Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aroma Bisa Bikin Orang Tidak Tertarik, Pilihlah Wewangian yang Tepat

KOMPAS.com - Indra penciuman kita telah terbukti menjadi alat yang penting dalam menjalin atau terbentuknya sebuah hubungan. Seseorang bisa saja tertarik padamu karena aromamu, atau sebaliknya, yang tadinya tertarik, bisa jadi mengurungkan maksudnya karena aroma juga.

“Aroma tertentu dapat membangkitkan emosi dan kenangan, menciptakan percikan istimewa antara dua orang,” ujar Jacqui Rubinoff, salah satu pemilik dan wakil presiden Eye of Love Pheromone Perfumes. Ia menyebut indra penciuman memiliki pengaruh besar dalam hubungan cinta.

Namun, hal ini juga dapat memberikan efek bertolak belakang. “Sama seperti wewangian tertentu dapat menambah rasa ketertarikan, wewangian lain bisa jadi justru meredupkan rasa itu,” jelas Rubinoff.

Aroma memengaruhi banyak hal, mulai dari kesan pertama yang kita berikan hingga bagaimana orang tetap memikirkan setelah kita keluar dari ruangan, karena aroma meinggalkan pesan tentang pribadi dan energi kita.

Jika aroma kita mengingatkan pada hal-hal yang indah, wangi bunga, aroma teh, keharuman kayu-kayuan, maka kemungkinan besar orang akan tertarik dan mengasosiasikan kita pada hal-ha yang disukainya. 

Namun jika aroma kita mengingatkan pada bau pembersih lantai, ramuan obat-obatan, atau hal lain yang terlalu kuat, bisa jadi ia justru merasa mual, dan mungkin kita diasosiasikan dengan hal-hal negatif hanya gara-gara aroma.

Aroma tertentu memicu sistem limbik, termasuk amigdala dan hipokampus, wilayah yang berhubungan dengan emosi dan memori.

Jadi jika kita mencium sesuatu yang kita sukai, tubuh kita memproduksi hormon dan bahan kimia yang memberitahu kita untuk merasa rileks atau bahagia – dan bukankah kita semua ingin pasangan kita merasa nyaman dan bahagia berada di dekat kita?

Artinya wewangian yang kita pilih bisa menentukan apakah cinta kita bertepuk sebelah tangan atau diterima dengan tangan terbuka.

“Pilihan wewangian kita menunjukkan banyak hal tentang siapa kita dan apa yang kita cari dari seorang pasangan,” kata pelatih hubungan Katie Flowers kepada The NYPost.

“Ingatlah bahwa wewangian adalah bentuk komunikasi halus yang dapat memicu ketertarikan atau sebaliknya memadamkan api romansa.”

Memilih wewangian

Nah jika kamu merasa aromamu masih belum berhasil menarik seseorang, Flowers membagikan lima tips untuk membantu kamu memilih wewangian yang tepat

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/05/25/081800820/aroma-bisa-bikin-orang-tidak-tertarik-pilihlah-wewangian-yang-tepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke