Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Urutan Zodiak dari yang Paling Kalem hingga yang Paling Emosional

KOMPAS.com - Jika kamu lebih suka bersantai di depan TV daripada curhat atau bergosip dengan orang lain, ini mungkin menunjukkan bahwa kamu tidak mudah terhanyut dalam perasan. 

Sebaliknya, jika kamu selalu ingin melampiaskan sesuatu atau mengomentari tindakan orang di sekitarmu, kemungkinan besar kamu adalah orang yang emosional. 

Kedua perbedaan itu, menurut astrologi, bisa jadi dipengaruhi waktu kelahiranmu. Para astrolog bahkan mengurutkan zodiak yang paling tidak emosional hingga yang paling emosional.

Zodiak paling kalem hingga emosional

Jika kamu ingin tahun mana zodiak paling kalem hingga paling emosional, berikut urutannya

12. Virgo (23 Agustus-22 September)

Stina Garbis, astrolog dan pemilik Psychic Stina, mencatat bahwa orang dengan zodiak Virgo memiliki kecenderungan sebagai pengatur dan perencana. "Mereka menangani masalah hidup dengan cara yang sangat lugas, dan tahu cara membuang emosi."

Itu tidak berarti mereka tidak suka membantu orang lain, tetapi mereka lebih suka menyelesaikan masalah dan membuat rencana, serta mengesampingkan emosi. 

“Kepribadian Virgo menjaga segala sesuatunya tetap terkendali; mereka tidak menyukai emosi yang berlebihan dan tidak terkendali,” tambah Jill Loftis dari Nuit Astrology.

Jika kamu memerlukan bantuan, orang-orang Virgo biasanya akan segera hadir; tapi jangan berharap mereka akan menangis bersamamu.

11. Aquarius (20 Januari-18 Februari)

Loftis mengatakan Aquarius adalah jenis zodiak yang tidak ingin terikat atau bertindak secara emosional. “Mereka memiliki kemampuan untuk melepaskan diri, mundur, dan menganalisis informasi yang diberikan oleh reaksi emosional mereka,” jelasnya.

Zodiak berelemen udara ini juga dikenal karena kecerdasannya dan tidak merasa perlu untuk membiarkan orang lain memasuki suasana hatinya. 

"Aquarius cenderung menyendiri dan tidak peduli dengan emosi, mereka lebih memilih menghabiskan waktu dalam aktivitas mereka yang unik dan memberontak," kata Tay Francis, seorang astrolog.

10. Taurus (20 April-20 Mei)

Taurus terlalu sibuk dengan usahanya untuk lebih sukses sehingga tidak mengkhawatirkan masalah hati dan perasaan yang rumit.

“Mereka sangat peduli dengan uang, harta benda, dan sumber daya pribadi,” kata astrolog Linda Berry. "Simbol banteng Taurus mewakili kekuatan dan stabilitas, yang memungkinkan kemajuan yang stabil dalam mengejar kekuasaan tanpa mempedulikan perasaan orang lain."

Daripada bertanya tentang hobi dan kesukaan rekan kerja, mereka lebih cenderung berbincang tentang kursus apa yang mereka ambil untuk menjaga keterampilan mereka tetap relevan.

9. Capricorn (22 Desember-19 Januari)

Capricorn adalah lain yang terlalu sibuk mengejar tujuan hingga tidak terlalu memikirkan emosi.

“Capricorn adalah zodiak yang sangat logis dan strategis; mereka lebih peduli pada fakta dan solusi dibandingkan bagian emosional dalam hidup,” kata Francis.

Namun, Loftis mencatat bahwa ini tidak berarti emosi tidak mempengaruhi Capricorn. “Mereka bisa mundur untuk mengevaluasi situasi dengan cara yang tidak biasa dilakukan oleh zodiak lain, dan mereka bisa mengakses emosi sebagai bahan bakar untuk memperkuat tujuan mereka,” jelasnya.

8. Sagitarius (22 November-21 Desember)

Meskipun Sagitarius dikenal karena hasratnya, mereka kurang mampu menangani emosinya. “Dalam sekejap, mereka bisa berubah dari gembira menjadi jengkel,” ujar Maria Hayes, astrolog profesional di Trusted Astrology.

Oleh karena itu, mereka cenderung melarikan diri dari perasaannya sebelum menjadi serius.

“Ini adalah zodiak yang bisa berteman lama dan tiba-tiba memutuskan hubungan dan pergi tanpa masalah,” jelas Garbis. "Apa yang bisa menghancurkan seseorang mungkin bukan masalah besar bagi seorang Sagitarius."

7. Gemini (21 Mei-21 Juni)

Berry menjelaskan bahwa Gemini menjaga segala sesuatunya tetap di permukaan dan tidak pernah menunjukkan perasaan mendalam mereka kepada orang lain.

"Mereka memiliki kemampuan untuk menyembunyikan emosi mereka dan menjadi orang yang benar-benar berbeda atau bermuka dua, oleh karena itu mereka melambangkan si kembar."

Zodiak berelemen udara ini sering menggunakan sarkasme untuk mengalihkan situasi emosional, dan Berry menambahkan bahwa mereka dapat dengan mudah berbohong untuk mengalihkan perhatian dari emosi yang sebenarnya.

6. Scorpio (23 Oktober-21 November)

Meskipun zodiak air dikenal emosional, Scorpio tidak menempati peringkat lebih tinggi dalam daftar ini karena kemampuan mereka untuk "menjaga perasaan tetap dekat," kata Francis. “Dibutuhkan banyak alasan bagi mereka untuk cukup memercayai orang lain sehingga mereka mau mengungkapkan emosinya,” tambahnya.

Jika kamu tidak sangat dekat dengannya, kemungkinan besar dia akan terlihat menjauhkan diri atau memasang topeng untuk menutupi emosinya. 

5. Libra (23 September-22 Oktober)

Diwakili oleh lambang timbangan, Libra dapat menyeimbangkan emosi dan logika, menjadikannya zodiak paling diplomatis. “Mereka akan melakukan yang terbaik untuk meredakan emosi dan menemukan titik temu,” kata Loftis.

Namun, kemampuan mereka untuk membuat jarak antara diri mereka sendiri dan emosinya membuat mereka mungkin juga memanipulasi situasi. “Mereka mungkin menggunakan emosi untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan,” kata Garbis.

Namun ketika seseorang benar-benar membutuhkan kasih sayang dan dukungannya, Libra akan selalu ada.

4. Leo (23 Juli-22 Agustus)

Ya, Leo memang dramatis, tetapi banyak kelakuan mereka yang suka mencari perhatian menyamarkan kepekaan mereka. “Perasaan mereka sebenarnya mudah tersakiti, dan mereka tidak begitu sensitif ketika menerima kritik,” kata Garbis.

Namun jika menyangkut orang lain, Leo sangat intuitif tentang apa yang mereka alami. “Bagian dari sifat zodiak ini adalah reaksi emosional mereka terhadap sesuatu; mereka merasakan sesuatu dengan cara yang mendasar yang tidak dirasakan orang lain,” jelas Loftis.

Jika kamu membutuhkan pelukan dan dukungan, mereka akan menjadi orang pertama yang membantu dan menghibur tanpa diminta.

3. Pisces (19 Februari-20 Maret)

Salah satu sifat Pisces adalah merasakan setiap emosi —sedemikian rupa sehingga terkadang dianggap mudah terhanyut.

“[Mereka] berempati sedemikian rupa sehingga sering mengacaukan emosi mereka sendiri,” kata Tara Bennet, astrolog profesional di MediumChat. "Pisces di acara yang penuh emosi bagaikan spons yang menyerap kepedihan orang lain."

Mereka bisa terlibat dalam berbagai keharuan meskipun mereka hampir tidak ada hubungannya dengan orang yang mengalami peristiwa menyedihkan.

2. Aries (21 Maret-19 April)

Emosi Aries tidak selalu terkait dengan kepekaan, melainkan kepribadian mereka yang berapi-api dan cenderung emosional.

“Emosi yang meluap-luap seolah menguasai zodiak ini, dan seringkali tidak ada jarak antara emosi dan reaksi,” kata Loftis. Ketika sifat impulsif mereka keluar, mereka mudah menjadi pemarah.

Untungnya, mereka juga menggunakan emosi untuk kebaikan. “Aries ahli dalam menggunakan emosinya untuk mendorong upaya mereka mencapai kehebatan,” jelas Hayes. “Mereka bisa menyalurkan 100 persen energinya pada hal-hal yang mereka sukai, sehingga kegigihan mereka bisa diharapkan membawa kesuksesan.”

1. Cancer (22 Juni-22 Juli)

Tidak mengherankan jika Cancer adalah zodiak yang paling emosional. Mereka berhubungan dengan dunia melalui perasaan. Cancer juga dipengaruhi oleh Bulan, yang mengatur batin dan suasana hati. “Oleh karena itu, logika dan nalar adalah hal kedua setelah perasaan dan intuisi mereka,” kata Hayes.

Meskipun beberapa orang mungkin melihat ini sebagai kelemahan, Hayes mengatakan ini adalah kelemahan terkuat Cancer: "Mereka mampu benar-benar terhubung dengan diri mereka sendiri, sehingga memungkinkan berhubungan baik dengan orang lain."

Namun perlu diingat bahwa Cancer tidak dapat diprediksi emosinya dan perlu diperlakukan dengan kepekaan ekstra. “Suasana hati mereka paling sering berubah-ubah, dan mereka terpengaruh oleh hal-hal kecil,” kata Garbis.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/29/125012520/urutan-zodiak-dari-yang-paling-kalem-hingga-yang-paling-emosional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke