Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Sumber Gula Tersembunyi yang Bisa Membuat Berat Badan Bertambah

KOMPAS.com - Siapa yang tidak ingin tampil prima dengan berat badan yang ideal?

Namun, seringkali kita tidak menyadari bahwa ada sumber gula tersembunyi di balik makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Gula itu tersamarkan oleh bahan makanan lain, atau ditulis dengan nama berbeda. Karenanya kita harus mengetahui makanan apa saja yang sebenarnya mengandung gula.

Gula yang tersembunyi dalam makanan

Inilah 10 sumber gula tersembunyi yang bisa membuat berat badan bertambah tanpa kita sadari:

1. Condiments atau saus

Seringkali kita mengabaikan jumlah gula yang tersembunyi dalam saus dan bumbu favorit kita.
Mulai dari saus tomat hingga saus salad, gula seringkali menjadi bahan utama untuk membuatnya lebih lezat.

Meskipun tampaknya hanya sedikit yang ditambahkan ke makanan kita, tetapi konsumsi gula berlebih dari berbagai condiment ini dapat secara signifikan meningkatkan asupan gula harian kita.

"Ada sekitar dua sendok teh gula dalam satu porsi kecap dan tiga setengah sendok teh dalam satu porsi saus barbekyu. Itu lebih dari setengah jumlah yang direkomendasikan setiap hari," kata Daryl Gioffre, ahli gizi, merujuk pada pedoman AHA.

2. Muffin

Muffin sering dianggap sebagai camilan sehat, namun, banyak muffin yang dijual di pasaran mengandung sejumlah besar gula tambahan untuk meningkatkan rasa manisnya.

Bahkan muffin yang terlihat sehat, seperti yang terbuat dari gandum utuh, bisa memiliki kadar gula yang cukup tinggi.

"Gula adalah bahan utama dalam beberapa muffin. Melihat sekilas mengenai muffin yang populer di rantai makanan cepat saji, ternyata mengandung lebih dari 42 gram gula. Itu lebih banyak dari sekaleng Coke," kata Avery Zenker, seorang ahli diet.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan label gizi saat memilih muffin sebagai camilan.

3. Minuman manis

Minuman manis seperti minuman bersoda, minuman berenergi, dan minuman buah dalam kemasan sering kali menjadi penyumbang utama asupan gula yang berlebih.

Meskipun terlihat segar dan menggoda, minuman-manis ini dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah kita dan menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan.

"Minuman kopi spesial dan minuman kemasan baru lainnya dapat mengandung gula dalam jumlah tinggi. Beberapa contohnya termasuk latte, es teh, boba, air kelapa, air vitamin, dan banyak lagi," tambah Zenker.

4. Smoothies

Smoothies sering dianggap sebagai pilihan sehat untuk sarapan atau camilan, tetapi banyak smoothie yang dibuat dengan tambahan sirup atau pemanis buatan untuk meningkatkan rasanya.

Sebagai gantinya, pilihlah smoothie yang dibuat sendiri dengan buah-buahan segar dan tambahkan sedikit gula tambahan atau pemanis buatan untuk mengurangi asupan gula.

5. Beberapa jenis buah

Meskipun buah-buahan merupakan sumber gula alami yang baik, beberapa jenis buah mengandung lebih banyak gula daripada yang lain.

Sebagai contoh, sebuah apel besar dapat mengandung 25 gram gula, dan mangga mengandung 46 gram gula.

"Pisang mengandung 25 persen gula, yang dapat meningkatkan insulin, hormon inflamasi dan penyimpan lemak. Orang sering makan pisang sebagai makanan pertama mereka di hari itu, yang menyebabkan lonjakan insulin di pagi hari," kata Gioffre.

Gomer menambahkan bahwa buah kering juga kerap diberi tambahan gula di atas kandungan gula alaminya.

6. Yogurt

Yogurt sering dianggap sebagai makanan sehat karena mengandung bakteri baik untuk pencernaan kita.

Kita mendapatkan manfaat besar dari yogurt, tetapi juga kalori ekstra ketika yogurt dibumbui dengan selai, sirup, gula, atau topping," kata Kort.

Belum lagi banyak yogurt komersial mengandung tambahan gula untuk meningkatkan rasa manisnya.

Lebih baik memilih yogurt tanpa tambahan gula atau memilih yogurt Greek yang cenderung lebih rendah gula.

7. Granola dan cemilan berbahan granola

Granola sering dianggap sebagai sarapan atau camilan sehat, tetapi banyak produk granola yang dijual di pasaran mengandung sejumlah besar gula tambahan.

"Karena kita sering mencampur granola dengan yogurt, kita sering lupa bahwa granola biasanya dibuat dengan gula seperti madu, agave, molase, atau gula lainnya. Tidak masalah untuk memakannya, tapi anggap saja sebagai makanan penutup dan penambah rasa, bukan sebagai bagian penting dari makananmu," saran Kort.

Granola batangan juga demikian. "Bagi sebagian orang, mereka tidak merasa kenyang atau puas, jadi mereka bisa menambah kalori ekstra," kata Kort.

8. Protein bars dan breakfast bars

Protein bars dan breakfast bars sering dianggap sebagai camilan cepat yang sehat, namun banyak dari mereka mengandung gula tambahan yang cukup tinggi.

“Kebanyakan 'bar energi dan protein sehat' mengandung lebih banyak gula daripada permen dan penuh dengan bahan-bahan yang dapat memicu peradangan," kata Gioffre.

9. Sereal

Sereal pagi yang sering dikonsumsi oleh banyak orang seringkali mengandung gula tambahan yang tinggi.

Bahkan sereal yang dipasarkan sebagai "sehat" atau "rendah gula" masih bisa mengandung jumlah gula yang cukup tinggi.

"Beberapa sereal mengandung gula tambahan yang sangat tinggi, seperti sereal yang berwarna-warni mencolok, tetapi ada beberapa sereal yang 'tampak sehat' yang juga mengandung gula tinggi. Beberapa sereal mengandung lebih dari 19 gram gula per sajian, dan banyak orang yang mengonsumsi lebih dari satu porsi dalam sekali makan," kata Zenker.

10. Oatmeal instan atau pre-flavored

Oatmeal instan atau oatmeal dengan tambahan rasa sering kali mengandung gula tambahan yang cukup tinggi.

Sebagai gantinya, pilihlah oatmeal polos dan tambahkan buah-buahan segar atau pemanis alami seperti madu atau bubuk kayu manis untuk meningkatkan rasa tanpa menambahkan gula tambahan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/05/13/101900520/10-sumber-gula-tersembunyi-yang-bisa-membuat-berat-badan-bertambah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke