Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Trik Memilih Concealer untuk Pemula menurut MUA

JAKARTA, KOMPAS.com - Concealer merupakan salah satu produk makeup complexion yang digunakan untuk menutupi ketidak sempurnaan kulit, mulai dari dark spot, bekas jerawat, flek hitam, atau warna kulit yang tak merata. 

Namun, memilih concealer tak boleh sembarangan. Sebab, jika salah memilih shade, bisa-bisa hasil riasanmu justru jadi tak maksimal karena warna kulitmu menjadi abu-abu. 

Bagi kamu yang masih pemula, tak perlu khawatir, berikut empat tips dari Makeup Artist (MUA) yang bisa kamu gunakan untuk memilih foundation.

Cara memilih concealer untuk pemula

1. Pilih concealer yang sesuai dengan jenis kulit

Menurut salah satu MUA, Faza Tazkia Ula (25), hal pertama yang harus dilakukan sebelum memilih foundation adalah mengetahui jenis kulit wajahmu.

“Pastikan pilih concealer yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Soalnya, ada banyak macam foundation, mulai dari stik, liquid, sampai krim. Tiga jenis foundation ini bisa kamu pilih dengan menyesuaikan tipe kulit wajah kamu,” jelas Faza kepada Kompas.com, Senin (26/2/2024). 

Bagi kamu yang berjenis kulit kering, pilihlah concealer dengan tekstur krim karena mengandung pelembap. 

Sementara, untuk jenis kulit berminyak atau berjerawat, sebaiknya memilih concealer yang berbentuk cair. 

Lalu, untuk kulit yang cenderung normal, bisa mencoba powder concealer untuk hasil yang matte finish. 

Selain harus mengetahui jenis kulit, kamu juga harus mengetahui warna undertone kulitmu sebelum memilih warna concealer. 

“Kamu harus tahu undertone kulit kamu warnanya warm atau cool. Ini penting banget untuk under eye kita,” kata Agnes Walansendouw (28), seorang MUA yang telah berkarier sejak 2018 lalu. 

Metode paling umum untuk mengetahui warna undertone adalah dengan melihat warna nadi. Jika warna nadi kamu kebiruan, berarti kamu memiliki cool undertone. Sedangkan jika warna nadinya hijau, berarti kamu masuk kategori warm undertone. 

“Kalau salah pilih warna yang enggak sesuai undertone kamu, nanti wajah kamu jadi abu-abu,” tambah Agnes. 

Jika sudah mengetahui tipe kulit dan undertone kamu, waktunya kamu memilih shades warna concealer yang tepat.

Menurut Agnes, untuk memilih warna concealer, carilah warna yang satu tone lebih terang di atas warna shades kulit kita yang sebenarnya. 

“Biasanya concealer itu untuk nutupin kehitaman di wajah, tapi biasanya juga untuk nge-highlight muka kita. Jadi pilih warna shade yang satu tone di atas shade foundation kita,” ujarnya. 

Selain itu, pemilihan warna ini juga ditujukan untuk meminimalisasi berubahnya warna saat foundation sudah mulai teroksidasi. 

“Tujuannya, biar pas teroksidasi, warnanya jadi sama kayak kulit wajah kita. Jadi makeup kita enggak abu-abu karena terlalu terang atau terlalu gelap,” tambah Faza. 

4. Beli secara langsung agar bisa dicoba di wajah

Terakhir, Faza dan Agnes menyarankan untuk langsung membelinya secara langsung di toko offline. 

Hal ini untuk meminimalisasi adanya kesalahan shade ketika membeli concealer. 

“Belinya langsung di toko offline, lalu coba dulu di tempat yang terang dan pencahayaannya bagus. Coba concealer-nya jangan di tangan, tapi coba di bawah mata langsung, biar tahu cocok atau tidaknya,” pungkas Faza.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/02/28/100000420/4-trik-memilih-concealer-untuk-pemula-menurut-mua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke