 

KOMPAS.com - Mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir adalah hal yang menyenangkan bagi calon ibu saat menyambut buah hati. Namun, terkadang calon ibu kebingungan apa saja perlengkapan bayi baru lahir. 

Sebab, banyak sekali perlengkapan bayi baru lahir yang dijual di pasaran. Dari sekian banyak perlengkapan bayi baru lahir tersebut, ada beberapa diantaranya yang menjadi prioritas.

  • Tips Lindungi Bayi dari Dampak Buruk Sinar Matahari Tanpa Sunscreen
  • Benarkah Memainkan Bibir Bayi Bisa Bikin Gagap?

Perlengkapan bayi baru lahir 

Berikut sejumlah perlengkapan bayi baru lahir yang menjadi prioritas dilansir dari Parents dan Very Well Family. 

Ada beragam pilihan set baju bayi baru lahir yang bisa kamu jumpai di marketplace. Biasanya, dalam satu set terdiri dari baju panjang dan pendek, celana panjang dan pendek, kaos kaki, dan sarung tangan.

Satu set baju bayi baru lahir biasanya dibanderol harga mulai dari Rp 150.000-an. Sebaiknya jangan membeli terlalu banyak baju bayi baru lahir, karena bayi tumbuh dengan cepat. 

Hal yang perlu diperhatikan saat membeli baju bayi baru lahir adalah bahan yang lembut dan menyerap keringat. Sebab, kulit bayi baru lahir sangat sensitif. 

Ibu bisa memilih untuk menggunakan popok kain atau popok sekali pakai. Usahakan pilihan tersebut cocok dengan kulit bayi, karena setiap pilihan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. 

Namun, pastikan untuk mengganti popok bayi secara teratur. Para dokter atau ahli merekomendasikan untuk mengganti popok bayi setiap 3-4 jam atau segera setelah bayi buang air kecil atau besar. 

Tujuannya, agar si kecil terhindar dari masalah ruam popok. Saat membeli popok, sebaiknya dalam jumlah kecil dulu untuk mencoba apakah popok tersebut cocok di kulit bayi. 

3. Bak mandi bayi 

Bak mandi akan memudahkan ibu saat memandikan si kecil. Pilihlah bak mandi dari bahan yang kuat dan memiliki ukuran sesuai dengan tubuh bayi. 

Kamu bisa melengkapi bak mandi dengan baby bather untuk perlengkapan mandi si kecil. Harga baby bather dibanderol mulai dari Rp 100.000-an. 

Namun, saat menggunakan baby bather, ibu perlu memperhatikan berat badan maksimal bayi yang tertera pada setiap produk. 

Perlengkapan bayi baru lahir selanjutnya adalah handuk dan waslap. Pastikan membeli handuk dan waslap dari bahan yang lembut karena kulit bayi baru lahir masih sangat sensitif. 

Sementara, waslap dibutuhkan untuk menyeka badan bayi saat mandi atau saat berkeringat. 

  • 4 Manfaat Membacakan Buku untuk Bayi, Cukup 10 Menit Per Hari
  • Mengenal Anemia Defisiensi Besi pada Bayi dan Cara Mencegahnya

5. Gendongan bayi 

Gendongan bayi memudahkan orangtua untuk menggendong si kecil. Ada beragam jenis gendongan bayi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan usia bayi. 

Misalnya, seperti soft structured carrier, kain jarik, woven wrap, ring sling, hipseat, dan lainnya. Selain harganya yang cukup terjangkau, gendongan bayi juga bisa digunakan untuk jangka waktu lama bila dirawat dengan baik.

Beberapa merek gendongan bayi antara lain, Baby Scots, Mooimom, Dialogue Baby, Mom’s Baby, Ergobaby, dan sebagainya. Harganya beragam bergantung dari merek dan jenis gendongan bayi, mulai dari Rp 300.000-an. 

Bayi baru lahir menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Oleh sebab itu, orangtua perlu menyediakan tempat tidur yang nyaman bagi bayi. 

Perlu diketahui, dokter tidak menganjurkan orangtua tidur bersama bayi di kasur yang sama, khususnya bayi di bawah tiga bulan. Sebab, tidur satu ranjang dapat meningkatkan risiko bayi mengalami sudden infant death syndrome (SIDS) atau  sindrom kematian mendadak pada bayi.

Saat tidur, orangtua bisa saja tanpa sadar menindih badan bayi sehingga berisiko mengalami SIDS. 

Oleh sebab itu, orangtua perlu menyiapkan tempat tidur bayi. Bisa berupa kasur khusus bayi atau boks bayi.

7. Perlengkapan menyusui 

Ibu yang baru melahirkan harus mempersiapkan perlengkapan menyusui bagi si kecil. Sebab, selain menyusi langsung atau direct breastfeeding (DBF), ibu juga disarankan rutin memerah ASI agar payudara terus memproduksi ASI.

Ada beragam perlengkapan menyusui yang perlu disiapkan, seperti pompa ASI, ASI booster, tempat penyimpanan ASI, alat sterilisasi atau sterilizer. 

Bagi ibu menyusui yang beraktivitas di luar rumah juga membutuhkan pendingin ASI atau ice gel dan tas tempat ASI atau cooler bag untuk menyimpan ASI. 

  • Alasan Medis Bayi Tak Boleh Minum Madu
  • Jangan Memberikan Air Putih untuk Bayi, Ini Bahayanya

8. Produk perawatan bayi 

Bayi baru lahir membutuhkan perawatan khusus karena kulitnya masih sensitif. 

Beberapa produk perawatan bayi yang perlu ibu persiapkan antara lain, sabun dan shampo bayi, diaper cream untuk mencegah ruam popok, minyak telon untuk menghangatkan tubuh si kecil, dan sebagainya. 

Ibu juga perlu menyiapkan lotion bayi untuk menjaga kelembapan kulit buah hati. Perlu diketahui, bayi baru lahir juga kerap mengalami kembung hingga rewel, sehingga ibu perlu menyiapkan baby calming rub cream.

9. Carseat 

Carseat merupakan salah satu perlengkapan penting yang harus disediakan di mobil untuk keselamatan bayi hingga anak-anak. Pemakaian carseat dapat dimulai dari bayi baru lahir dengan sejumlah ketentuan. 

Ada berbagai merek carseat yang bisa dijumpai di marketplace. Meliputi tipe infant carseat, convertible carseat, booster seat, hingga carseat multifungsi  yang mencakup semua tipe tersebut. 

Beberapa pilihan merek carseat antara lain Joie, Nuna, Cocolatte, Babydoes, Beiens Baby, dan sebagainya. Harga carseat bervariasi bergantung dari fungsi dan merek, mulai dari Rp 900.000-an hingga jutaan rupiah.

Tas bayi atau diaper bag akan sangat bermanfaat bagi orangtua karena sangat diperlukan saat bepergian. 

Bayi membutuhkan banyak barang bawaan, seperti popok, tisu, botol susu, dan perlengkapan lainnya. Beberapa merek tas bayi yang bisa dijumpai di marketplace antara lain Babyscots, Gabag, Mooimom, Snobby, Babycare, dan sebagainya. 

Harganya berbeda-beda bergantung dari merek dan ukuran, mulai dari Rp 100.000-an. 

Stroller bayi menjadi salah satu barang yang dapat digunakan sejak bayi baru lahir hingga usia di bawah tiga tahun. Stroller bisa membuat bayi lebih nyaman saat bepergian di luar rumah sekaligus memudahkan orangtua dalam membawa perlengkapan. 

Stroller bayi sendiri memiliki berbagai jenis serta fitur, mulai dari standard stroller, car seat frame stroller, stroller modular, hingga lightweight stroller yang bisa dilipat menjadi ringkas.

Ada berbagai merek stroller bayi seperti Pliko, Nuna, BabyElle, Bugaboo, Babydoes, Babyzen, dan sebagainya. Harganya dibanderol mulai dari Rp 700.000-an hingga jutaan rupiah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/25/155000720/11-perlengkapan-bayi-baru-lahir-yang-perlu-disiapkan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke