Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arti Posisi Tidur Terhadap Hubunganmu dengan Pasangan

KOMPAS.com - Dari sudut pandang evolusi, tidur adalah salah satu hal paling rentan yang kita lakukan. Karena tidur di samping seseorang pada dasarnya merupakan tindakan kepercayaan, cara kamu tidur di samping pasangan dapat memberikan gambaran tentang dinamika hubungan kalian. 

Para ahli mengatakan bahwa posisi tidur dapat mengirimkan berbagai sinyal tentang perasaan terhadap satu sama lain, prioritasmu sebagai pasangan, dan kekuatan ikatan kalian. 

“Pasangan yang tidur saling berhadapan sering kali memiliki hubungan dekat dan intim. Mereka percaya satu sama lain,” kata Amy Braun, LCPC, konselor profesional klinis kepada Best Life. 

Posisi ini menunjukkan kedekatan emosional dan fisik, karena memungkinkan terjadinya kontak mata dan komunikasi yang mudah. ??Ini menunjukkan ikatan emosional yang kuat dan keinginan untuk tetap terhubung.

Namun, dia dengan cepat menambahkan bahwa tidur dalam posisi ini tidak berarti bahwa hubungan sedang menuju ke arah yang buruk, karena masih banyak faktor lain yang mungkin berperan.

“Tidur dengan posisi membelakangi satu sama lain dapat menunjukkan keinginan akan ruang pribadi dan kemandirian,” jelas konselor. "Bisa juga tidak ada yang salah dalam hubungan tersebut, mereka hanya membutuhkan ruang saat berbagi tempat tidur."

Namun, hal ini juga dapat menunjukkan ketidakseimbangan kekuatan karena kedua orang dalam posisi tersebut memiliki peran yang berbeda. “Pasangan yang berada di luar sering kali mengambil peran pelindung, sedangkan yang berada di dalam mungkin mencari rasa aman,” jelas Braun.

"Posisi ini bisa menandakan kepercayaan dan kenyamanan. Pasangan yang bersandar di dada mencari ketenangan dan keamanan emosional, sedangkan pasangan di bawahnya sering kali berperan sebagai pelindung," jelas Dominique Rice, PhD, IMFT-S, terapis seks holistik di The Seni Cinta dan Keintiman.

Grant Lewis, pendiri Dream HQ, mengatakan posisi tidur ini lebih umum terjadi ketika emosi sedang tinggi. "Biasanya ini merupakan tanda hubungan bergairah atau sedang jatuh cinta."

“Ini tidak berarti kurangnya koneksi, tapi mungkin menunjukkan bahwa kedua pasangan menghargai ruang pribadi mereka,” kata Braun.

“Jika salah satu pasangan posisinya membentang dan mengambil banyak ruang dapat menunjukkan dominasi atau keegoisan dalam hubungan, terutama jika pasangan lainnya terkurung dalam ruang kecil,” kata Michelle King, LMFT, terapis di Ocean Recovery.

Namun, penting juga untuk diperhatikan bahwa beberapa orang benar-benar tidak memiliki kendali atas posisi mereka saat tidur. “Sangat penting untuk mendekati penafsiran ini dengan hati-hati, karena kenyamanan individu dan kebiasaan tidur dapat mempengaruhi,” tambah Rice. 

“Apa yang mungkin benar bagi satu pasangan mungkin tidak berlaku bagi pasangan lainnya. Ukuran terbaik dari kesehatan suatu hubungan adalah komunikasi terbuka antar pasangan.”

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/03/03/170000920/arti-posisi-tidur-terhadap-hubunganmu-dengan-pasangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke